Iqbal Maulana Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Whatsapp Business: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

3 min read

Aplikasi WhatsApp memiliki layanan khusus bagi pemilik bisnis untuk kebutuhan bertukar pesan, yakni WhatsApp Business. Aplikasi tersebut membuat Anda memiliki akun bisnis WA secara khusus.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp

Meski tampak serupa dengan versi originalnya, WhatsApp Business terbukti memiliki sejumlah fitur yang strategis. Fitur-fitur tersebut sangat memudahkan kebutuhan usaha sehari-hari.

Perkembangan tersebut menjadi bagian dari tumbuhnya WhatsApp sebagai aplikasi bertukar pesan terbesar di dunia. Dengan akun bisnis WA, Anda akan mendapatkan sejumlah layanan tambahan tanpa biaya ekstra.

Tentang WhatsApp Business

WA Business merupakan aplikasi berbeda dari versi orisinilnya. Aplikasi tersebut tersedia di platform Android melalui Play Store. Sementara bagi pengguna iOS, Anda bisa mengunduhnya di Apps Store.

Aplikasi tersebut secara khusus berkembang untuk segmen pelaku usaha. Segmentasi tersebut tersebar mulai dari pelaku usaha mikro, hingga bisnis korporasi tingkat tinggi.

Tentang WhatsApp Business

Menggunakan WA Business menjadikan Anda memiliki akses pada berbagai fitur ekstra, termasuk profil usaha, katalog, dan berbagai fungsi lainnya.

Seluruh fitur WA Business tersebut tersedia secara gratis. Bahkan, Anda juga dapat memindahkan nomor yang telah terdaftar di versi aplikasi WhatsApp reguler ke akun bisnis WA tersebut.

Fungsi Whatsapp Business

Fungsinya yakni sama seperti aplikasi whatsapp sebagai media untuk menerima dan mengirim pesan antar pengguna, namun aplikasi WA Business lebih dikhususkan untuk pelaku usaha dalam mempromosikan bisnisnya secara digital.

Fitur-fitur Whatsapp Business

Aplikasi WhatsApp Business sendiri memiliki beberapa fitur ekstra yang tidak terdapat pada versi regulernya. Fitur-fitur tersebut dapat Anda gunakan sejak awal pembuatan akun bisnis WA.

Baca juga : Cara Menghilangkan Centang Biru di Whatsapp

Anda dapat mengenali fitur-fitur yang tersedia melalui eksplorasi seluruh tombol dan halaman di dalam aplikasi. Adapun ulasan tentang fitur-fitur tersebut adalah sebagai berikut:

1. Profil Akun Bisnis WA

Dalam versi WhatsApp Business, Anda akan menemukan halaman profil yang lebih detail. Dengan WA Business, Anda bisa menyisipkan informasi website, alamat, dan jam operasional.

Hal tersebut tidak tersedia pada versi regulernya untuk kepentingan privasi. Sehingga akun bisnis WA memiliki pendekatan tersendiri yang sangat bermanfaat bagi pelaku usaha.

Selain itu, informasi website juga akan mendorong potensi konversi apabila Anda telah memiliki halaman web yang aktif dan lengkap. Tentu hal tersebut sangat membantu Anda sebagai pelaku usaha.

2. Katalog Digital

Salah satu fungsi dasar lain yang terdapat pada akun bisnis WA adalah katalog digital. Fitur katalog digital tersebut juga hanya tersedia di WhatsApp Business.

Pada fitur katalog digital, Anda dapat menyisipkan informasi produk dan varian yang tersedia. Informasi tersebut bahkan mencakup foto, harga, dan detail lain yang ingin Anda masukkan.

Katalog produk pada WhatsApp Business mendukung informasi yang efisien dan menarik bagi pelanggan. Fitur tersebut juga bahkan dapat terhubung dengan pesan untuk proses diskusi lanjutan.

Anda dapat mengatur katalog tersebut sesuai kebutuhan. Sangat disarankan agar Anda mengelolanya dengan aktif. Selain itu, Anda juga perlu meng-update katalog tersebut secara berkala.

3. Label Pesan

WhatsApp Business juga memiliki fitur untuk memberi label pada pesan yang Anda terima. Label tersebut dapat Anda kelola sesuai kebutuhan, termasuk pengelompokkan status pesanan.

Baca juga : Cara Download Foto Instagram Story dengan Cepat

Denga fitur label pesan pada akun bisnis WA, Anda dapat memisahkan pesan dari pelanggan yang berada dalam tahap proses, tertarik, atau bahkan telah menyelesaikan pembelian.

Fitur tersebut sangat membantu dalam mengelola pelanggan sesuai tahapan transaksi yang terjadi. Selain itu, fitur label juga dapat Anda gunakan untuk membedakan relasi seperti operasional, logistik, dan lainnya.

4. Statistik Pesan

Selain fitur label pesan, Anda juga akan menemukan data statistic pesan pada akun bisnis WA. Statistik tersebut tampil sesuai pertumbuhan pesan yang masuk.

Dengan dokumentasi tersebut, Anda dapat mengetahui dengan jelas proses konversi yang terjadi. Termasuk untuk memenuhi kebutuhan pengembangan layanan dari data tersebut.

5. Balasan Otomatis

Pada versi WhatsApp Business, Anda dapat menemukan pengaturan balasan otomatis. Fitur tersebut dapat Anda manfaatkan untuk memberi informasi dasar saat pelanggan mengirim pesan.

Beberapa informasi dasar yang dapat Anda berikan antara lain:

  • Informasi jam operasional;
  • Pesan untuk menunggu beberapa saat;
  • Informasi hari libur dan penundaan balasan; serta
  • Berbagai pesan otomatis lainnya.

Fitur tersebut sangat berguna pada Anda yang memiliki akun bisnis WA. Pasalnya, pelanggan dapat menerima informasi yang lebih jelas saat pertama kali menghubungi Anda di kontak tersebut.

6. Tanda Centang Akun Bisnis WA

Serupa dengan fitur verifikasi yang terdapat pada media sosial lainnya, WhatsApp Business juga memiliki opsi untuk menjadikan akun Anda memiliki tanda centang.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp Aero

Penambahan tanda cendang pada nama akun menjadi validasi usaha yang Anda jalankan sebagai bisnis yang legal dan valid. Namun fitur tersebut bersifat opsional.

Terdapat beberapa prosedur dan mekanisme ekstra yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan fitur tersebut. Salah satunya verifikasi bisnis dan identitas diri.

Cara Menggunakan WhatsApp Business

Untuk bisa menggunakan nomor WhatsApp Business, terdapat beberapa Langkah sederhana yang dapat Anda tempuh, antara lain:

  • Buka Play Store atau App Store;
  • Ketikkan WhatsApp Business pada kolom pencarian;
  • Temukan preview aplikasi WhatsApp Business;
  • Lakukan proses instalasi;
  • Setelah selesai, Anda dapat mulai mendaftar;
  • Masukkan nomor telepon aktif;
  • Verifikasi kode OTP melalui SMS atau telepon;
  • Isi data profil sesuai kebutuhan; dan
  • Akun bisnis WA telah siap Anda gunakan.

Anda dapat mengubah berbagai informasi profil, katalog, dan seluruh data lainnya sesuai kebutuhan. Katalog dan profil menjadi bekal informasi dasar pelanggan saat membuka profil akun Anda.

Kesimpulan

Kesimpulannya, WhatsApp Business secara khusus berkembang untuk pengguna dengan latar belakang pelaku usaha.

Akun bisnis WA dilengkapi fitur yang sangat efektif bagi operasional usaha. Aplikasi WA Business dapat Anda maksimalkan untuk kebutuhan layanan pelanggn. Berbagai fiturnya juga dapat Anda atur sesuai kebutuhan dan kondisi usaha.

Iqbal Maulana Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.