Keyboard: Pengertian, Jenis dan Fungsinya bagi Pengguna

2 min read

Pengertian keyboard

Bagi anda pengguna komputer atau laptop, pasti tidak asing lagi dengan namanya keyboard. Nah pada kesempayan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian keyboard dan pembahasan lainnya, simak lebih lanjut pembahasannya dibawah ini.

Baca juga : cara mengecek keyboard laptop yang rusak

Jika Anda melihat di komputer atau laptop terdapat sebuah papan yang terdapat kumpulan tombol angka dan huruf, itulah yang disebut dengan keyboard. Tombol-tombol yang terdapat dalam papan tersebutlah yang nantinya akan mengirimkan perintah ke komputer untuk menampilkan kode yang dikirim oleh user.

Keyboard memiliki banyak kegunaan yang akan membantu manusia dalam melakukan banyak kegiatan dengan menggunakan komputer, seperti menulis dokumen dan tentunya belum ada yang bisa menggantikan fungsi keyboard yang satu ini.

Pengertian Keyboard

Keyboard adalah perangkat keras atau hardware yang memiliki fungsi sebagai alat input data ke komputer. Selain itu, fungsi keyboard juga sangat banyak dan memiliki manfaat yang akan memudahkan manusia dalam melakukan berbagai aktivitas dengan menggunakan komputer.

Keyboard termasuk salah satu komponen penting pada komputer dalam menjalankan sistem operasi dan berbagai program yang terinstall didalamnya. Keberadaan keyboard cukup penting, karena tanpa adanya komponen ini, komputer tidak bisa dioperasikan dengan normal.

Baca juga : fungsi tombol alt pada keyboard komputer

Secara tidak langsung keyboard disebut sebagai perangkat keras input karena tugasnya adalah untuk menginput atau memasukan perintah dari user yang nantinya akan ditampilkan oleh monitor layar komputer Anda.

Jenis keyboard yang banyak digunakan oleh mayoritas pengguna komputer adalah keyboard QWERTY, jenis keyboard ini banyak dipilih karena simple dan mudah untuk digunakan. Oleh karena itu, tidak jarang orang-orang merasa bingung ketika menggunakan keyboard jenis lainnya.

Jenis-jenis Keyboard

Berikut dibawah ini beberapa jenis keyboard dalam komputer yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Keyboard Serial

Jenis keyboard yang pertama adalah keyboard serial. Keyboard serial adalah keyboard yang menggunakan DIN 5 male, jenis keyboard ini jarang diketahui orang karena biasanya hanya digunakan di komputer dengan tipe AT.

2. Keyboard PS/2

Berbeda dengan jenis keyboard sebelumnya, keyboard PS/2 adalah jenis yang yang biasa digunakan untuk komputer ATX. Jenis keyboard yang satu ini juga bisa dikatakan sebagai keyboard yang paling banyak digunakan saat ini, meskipun banyak yang mengetahui sebagai keyboard QWERTY.

3. Keyboard Wireless

Keyboard jenis ini secara fisik tidak menggunakan kabel karena sesuai dengan namanya yang wireless. Keyboard jenis ini menjadi keyboard keluaran terbaru dan menjadi salah satu inovasi tercanggih yang telah dikeluarkan oleh perusahaan IT. Jenis keyboard ini menggunakan inframerah, bluetooth, dan bisa juga dengan menggunakan WiFi. Keyboard wireless dinilai lebih praktis dan banyak digunakan saat ini.

4. Keyboard USB

Berbeda dengan keyboard wireless, keyboard USB adalah jenis keyboard yang menggunakan kabel untuk menghubungkannya dengan komputer. Biasanya keyboard ini menggunakan konektor USB dan memiliki manfaat yang tidak kalah banyaknya dari jenis wireless. Keyboard USB dinilai lebih mudah dalam mentransfer data.

Fungsi Keyboard

Fungsi keyboard

Tentunya, keyboard juga memiliki banyak manfaat yang membantu berbagai aktivitas pengguna. Berikut dibawah ini beberapa manfaat dan fungsi keyboard bagi pengguna yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Untuk mengetik

Fungsi keyboard yang pertama ini memang bukan sesuatu yang aneh lagi. Fungsi keyboard yang pertama adalah untuk mengetik, oleh karena itu Anda bisa menggunakan keyboard untuk memasukan angka, huruf, hingga simbol lainnya ke komputer. Kegiatan yang biasa menggunakan keyboard ini adalah menulis dokumen, dan lain sebagainya.

2. Untuk menghapus berkas

Di papan keyboard terdapat tombol Backspace yang bisa Anda gunakan untuk menghapus ketikan ataupun dokumen lainnya. Anda bisa menemukan tombol hapus ini di sebelah kanan keyboard. Meskipun fungsi mouse juga bisa untuk menghapus file, tetapi kebanyakan pengguna lebih nyaman menggunakan tombol hapus yang ada di papan keyboard.

3. Untuk menyalin kata atau huruf

Fungsi keyboard yang selanjutnya adalah untuk menyalin sesuatu. Anda bisa menggunakan tombol ctrl + c untuk menyalin dan tombol ctrl + v untuk melakukan paste. Langkah ini sering dijadikan sebagai shortcut yang paling banyak digunakan saat melakukan copy-paste dibandingkan dengan menggunakan mouse atau tools lainnya.

4. Membuka menu run

Menu Run adalah salah satu aplikasi yang sangat membantu para pengguna. Untuk mengaksesnya Anda bisa menggunakan papan keyboard dengan tombol window + R. Meskipun untuk mengakses aplikasi Run masih bisa dengan cara lain, tetapi cara ini adalah yang paling populer dan banyak dilakukan oleh user.

5. Memindahkan suatu teks

Ketika menulis dokumen, Anda bisa menggunakan tombol Tab untuk memindahkan teks dengan praktis. Tentunya langkah ini tidak bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat manapun selain dengan menggunakan keyboard.

6. Akses cepat

Jika Anda perhatikan, di papan keyboard terdapat tombol F1 – F12, tombol ini berfungsi untuk menyesuaikan kebutuhan dengan software. Misalnya jika Anda ingin mencerahkan layar, maka bisa menekan tombol F9. Tombol-tombol ini memiliki perbedaan letak dan fungsi tergantung merek.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya bagikan mengenai pengertian, jenis, dan fungsi keyboard yang perlu anda ketahui agar menambah wawasan anda. Cukup sekian dan terimakasih, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *