6 Fungsi Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia Sehari-hari

2 min read

Fungsi komunikasi

Komunikasi adalah kegiatan interaksi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok melalui simbol verbal (bahasa Indonesia) maupun non verbal (bahasa isyarat). Umumnya, fungsi komunikasi yaitu untuk menyampaikan informasi atau memberi tahu hal lainnya.

Baca juga : fungsi fakta dalam teks eksplanasi

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda pasti selalu melakukan komunikasi dengan orang lain, baik keluarga, tetangga, teman atau kerabat lainnya. Tanpa komunikasi, Anda tidak bisa saling mengenal, memahami pikiran dan perasaan serta bekerja sama dengan baik. Oleh sebab itu, fungsi komunikasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Fungsi Komunikasi

Agar tidak terjadi kesalahpahaman ketika berkomunikasi, Anda harus melakukan komunikasi dari dua arah atau yang bisa dimengerti satu sama lain. Manfaat komunikasi yang baik sangat penting dilakukan untuk menciptakan hubungan yang erat dan kerja sama yang baik. Adapun berikut ini merupakan 7 fungsi komunikasi yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Untuk Memberi Informasi

Anda dapat memberikan informasi mengenai suatu hal, seperti peristiwa yang terjadi, tingkah laku orang lain, berita terbaru, kabar dan lainnya kepada orang yang membutuhkan melalui komunikasi yang baik. Bentuk komunikasi tersebut dapat berupa lisan atau tulisan dalam berita.

2. Menyampaikan Ide dan Perasan

Selain memberi informasi, fungsi komunikasi juga untuk menyampaikan ide dan perasaan. Dengan berkomunikasi, Anda bebas mengekspresikan diri, mengungkapkan perasaan atau emosional dan memberi ide atau pikiran kepada orang lain. Begitupula dengan orang lain yang bebas menyampaikan ide dan perasaan mereka.

Pasalnya, tujuan komunikasi untuk menyampaikan ide dan perasaan kepada orang lain, penting dilakukan. Di mana orang tersebut dapat mengetahui atau memahami Anda sedang kecewa, marah, gembira atau senang, sedih, dan emosi lainnya. Dengan begitu mereka akan mengerti apa yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan, dan hati Anda juga akan merasa lega atau lapang.

Namun, tentu saja ada batasan yang perlu Anda perhatikan ketika mengungkapkan ide atau perasaan saat berkomunikasi. Misalnya, sebaiknya Anda tidak mengungkapkan kemarahan atau kritikan pada seseorang di depan umum.

3. Menambah Wawasan

Seperti yang diketahui sebelumnya, dengan komunikasi Anda bisa menyampaikan ide, pengetahuan atau gagasan dan Anda juga bisa berdiskusi dengan orang lain untuk menambah wawasan. Contoh fungsi komunikasi untuk menambah wawasan yaitu komunikasi antara guru dengan siswa, pelatih dengan muridnya, dosen dengan mahasiswa, seorang pembicara dengan audiensnya dan lainnya.

4. Sebagai Kendali Atas Perilaku

Fungsi komunikasi sebagai kendali artinya komunikasi tersebut dapat mengontrol perilaku manusia baik individu ataupun kelompok. Dengan komunikasi, Anda bisa bertindak sesuai dengan aturan tertentu. Misalnya, ketika dalam perpustakaan Anda tidak boleh berisik, berarti Anda harus mengendalikan suara Anda agar tidak berisik.

Dalam hal ini, komunikasi dapat dijadikan sebagai panduan formal dari lembaga atau organisasi yang harus diikuti anggotanya. Setiap lembaga mempunyai wewenang untuk menyampaikan peraturan, serta memberi sanksi kepada anggotanya yang melanggar. Dengan begitu maka tidak terjadi miskomunikasi atau kesalahpahaman.

5. Meminta Bantuan

Orang lain tidak akan membantu Anda, jika Anda tidak mengatakan apapun kepada mereka. Karena ada beberapa orang yang merasa segan untuk memberi bantuan jika tidak diminta, atau karena memang mereka tidak tahu apa yang Anda butuhkan.

Hanya dengan berkomunikasi, Anda bisa mendapatkan apa yang dibutuhkan dan orang lain bisa membantu Anda. Berkomunikasi untuk meminta bantuan juga perlu etika, jangan memaksa orang lain jika mereka tidak bisa membantu Anda. Namun, jika keadaannya darurat, Anda bisa menelpon nomor darurat untuk meminta bantuan ketika terjadi kebakaran atau peristiwa darurat lainnya.

6. Sebagai Hiburan

Rudolf F. Verderber pernah mengatakan bahwa manusia bisa berkomunikasi untuk hiburan. Begitu pula dengan Effendi yang mengatakan bahwa salah satu fungsi komunikasi yaitu ‘to entertain’ atau menyenangkan orang lain. Dengan berkomunikasi, Anda dapat menghibur orang lain atau mendapat hiburan dari orang lain, contohnya adalah pelaku stand up comedy.

Hanya melalui kata-kata dari komika yang sedang stand Up comedy orang-orang yang mendengarnya daftar tertawa dan terhibur. Contoh lainnya, ketika Anda mengucapkan belasungkawa kepada orang yang sedang berduka akan memberi sedikit hiburan kepada mereka.

Penutup

Itulah 6 fungsi komunikasi dalam kehidupan sehari-hari yang bisa Anda ketahui. Tingkatkanlah kemampuan komunikasi Anda untuk menciptakan dan menjaga hubungan baik dengan orang lain. Sekian dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *