Memahami Pengertian dan 5 Fungsi Bahasa Indonesia

2 min read

Fungsi bahasa

Fungsi bahasa indonesia – Pada dasarnya, fungsi bahasa yaitu untuk berkomunikasi atau mengungkapkan hal yang ingin dikatakan dan diinformasikan. Agar informasi bisa tersampaikan dengan baik, maka diperlukan penggunaan bahasa yang baik dan benar sesuai kaidahnya.

Baca juga : pengertian dan fungsi hukum menurut para ahli

Mungkin Anda bertanya, mengapa setiap wilayah atau negara di dunia memiliki bahasa yang berbeda? Karena bahasa disesuaikan dengan latar belakang sosial, tradisi dan sikap di wilayah tersebut. Meskipun beragam bahasa yang bisa Anda temukan di Indonesia, namun fungsi bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan atau bahasa nasional negara kita.

Fungsi Bahasa Indonesia

Bahasa menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan bahasa disesuaikan dengan wilayah dan kondisi masyarakatnya. Jika Anda di Indonesia, Anda bisa bahasa Indonesia untuk berkomunikasi. Selain untuk berkomunikasi, bahasa Indonesia juga menjadi upaya membentuk jiwa nasionalisme masyarakat Indonesia. Adapun berikut ini merupakan 5 fungsi bahasa Indonesia, di antaranya yaitu:

1. Bentuk Kebanggaan Berbangsa Indonesia

Sebagai masyarakat Indonesia sudah sepatutnya kita menggunakan sekaligus memperkenalkan bahasa Indonesia, sebagai bentuk kebanggaan berbangsa Indonesia. Dalam bahasa Indonesia, terdapat nilai-nilai sosial dan budaya bangsa Indonesia. Hal tersebutlah yang membuat kita bangga menggunakan bahasa Indonesia.

Namun, mempelajari bahasa asing bukan berarti Anda tidak bangga menjadi warga Indonesia, justru hal tersebut bisa menambah pengetahuan serta keterampilan Anda. Yang menjadi masalah besar adalah ketika Anda tidak lagi menghormati fungsi bahasa Indonesia.

2. Sebagai Identitas Bangsa

Seperti yang sudah diketahui, setiap negara memiliki bahasa yang berbeda, begitu pula dengan negara Indonesia. Hal tersebutlah yang membuat fungsi bahasa menjadi identitas dan keunikan suatu bangsa. Jika Anda tidak menghormati bahasa Indonesia, artinya Anda tidak mengakui identitas bangsa dan tidak bangga dengan Indonesia.

3. Alat Pemersatu Bangsa

Setiap wilayah Indonesia memiliki bahasa yang berbeda atau disebut bahasa daerah. Pada tahun 2019, setidaknya terdapat 671 bahasa daerah yang tersebar di wilayah Indonesia, mulai dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam sampai provinsi Papua.

Jika Anda masuk ke daerah tersebut, namun tidak memahami bahasa daerah mereka, Anda bisa menggunakan bahasa Indonesia, karena salah satu fungsi bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu bangsa.

Anda tidak perlu khawatir akan kesalahpahaman akibat perbedaan sosial budaya dan bahasa. Anda juga bisa berpergian hingga pelosok Indonesia dengan memanfaatkan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi.

Hal inilah yang menjadi kelebihan bahasa Indonesia, kita tidak bisa menyalahkan keberagaman tapi bersyukur dengan adanya keberagaman ini. Karena keberagaman bahasa menjadi salah satu kekayaan budaya Indonesia yang juga harus dijaga.

4. Bahasa Resmi Kenegaraan

Fungsi bahasa Indonesia selanjutnya yaitu sebagai bahasa resmi kenegaraan, artinya bahasa Indonesia seringkali digunakan untuk kegiatan resmi kenegaraan, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan, seperti Upacara, hari nasional, rapat kenegaraan, dan kegiatan resmi lainnya.

Dokumen, keputusan-keputusan ataupun surat peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah maupun badan kenegaraan lainnya harus ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sesuai kaidah EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

5. Sebagai Pengantar dalam Pendidikan

Penggunaan bahasa Indonesia sangat vital untuk pendidikan di negara ini, mulai dari taman kanak-kanak hingga sekolah tinggi di seluruh Indonesia. Dalam hal ini, fungsi bahasa Indonesia yaitu alat untuk membina, mengembangkan dan mendidik anak atau generasi muda.

Meski begitu, masih ada beberapa wilayah yang menggunakan bahasa daerah sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan seperti Batak, Sunda, Aceh, Madura, Makassar, Jawa, Bali dan lainnya. Biasanya bahasa daerah tersebut digunakan hanya pada Sekolah Dasar saja.

Penutup

Itulah 5 fungsi bahasa Indonesia yang perlu Anda ketahui sebagai warga negara Indonesia yang baik. Dengan mengetahui fungsi bahasa Indonesia tersebut, kita semakin sadar bahwa berbahasa Indonesia yang baik dan benar sama seperti menjaga identitas bangsa dan bentuk cinta tanah air.

Adapun fungsi bahasa secara umum menurut Widjono (2005), yaitu sebagai sarana komunikasi, ekspresi diri, bentuk memahami diri, integrasi dan adaptasi, kontrol sosial, memahami orang lain, membangun pikiran logis, kecerdasan, meningkatkan kecerdasan ganda, karakter, mengembangkan profesi, kreativitas baru serta untuk mengamati lingkungan sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *