Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

2 Metode Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Bisa Diformat

1 min read

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Bisa Diformat

Banyak dari kita pasti telah mengetahui dan pernah menggunakan flashdisk untuk menyimpan berbagai file, baik itu file dokumen, music, foto dan sebagainya. Namun, seringkali flashdisk mengalami error seperti dapat diformat, nah pada kali ini saya akan membahas tutorial mengenai beberapa metode cara memperbaiki flashdisk tidak bisa diformat yang dapat anda lakukan dengan mudah.

Baca juga : perbedaan ddr3 dan ddr3l pada komponen RAM

Perlu anda ketahui, flashdisk termasuk media penyimpanan portable dengan bentuk kecil dan ringan yang mempermudah pengguna untuk dibawa ke banyak tempat. Dalam penggunaannya, penyimpanan flashdisk cukup rentan terkena infeksi virus yang dapat membahayakan file didalamnya. Namun, hal ini tergantung dari penggunanya masing-masing.

Tujuan memformat flashdisk yakni untuk untuk membersihkan seluruh file yang tersimpan didalamnya. Selain itu, format juga mampu menghapus virus pada flashdisk serta dapat berganti ke jenis format yang lain seperti FAT32, NTFS, Exfat dan sebagainya.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Bisa Diformat

Berikut dibawah ini ada dua metode simple untuk memperbaki flashdisk error tidak bisa diformat yang dapat anda praktekkan dengan mudah, diantaranya yaitu:

1. Melalui Computer Management

  • Hubungkan flashdisk yang tidak bisa diformat ke perangkat komputer atau laptop windows anda.
  • Jalankan RUN dengan cara mengklik kombinasi tombol Windows + R.
  • Tulis compmgmt.msc lalu klik enter atau OK untuk melanjutkan.
  • Tunggu beberapa saat dan akan terdapat tampilan menu Computer Management.
  • Di tahap ini, flashdisk akan muncul di sudut kiri pada bagian storage.
  • Klik kanan flashdisk anda dan pilih create partition, kemudian klik kanan lagi lalu pilih format.
  • Silahkan tunggu beberapa menit hingga selesai.
  • Selesai, flashdisk anda telah berhasil diformat, cek kembali flashdisk tersebut.

2. Melalui Regedit

Flashdisk tidak bisa diformat dapat disebabkan oleh suatu hal, bisa terkena infeksi virus atau terkunci dengan keterangan write protected. Oleh sebab itu dengan menggunakan metode kedua ini diharapkan dapat menghapus protected tersebut melalui registry editor (regedit), caranya seperti ini:

  • Hubungkan flashdisk yang error ke laptop atau komputer windows.
  • Buka windows run dengan cara klik kombinasi keyboard Windows + R.
  • Lalu tulis regedit kemudian klik enter untuk melanjutkan.
  • Tunggu beberapa saat dan akan mengarah ke registry editor, klik yes jika ada dialog permission.
  • Klik kombinasi tombol Ctrl + F, lalu tulis write protected dan enter untuk mempercepat proses reparasi.
  • Setelah menemukannya, klik kanan tulisan write protected tersebut lalu klik hapus atau delete. Klik OK untuk melanjutkan.
  • Setelah terhapus silahkan restart komputer atau laptop anda. Namun jangan cabut flashdisk dan biarkan dialog registry editor tetap terbuka.
  • Cek kembali flashdisk tersebut. Jika anda lakukan sesuai intruksi diatas, maka flashdisk dapat anda format semestinya.

Selain itu, ada cara lain dalam menghapus write protected yang mengunci flashdisk anda dengan menggunakan program tambahan bernama NTFS drive protection, lihat lebih lanjut di artikel cara menghilangkan write protected flashdisk.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya tulis mengenai tutorial singkat cara memperbaiki USB flashdisk tidak bisa diformat yang dapat anda lakukan dengan mudah.

Apabila ada pertanyaan terkait hal ini, jangan takut untuk bertanya pada kolom komentar pada bagian bawah artikel ini. Cukup sekian dan sampai jumpa di pembahasan selanjutnya, terimakasih.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

One Reply to “2 Metode Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Bisa Diformat”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.