Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Cara Meringankan Windows dengan Easy Service Optimizer

1 min read

Cara Meringankan Windows dengan Easy Service Optimizer

Siapa yang tidak mengenal windows yang termasuk salah satu sistem operasi komputer terpopuler selain Linux atau MacOS, nah kali ini saya akan membahas seputar bagaimana cara meringankan windows menggunakan software easy service optimizer.

Baca juga : cara memblokir situs dengan url disabler

Software ini termasuk freeware yang bisa Anda jalankan secara gratis di berbagai versi sistem operasi windows saat ini, seperti windows 7, 8, 10 dan windows 11 dengan efektif dan mudah.

Hal yang saya sukai dari software easy service optimizer adalah memiliki tampilan yang simple dan tidak ribet ketika digunakan dalam meringankan berbagai komponen operasi sistem windows. Seperti apa tutorialnya?, simak lebih lanjut dibawah ini.

Cara Menggunakan Easy Service Optimizer

  • Unduh terlebih dahulu program service optimizer melalui website resminya yaitu sordum.
  • Setelah terunduh, ekstrak dan jalankan file exe-nya.
  • Pilih salah satu mode yang tersedia di bagian bawah, bisa default, safe, tweaked atau ekstrem.
  • Centang semua pilihan service yang tersedia, kemudian klik icon rocket di pojok kiri atas untuk mulai melakukan optimasi.
  • Untuk mematikan optimasi, Anda bisa menghapus centang tersebut.
  • Selesai.

Cara menggunakan easy service optimizer

Untuk permulaan, saya sarankan memilih mode safe saja karena sangat aman dan tidak mengganggu komponen sistem tersebut. Komponen berwarna hijau atau berstatus running, lebih baik jangan dioptimasi karena cukup dibutuhkan oleh sistem operasi untuk menjalankan berbagai proses.

Metode cara meringankan komputer atau laptop windows menggunakan software easy service optimizer merupakan cara cepat untuk mengatasi laptop lemot yang termasuk portable dan tidak memerlukan instalasi khusus.

Informasi Tambahan

Apabila kendala Anda yaitu komputer atau laptop lambat, ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Bisa jadi spesifikasi yang rendah atau terkena infeksi virus, seperti virus mining, trojan atau ransomware.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menambah spesifikasinya berupa RAM dan mengganti SSD (solid state drive) yang menurut saya terbukti dalam meningkatkan performa laptop windows Anda. Kedua komponen ini banyak tersedia di marketplace online dengan harga terjangkau, seperti tokopedia dan bukalapak.

Baca juga : cara menggunakan software wise disk cleaner

Sebelum membeli RAM dan SSD, cek terlebih dahulu tipe komponen tersebut di perangkat komputer atau laptop Anda, seperti RAM ddr2, ddr3 atau ddr4. Untuk SSD sendiri, memiliki 2 jenis yaitu sata dan ide.

Apabila Anda kebingungan dalam memasang RAM dan SSD, saran saya lebih baik dibawa ke toko servis laptop dan menyuruh teknisi untuk memasang kedua komponen tersebut.

Penutup

Jika ada berbagai saran atau kritik dan pertanyaan terkait program optimizer ini, Anda bisa menyampaikannya pada kolom komentar yang tersedia di bagian bawah artikel ini.

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat saya seputar tutorial cara meringankan windows menggunakan software tambahan bernama easy service optimizer, semogga bermanfaat ya.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.