Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Langkah Cara Menggunakan Wise Disk Cleaner dengan Benar

1 min read

Cara Menggunakan Wise Disk Cleaner

Dalam menggunakan komputer, seringkali pengguna mengalami beberapa kendala, salah satunya yaitu kinerja yang lambat. Hal ini bisa disebabkan karena menumpuknya file sampah pada harddisk komputer, untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan software tambahan bernama wise disk cleaner.

Baca juga : mengenal apa itu software libre office

Penggunaan program cleaner buatan wise developer ini cukup efektif dalam menghapus cache atau file sampah yang menumpuk pada komputer atau windows Anda.

Perlu Anda ketahui, wise disk cleaner merupakan program open source yang sepenuhnya bisa digunakan secara gratis. Program ini bisa dijalankan di berbagai operasi sistem windows, baik itu windows 7, windows 8, windows 10 dan windows 11.

Cara Menggunakan Wise Disk Cleaner

  • Unduh wise disk cleaner terlebih melalui situs resminya di alamat wisecleaner.com/.
  • Install dan jalankan program disk cleaner.
  • Setelah terbuka, di bagian kiri pilih jenis file dan lokasi yang akan dibersihkan.
  • Kemudian, klik tombol scan di kanan atas untuk melanjutkan.
  • Setelah proses scan selesai, Anda bisa memilih opsi pada setiap file. Bisa dibersihkan atau dibiarkan saja.
  • Setelah itu, klik clean untuk mulai membersihkan file sampah di komputer windows Anda.
  • Silahkan tunggu hingga proses pembersihan selesai.

Informasi Tambahan

Jika permasalahan komputer atau laptop Anda yang lambat belum dapat diatasi dengan program wise disk cleaner, maka Anda bisa melakukan modifikasi pada perangkat tersebut. Dengan cara menambah jumlah RAM dan mengganti HDD menggunakan SSD (solid state drive).

Penambahan RAM dan mengganti penyimpanan ke SSD saya sarankan karena ampuh dalam mengatasi kendala lemot atau lamban pada perangkat komputer Anda.

Baca juga : perbedaan open source dan free software

Meskipun begitu, kedua komponen ini memiliki harga yang cukup mahal. Sehingga, Anda perlu mengeluarkan budget lebih. Bila bingung terkait hal ini, saran saya hubungi teman yang berpengalaman di bidang reparasi komputer ini. Jika perlu, Anda bisa membawanya ke tempat servis komputer untuk berkonsultasi terkait hal ini.

Perlu Anda ingat untuk menambah RAM, harus disamakan dengan tipe DDR-nya. Jika DDR laptop atau komputer Anda DDR4, maka Anda perlu membeli DDR4. Begitupun dengan HDD yang hendak diganti dengan SSD, Anda perlu memahami terlebih dahulu jenis harddisk tersebut, umumnya perangkat keluaran terbaru harddisknya bertipe SATA.

Penutup

Jika ada saran atau kritik atau pertanyaan terkait hal ini, Anda bisa bertanya melalui kolom komentar yang tersedia di bagian bawah artikel ini.

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat saya seputar cara menggunakan disk wise cleaner untuk membersihkan cache atau file sampah di komputer windows Anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.