Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Libre Office: Rekomendasi Alternatif Microsoft Office Gratis

1 min read

Libre office

Libre office adalah perangkat lunak atau software komputer yang berfungsi dalam mengelola dan membuat dokumen, software ini bisa menjadi pilihan alternatif selain microsoft office bagi Anda pengguna sistem operasi windows.

Baca juga : pengertian dan jenis lisensi open source

Hal yang saya suka dari software ini adalah kompatibel dengan format dokumen pada program ms office, seperti ms word, excel, powerpoint dan sebagainya.

Selain itu, software libre ini sepenuhnya gratis untuk digunakan dan tidak memerlukan biaya tambahan karena bersifat open source. Tentu, ini berbeda dengan program microsoft office yang memerlukan lisensi untuk menggunakannya dengan biaya yang terbilang cukup mahal.

Mengenal Libre Office

Libre office termasuk program open source yang dibuat dan dikembangkan oleh the document foundation. Software ini mendukung tiga sistem operasi komputer populer seperti Linux, MacOS dan Windows 32bit 64bit.

Libre Office

Didalamnya terdapat berbagai program tambahan untuk penggunaan format dokumen tertentu, seperti libreoffice calc yang mirip microsoft excel, libreoffice writer yang mirip microsoft word dan sebagainya.

Kelebihan Menggunakan Libre Office

Selain gratis, ada beberapa keunggulan yang akan Anda peroleh ketika menjalankan program libreoffice, diantaranya yaitu:

  • Ringan dan bisa dijalankan di komputer dengan spesifikasi menengah kebawah.
  • Memiliki ukuran instalasi yang kecil, sekitar 350mb (megabyte).
  • Mendukung tiga operasi sistem komputer populer yaitu MacOS, Linux dan Windows.
  • Selalu diperbarui setiap tahunnya.
  • Memiliki banyak fitur yang bisa dibilang mirip seperti ms office.
  • Memiliki komunitas besar.
  • Bersifat open souce yang sepenuhnya gratis untuk digunakan.
  • Bisa digunakan secara offline, tanpa internet.
  • Kompatibel dengan file dokumen yang dibuat di program microsoft office.
  • Sepenuhnya aman dan tidak mengandung infeksi virus.

Cara Download Libre Office

Untuk mengunduh program libre office secara gratis, Anda bisa mengakses situs resminya di alamat www.libreoffice.org/. Bisa menggunakan berbagai browser favorit Anda, seperti  program google chrome, opera mini, mozilla firefox dan sebagainya.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan program openoffice

Kesimpulan dari artikel ini adalah untuk membagikan informasi yang saya ketahui mengenai libreoffice agar bisa Anda manfaatkan secara gratis sebagai alternatif pengganti program microsoft office.

Penutup

Akhir kata, demikianlah ulasan informasi singkat yang dapat saya tulis seputar libre office yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti MSoffice secara gratis. Semoga bermanfaat.

Jika ada kritik dan saran terkait hal ini atau pertanyaan lainnya, Anda bisa bertanya di kolom komentar yang tersedia di bawah artikel ini. Terimakasih dan sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.