Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Inilah 2 Contoh Press Release Produk Masa Kini

2 min read

Contoh Press Release Produk

Contoh press release produk adalah contoh dari bentuk press release yang akan diberitakan pada khalayak ramai. Mengingat, produk merupakan salah satu hal sensitive sebab merupakan hasil produksi dari suatu usaha. Sehingga, penulisan press releasenya harus dilakukan secara factual, tepat, dan apa adanya sesuai riset yang dilakukan.

Baca juga : karakteristik format penulisan press release

Berikut ini akan disajikan berbagai contoh press release seputar produk bisnis yang dapat kamu pahami dan jadikan sebagai acuan untuk membuat hal serupa.

Selain itu, terdapat pula langkah – langkah yang wajib dilakukan terlebih dahulu sebelum membuat press release tersebut agar dihasilkan – lah berita baik yang dicerna dan dipahami oleh khalayak ramai.

Tips Membuat Press Release Produk

Hal pertama yang harus kamu pahami sebelum memperhatikan contoh dari press release produk tersebut adalah langkah – langkah pembuatannya terlebih dahulu. Adapun langkah – langkah yang harus dilakukan sebelum membuat press release produk tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pahami EYD dan cara penulisan berita.
  2. Adapun cara penulisan berita sangat beragam, dimulai dari temanya yang khusus ke umum dan umum ke khusus, serta 5W + 1H yang harus dipenuhi.
  3. Tema khusus ke umum merupakan tema yang membuat berita menggambarkan terlebih dahulu berita secara khusus dan melanjutkannya dengan cara umum, berlaku sebaliknya.
  4. Penulisan 5W + 1H adalah penulisan yang terdiri atas beberapa hal berikut:
    • What = Apa yang akan diberitakan?
    • Where = Dimana hal yang diberitakan tersebut terdapat atau terjadi?
    • When = Kapan hal yang diberitakan tersebut terbentuk atau terjadi?
    • Who = Siapa saja yang terlibat di dalam kejadian atau pembuatan hal yang diberitakan tersebut?
    • Why = Mengapa hal tersebut terjadi atau dibentuk?
    • How = Bagaimana hal tersebut dapat terjadi atau terbentuk?
  1. Pastikan pengenalan sebuah kejadian atau produk (sesuai dengan contoh press release yang akan dijabarkan) secara mendalam
  2. Memiliki badan – badan pada press release yang akan dibuat tersebut sebagai berikut:
    • Judul = Judul yang dibuat haruslah menarik dan menggambarkan keistimewaan produk
    • Dateline = Tanggal dari peluncuran atau pembuatan produk
    • Lead = Penjelasan dari produk secara singkat. Di dalam lead ini terdapat penulisan 5W + 1H dari produk tersebut.
    • Isi = Pendeskripsian produk secara detail
    • Jangan lupa sertakan informasi perusahaan
    • Kontak dari perusahaan yang menjual atau menghasilkan produk tersebut.

Contoh Press Release Produk

Contoh press release produk dapat membuat kamu semakin paham dan dapat dijadikan sebagai sumber ide pembuatan berita tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh dari press release sebuah produk yang dapat kamu amati dan pahami:


Contoh Pertama:

Iphone 13 Siap Hadir di Akhir 2021 dengan Performa Mencengangkan

Medan (16/9) – Apple merupakan salah satu produsen smartphone yang namanya sangat melambung tinggi. Hal ini tentu saja dibuktikan dengan kehadiran Iphone yang benar – benar menawarkan performa tinggi di dunia Smartphone.

Namun, tidak hanya berdiam pada satu titik saja Apple turut meluncurkan produk barunya yaitu Iphone 13 di akhir tahun 2021 ini. Tentu saja, bentuk pembaharuan dari Iphone 12 yang sebelumnya merupakan smartphone dengan performa terbaik menawarkan upgradisasi yang mencengangkan.

Upgradisasi tersebut sangat terlihat jelas pada tampilan fisik, terutama pada kamera yang menjadi ciri khas dari Iphone seri pro tersebut. Dengan tampilan fisik dari kamera Iphone, tentu saja performa yang ditawarkan juga tidak sembarangan.

Media Contact

Julie (hanya Contoh)

Head of Production Apple Inc (hanya contoh)

Phone: 081266773344 (hanya contoh)


Contoh Kedua:

Elisia Point 0: Lipstik Terbaru dari Elisia Cosmetic dengan Berbagai Warna Terbaik

Medan (16/9) – Elisia dikenal sebagai produsen produk kecantikan terbaik kini menghadirkan sebuah produk terbaru. Produk tersebut bernama Elisia Point 0 berupa lipstick dengan berbagai koleksi terbaik. Lipstik – lipstick ini memliki berbagai warna yang cocok dengan semua kulit.

Elisia Point 0 diproduksi untuk mencocokkan kulit asia dengan warna lipstick yang senada. Dengan warna lipstick tersebut, tentu saja aura diri akan lebih terpancar dan membuat seseorang semakin pede dalam menjalankan aktivitasnya. Peluncuran Elisia Point 0 ini direncanakan pada 12 November 2021 mendatang dengan brand ambassador Raisa.

Media Contact

Nagita Slavina (hanya contoh)

Head of Production Elisia Cosmetic (hanya contoh)

Phone: 081344556464 (hanya contoh)


Penutup

Contoh press release produk di atas dapat kamu jadikan cerminan sebelum menciptakan sebuah press release. Selain itu, terdapat langkah – langkah yang wajib diperhatikan dan diikuti sebelum kamu memutuskan untuk menghasilkan press release ini. Pastikan pula kamu mengenal dengan detail produk dari press release tersebut ya!.

Baca juga : contoh press release event musik masa kini

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya tulis seputar contoh press release produk yang bisa Anda gunakan sebagai referensi sebelum membuat press release. Semoga bermanfaat.

Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.