Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

4 Tips Cara Nembak WiFi dari Jarak Jauh dengan Efektif

2 min read

Cara Nembak WiFi dari Jarak Jauh dengan Efektif

Pada era teknologi seperti sekarang ini siapa yang belum pernah menggunakan Wifi? Kebanyakan orang bahkan sudah memasang Wifi pada setiap rumah mereka. Terlebih, Anda juga bisa menerapkan cara nembak Wifi dari jarak jauh agar nantinya orang lain dapat menggunakan jaringan tersebut.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan repeater wireless

Cara ini sendiri hanya dengan memanfaatkan laptop dan beberapa alat lainnya. Terlebih, cara tersebut juga terbilang cukup low budget sehingga tidak perlu khawatir saat ingin melakukannya. Tentu saja akan sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin keluar banyak saat ingin menembak Wifi.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum menembak Wifi yang diinginkan, pastikan Anda menyiapkan beberapa alat dan bahannya terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir, pasalnya alat dan bahan tersebut terbilang cukup sederhana. Siapa saja bahkan dapat membelinya dengan harga yang cukup murah pada toko online.

Nantinya, alat tersebut dapat menjangkau Wifi dengan jarak sekitar 100 meter. Beberapa alat dan bahan tersebut seperti laptop atau komputer. Kemudian TPLINK TL-WN72N untuk menembak Wifi. Siapkan juga kabel USB Extander. Kabel ini sebenarnya bersifat opsional sehingga tidak apa-apa jika tidak digunakan.

Hanya saja, Anda bisa memanfaatkan kabel tersebut untuk memperluas jangkauan sinyal. Jika ingin menggunakan kabel tersebut maka siapkan sekitar 5-10 meter saja. Beberapa hal lain yang diperlukan adalah Wifi yang ingin ditembak. Kemudian, bersiaplah untuk menembak Wifi tersebut.

Tips Cara Nembak Wifi

Pastikan terlebih dahulu untuk menyiapkan alat dan bahan secara lengkap. Agar nantinya, saat ingin menembak Wifi tidak perlu lagi kerepotan dalam mencari alat dan bahan yang perlu digunakan tersebut. Di bawah ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menembak Wifi tersebut:

1. Lakukan Install Driver

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menginstall driver terlebih dahulu. Caranya terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Pastikan untuk membuka dahulu kemasan dari TPLINK yang sudah disiapkan. Setelah itu, temukan kaset kecil yang berisi drivernya.

Baca juga : cara mematikan wifi wps repeater tenda AC1300

Kemudian, pastikan laptop ataupun komputer yang digunakan memiliki tempat untuk memutar kaset. Setelah itu, install aplikasi yang biasa dipasang. Tidak perlu khawatir, karena umumnya akan ada instruksi untuk melakukan pemasangannya.

2. Hubungkan USB

Selanjutnya, Anda bisa mulai menghubungkan kabel USB Extander pada TPLINK yang sudah tersedia. Pastikan untuk menghubungkannya dengan baik dan benar. Jika sudah terhubung, maka pasang TPLINK tersebut pada tempat atau lokasi yang jauh lebih tinggi.

Mengapa? Proses pemasangan TPLINK pada lokasi yang jauh lebih tinggi pada dasarnya sangat penting dilakukan. Hal tersebut tidak lain agar nantinya dapat memperoleh sinyal dengan lebih maksimal. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih lokasi atau tempat pasang yang tepat.

3. Hubungkan ke Komputer

Apabila Anda sudah berhasil dalam memasang TPLINK ke tempat yang lebih tinggi, maka mulailah untuk mencoba mencolokkan USB Extander pada komputer atau laptop yang digunakan. Dalam hal ini pastikan untuk menghubungkan kabel ke perangkat dengan benar agar berfungsi maksimal.

Jika sudah benar dalam menghubungkan kabel tersebut, maka nantinya lampu pada TPLINK akan menyala berwarna hijau. Kemudian, apabila lampu tersebut ternyata tidak menyala sama sekali maka kemungkinan Anda belum tepat dalam memasang atau menghubungkan kabelnya.

4. Hubungkan ke Wifi

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan jika semua proses sudah dikerjakan adalah dengan menghubungkannya ke Wifi. Caranya, Anda bisa pergi menuju ikon Wifi. Setelah itu, pastikan untuk memilih Wifi2. Selanjutnya, langsung saja hubungkan ke Wifi yang ingin ditembak.

Baca juga : fungsi dan macam lampu ont indihome

Jika terhubung, maka tentu saja proses tembak Wifi tersebut telah berhasil dilakukan. Dengan begitu, orang lain sudah bisa memiliki jaringan internet untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan. Tentu saja cara ini sangat sederhana serta tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukannya.

Bagaimana Jika Susah Terhubung ke Wifi?

Pada dasarnya, dalam melakukan penembakan Wifi bukan tidak mungkin mengalami kegagalan. Mungkin saja Anda mengalami susah terhubung pada jaringan Wifi yang ingin ditembak. Umumnya, hal ini terjadi karena jarak dari Wifi menuju ke komputer ataupun laptop terlalu jauh.

Oleh sebab itu, usahakan untuk menempatkannya dengan baik. Jangan sampai terdapat gangguan apapun. Baik itu berupa pohon besar, tembok atau dinding, hingga rumah yang menjadi penghalang. Pasalnya, adanya bangunan tersebut dapat menyulitkan proses tersambungnya Wifi.

Untuk jangkaun sinyal yang lebih luas, maka Anda bisa menempatkan TPLINK di atas genteng. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memakai bambu dengan ketinggian sekitar 10 meter. Jika masih belum terhubung juga, maka kemungkinan kabel yang digunakan mengalami kerusakan.

Penutup

Itulah beberapa cara nembak Wifi yang bisa Anda lakukan. Agar proses penembakan yang diinginkan tersebut berhasil tanpa adanya gangguan, maka pastikan untuk memilih kabel USB yang berkualitas. Dengan begitu, proses penembakan dapat dilakukan dengan lebih lancar dan cepat.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.