19 Fungsi dan Macam Lampu Indikator Modem ont Indihome

2 min read

ONT Indihome

Bagi anda pengguna wifi berbayar seperti Indihome, pastinya memiliki router atau modem yang didalamnya terdapat lampu indikator. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa fungsi indikator lampu pada modem atau ONT indihome fiber optic.

Baca juga : cara restart wifi indihome ZTE

ONT ialah perangkat modem jaringan yang berfungsi sebagai penghubung antara perangkat yang tersambung dengan jaringan internet. Umumnya, ont tersebut memiliki lampu indikator yang bertujuan untuk menampilkan keadaan dan mempermudah pengguna dalam mengetahui berbagai error yang terjadi.

Dengan memahami berbagai lampu indikator yang muncul, anda dapat menerapkan langkah pertama apabila terjadi hal terkait gangguan layanan internet pada router atau wifi berbayar anda. Baik itu, modem jenis fiber ataupun non fiber. Berikut dibawah ini beberapa fungsi lampu indikator pada ont indihome yang perlu anda ketahui.

Fungsi Lampu Indikator ONT Modem

  1. Sebagai penanda aktif atau tidaknya router. Jika lampu power mati berarti modem sedang tidak aktif, begitupun sebaliknya.
  2. Untuk mengetahui terhubung atau tidaknya modem ke akses internet. Apabila lampu DSL/ADSL mati berarti modem tidak terhubung ke internet dan jika lampu tersebut hidup, maka modem sedang tersambung ke internet.
  3. Sebagai penanda dalam melihat aktif atau tidaknya internet yang digunakan. Dalam hal ini, jika lampu internet berwarna kuning sedang hidup, maka menandakan koneksi internet sedang berjalan dengan normal. Jika lampu internet tidak menyala, maka modem tidak memiliki akses ke jaringan internet.
  4. Untuk melihat port LAN yang sedang digunakan. Apabila anda menghubungkan perangkat laptop atau komputer menggunakan jaringan LAN melalui LAN1, maka indikator lampu LAN1 akan hidup. Berlaku juga dengan indikator port lainnya, seperti LAN2, LAN3 dan seterusnya.
  5. Untuk mengetahui aktif atau tidaknya jaringan wireless yang tersedia. Melalui indikator WLAN pada modem, anda dapat melihat hal tersebut, apabila lampu indikator wlan sedang tidak hidup, maka jaringan wireless (tanpa kabel) sedang mati, begitupula sebaliknya.
  6. Lampu indikator WPS memiliki fungsi untuk melihat aktif atau tidaknya mode WPS pada jaringan wifi yang digunakan. Fitur ini mempermudah pengguna dalam menghubungkan perangkat  ke jaringan wifi.

Macam Lampu Indikator ONT Indihome

  1. Indikator PON, lampu ini akan menyala secara otomatis ketika modem telah selesai di konfigirasi oleh teknisi indihome yang memasang wifi anda.
  2. Power, indikator ini berfungsi untuk melihat aktif atau tidaknya modem yang anda miliki.
  3. LOS, indikator ini memiliki fungsi sebagai penanda mengenai keadaan transmisi yang ada di modem, apabila lampu indikator LOS menunjukkan warna merah, maka berarti koneksi sedang terputus dan biasanya sambungan kabel yang dibuat kurang baik.
  4. Internet, sebagai penanda mengenai aktif atau tidaknya koneksi internet dalam modem/ONT anda. Umumnya, apabila lampu berkedip atau tidak hidup maka koneksi sedang terjadi gangguan.
  5. Wifi, untuk mengetahui aktif atau tidaknya jaringan wifi wireless.
  6. Phone, untuk melihat port sambungan telepon yang sedang tersambung, jika port1 hidup maka port tersebut sedang digunakan, berlaku untuk lampu indikator phone lainnya.
  7. LAN, umumnya indikator LAN terdapat 4 lampu yang berfungsi untuk melihat port yang terhubung ke modem melalui kabel LAN, seperti komputer, router, switch dan sebagainya.
  8. WPS, sebagai penanda aktif atau tidaknya fitur WPS, fitus ini umumnya berupa PIN.
  9. USB, untuk mengetahui perangkat yang sedang tersambung melalui port USB.
  10. LINK, sama halnya seperti internet, indikator link berfungsi untuk mengetahui aktif atau tidaknya koneksi internet didalamnya, apabila mati maka koneksi sedang mengalami gangguan atau terputus.
  11. TEL, indikator ini berfungsi untuk melihat sambungan telepon yang terhubung ke ont indihome pengguna.
  12. VOIP, sebagai penanda aktif atau tidaknya jaringan telepon yang digunakan, apabila lampu VOIP mati, maka line telepon sedang tidak aktif atau mengalami gangguan.
  13. AUTH, untuk mengetahui proses autentifikasi modem tersebut yang dilakukan oleh pihak penyedia layanan, umumnya lampu ini akan aktif setelah dikonfigurasi dan terhubung dengan jaringan telkom.

Penutup

Akhir kata, cukup sekian pembahasan yang dapat saya bagikan mengenai beberapa macam dan fungsi lampu indikator pada modem atau ont indihome. Semoga bermanfaat dan bisa anda pahami dengan baik, apabila ada pertanyaan terkait hal ini, jangan segan untuk berkomentar. Cukup sekian dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *