Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Cara Mengetahui Nama Kontak Kita di HP Teman Tanpa Aplikasi

2 min read

Cara Mengetahui Nama Kontak Kita di HP Teman Tanpa Aplikasi

Di zaman yang semakin berkembang, muncul pembaruan teknologi dengan sistem yang lebih canggih. Misalnya, saat ini kita dapat mengetahui nama kontak yang diberikan oleh teman-teman kita. Lantas, bagaimana cara mengetahui nama kontak kita di hp teman tanpa aplikasi?

Baca juga : rekomendasi aplikasi selain snap camera untuk laptop

Terkadang, kita cukup penasaran dengan nama kontak yang diberikan oleh teman-teman kita. Pasalnya, bisa saja tulisan yang diberikan cukup aneh atau unik atau bahkan menyebalkan. Sehingga hal-hal tersebut seringkali memancing rasa penasaran.

Cara Melihat Nama Kontak Kita Secara Online

Untuk mengetahui nama kontak kita di HP teman ternyata tidak selalu memerlukan aplikasi, loh! Kita dapat mengetahui nama kontak yang diberikan tanpa melalui aplikasi, tetapi dapat menggunakan perangkat handphone atau laptop melalui browser atau web.

Di era sekarang, nama di kontak handphone akan sama dengan nama di kontak Whatsapp. Karena kontak di handphone pastinya akan terhubung ke Whatsapp, dan hampir semua kalangan sudah menggunakan Whatsapp untuk berkomunikasi.

Maka, untuk mengetahui nama kontak kita di HP orang lain, tidak perlu untuk melihat di buku kontak saja. Namun dapat juga melalui kontak Whatsapp. Karena sudah dipastikan nama kontaknya akan sama atau sesuai dengan di buku kontak ponsel.

Cara Mengetahui Nama Kontak Kita di Hp Teman Tanpa Aplikasi

Berikut dibawah ini beberapa metode yang dapat Anda terapkan dengan mudah dalam melihat nama kontak di smartphone Android teman secara online, diantaranya yaitu:

1. Melalui Situs Online Truecaller

Metode pertama yaitu menggunakan website truecaller yang dapat diakses melalui aplikasi browser, truecaller sendiri ialah layanan online buatan microsoft yang menyediakan fitur untuk mengetahui nama dari nomer telepon pengguna.

Baca juga : mengenal jenis arti centang di whatsapp

Dalam penggunaannya, layanan ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui nickname nomer ponsel kita secara umum yang banyak digunakan di perangkat ponsel teman Anda.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengakses alamat truecaller.com dan login menggunakan akun google atau microsoft yang Anda miliki. Setelah itu, Anda bisa menggunakan fitur pencarian nomer tersebut untuk mengetahui nama kontak yang tersimpan di Android teman Anda.

2. Melalui Whatsapp Web

Cara mengetahui nama kontak kita di hp teman tanpa aplikasi cukup mudah dan tentunya tidak harus mengunduh aplikasi apapun. Kita hanya perlu mengunjungi laman atau web https://web.whatsapp.com/. Simak langkah-langkahnya di bawah ini!

  • Siapkan perangkat yang akan digunakan, baik handphone, laptop atau PC (komputer).
  • Pastikan pula perangkat tersebut sudah terhubung ke internet dan memiliki kuota data untuk mengakses internet. Karena prosesnya ini membutuhkan jaringan internet.
  • Selanjutnya, buka aplikasi atau software browser di perangkat yang akan Anda pakai.
  • Browser yang digunakan boleh menggunakan apa saja, baik Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, dan sebagainya.
  • Buka atau kunjungi laman https://web.whatsapp.com/ melalui browser yang digunakan. Atau bisa juga dengan menuliskan kata kunci ‘Whatsapp Web’ di pencarian Google.
  • Setelah itu, Anda akan dibawa ke tampilan situs resmi Whatsapp web.
  • Selanjutnya, tampilan pertama adalah gambar barcode.
  • Scan barcode tersebut menggunakan Whatsapp milik orang lain dan teman yang di dalamnya terdapat nomor atau kontak Anda.
  • Untuk scan barcode, diperlukan untuk membuka Whatsapp milik temanmu.
  • Lalu, klik titik tiga di pojok kanan atas dan pilih ‘linked devices.’
  • Selanjutnya, pilih ‘link a device’ dan scan barcode yang tertera di laman Whatsapp web.
  • Setelah itu, beralih ke Whatsapp milik Anda sendiri.
  • Pilih kontak atau room chat teman atau orang yang memiliki akun Whatsapp tersebut.
  • Selanjutnya, cobalah untuk mengirimkan pesan apapun kepada kontak teman yang dituju.
  • Pastikan pesan yang Anda kirim tidak mengandung kecurigaan apapun, agar mereka tidak curiga bahwa Whatsappnya tengah dibuka melalui Whatsapp web.
  • Lalu, setelah itu biasanya nama Anda akan muncul di barisan room chat paling atas. Nama Anda pun akan terlihat.
  • Logout dari device atau laptop yang digunakan tadi.

Anda dapat mengontrol dan melihat secara rutin nama kontak Anda. Barangkali sewaktu-waktu nama tersebut diganti menjadi nama lain.

3. Menggunakan Aplikasi Get Contact

Sebenarnya, kita dapat melihat nama kontak secara langsung pada saat meminjam handphone atau melalui Whatsapp teman atau orang lain. Namun cara di atas dilakukan dengan tujuan apabila nama kontak kita diganti sewaktu-waktu, maka kita tetap bisa melihatnya atau mengontrolnya.

Baca juga : rekomendasi game android offline terbaik

Cara tersebut dapat dilakukan apabila tidak menginginkan untuk menggunakan aplikasi apapun. Namun, apabila Anda ingin cara yang lebih mudah atau cepat, Anda bisa mengunduh aplikasi bernama Get Contact, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis dan efektif.

Kesimpulan

Itulah cara yang dapat dilakukan dan di praktekan untuk mengetahui nama kontak kita di HP orang lain atau di HP teman. Namun yang harus diperhatikan adalah, cara tersebut tidak bisa dilakukan secara sembarangan atau terlalu sering karena menyangkut privasi orang lain.

Gunakan cara-cara tersebut sewajarnya. Apabila Anda sudah tidak penasaran lagi, maka Anda dapat unlinked device dengan cara klik titik tiga lalu pilih logout. Pastikan Whatsapp teman Anda sudah terlogout, agar dia tidak curiga.

Demikianlah cara mengetahui nama kontak kita di HP teman tanpa aplikasi tambahan. Kesimpulannya, untuk mengetahui nama kontak di HP teman ternyata tidak selalu memerlukan aplikasi, namun juga dapat melakukan cara seperti di atas. Tetaplah bijak dalam menggunakan cara tersebut.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.