Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Tips Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri di Android

2 min read

Ponsel atau handphone saat ini sudah menjadi teman sehari-hari dalam beraktivitas. Semua orang memiliki telepon genggam digunakan untuk berbagai keperluan. Kerusakan sering terjadi pada layar sentuh dan mari belajar cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri.

Baca juga : Rekomendasi Laptop Mini yang Bagus

Layar HP yang bergerak sendiri sering juga disebut dengan ghost touch. Pergerakan seperti hantu bahkan ketika tidak disentuh sehingga menyebabkan aplikasi terbuka sendiri. Masalah ini sering menimbulkan kesulitan pengguna terutama saat chat.

Penyebab Layar Bergerak Sendiri

Ada berbagai penyebab dari touchsreen ponsel yang bergerak sendiri. Permasalahan utamanya biasanya pada kerusakan layar sehingga perlu dilakukan perbaikan penggantian.

Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri

Mengganti screen HP memang cukup mahal tapi bisa dilihat kerusakannya terlebih dahulu. Berikut 2 penyebab yang sering terjadi, di antaranya yaitu:

1. Bugs pada ROM atau Perangkat Lunak

Pengguna laptop ataupun ponsel yang berbasiskan software pasti seringkali mendengar kata bugs. Istilah ini artinya kesalahan dan kerusakan di dalam software. Kegiatan ini mampu menghambat kinerja ponsel menjadi semakin lambat.

ROM atau Read Only Memory biasanya digunakan sebagai tempat penyimpanan data. Dalam menyimpan data dibutuhkan hardware masih berfungsi dengan baik. ROM yang lebih stabil akan memudahkan kinerjanya.

2. Kerusakan Pada Layar LCD atau HP

Liquid Crystal Display (LCD) merupakan perangkat keras yang digunakan untuk melihat informasi dalam sebuah tampilan di ponsel. Kerusakan pada layar akan menyebabkan pergerakan sendiri.

Baca juga : Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak

Penyebab LCD rusak memiliki banyak faktor seperti misalnya ponsel habis jatuh atau terbentur. Percikan air yang masuk ke dalam ponsel juga bisa menyebabkan kerusakan layar. Hal ini mengakibatkan touchscreen bergerak sendiri tanpa dikomando.

Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri di Handphone

Mengetahui penyebab terjadinya kerusakan pada layar sentuh (touchscreen) harus dilakukan terlebih dahulu. Pemilik ponsel biasanya akan langsung datang kepada penyedia jasa layanan perbaikan ponsel. Sebelum itu, Anda juga bisa mencoba memperbaikinya sendiri.

Berikut di bawah ini beberapa tips simple  yang bisa Anda terapkan dalam memperbaiki touchscreen yang berjalan sendiri, di antaranya yaitu:

1. Mendinginkan Ponsel

Salah satu penyebab dari adanya kerusakan pada handphone yaitu disebabkan oleh ponsel yang overheat. Kondisi ini bukannya hanya berdampak pada touchscreen layar, tetapi juga berpengaruh pada hampir keseluruhan perangkat.

Bermain ponsel terlalu lama misalnya dengan menggunakan berbagai macam aplikasi, game menyebabkan HP panas. Utamanya bagian baterai sehingga mempengaruhi perangkat lain. Cara mengatasinya adalah dengan mendiamkan ponsel sampai menjadi dingin kembali.

2. Ganti Kabel dan Charger

Hal lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti kabel charger. Kerusakan pada kabel dan charger disebabkan oleh putusnya kabel serabut atau bagian di dalam kepala charger. Biasanya ini disebabkan karena charger sudah lama dipakai.

Baca juga : Alasan Kenapa Jaringan Indosat Lemot

Cobalah untuk mengganti kabel dan chargernya. Dengan melakukan penggantian, daya ponsel akan mudah terisi dan tidak menyebabkan touchscreen bergerak sendiri. Tidak ada solusi lain jika terjadi permasalahan di bagian ini.

3. Ganti Baterai

Baterai Lithium Ion yang digunakan saat ini memiliki masa berlaku atau lifetime guarantee. Pemakaiannya sudah melewati batas akan membuat baterai menjadi menggembung dan aus. Hal ini juga mengakibatkan layar touchscreen bergerak-gerak sendiri.

Pertanda lainnya adalah jika baterai yang di charge sudah mengalami penurunan kemampuan. Persentase pengecasan tidak naik, bahkan menurun padahal Anda baru saja mengisi daya. Hal ini juga menjadi tanda bahwa penggantian harus segera dilakukan.

4. Factory Reset

Maksudnya adalah melakukan reset keseluruhan pada ponsel. Penting untuk diketahui sebelum melakukan hal ini haruslah terlebih dahulu melakukan backup data. Jangan sampai data menghilang tanpa ada cadangannya.

Dengan melakukan factory reset, maka settingan ponsel akan kembali kepada awal, data-data yang sebelumnya juga akan hilang. Untuk melakukan kegiatan ini memang membuthkan waktu tetapi patut untuk dicoba.

5. Cek Layar dan Pelindungnya

Untuk ponsel Android yang menggunakan screen guard atau pelindung layar perlu di cek kembali efektivitasnya.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Pasang Surut Air Laut

Hal ini bisa menyebabkan touchscreen bergerak sendiri. Penyebabnya yaitu kotoran, pelindung kurang pas saat menempel, dan lain sebagainya.

Membersihkan layar ponsel secara berkala juga penting untuk dilakukan apalagi tidak menggunakan pelindung. Kotoran seperti minyak, sisa makanan, air, bisa membuat screen bergerak sendiri. Untuk itu selalu jaga kebersihannya.

6. Kalibrasi Layar

Permasalahan touchscreen bergerak sendiri bisa juga disebabkan oleh layar yang tidak terkalibrasi dengan baik. Kalibrasi disini maksudnya adalah membuat screen menjadi presisi dengan menggunakan aplikasi. Salah satunya touchscreen calibration.

Pertama, download terlebih dahulu aplikasi tersebut. Disana juga akan tersedia tombol calibrate untuk memulai kalibrasi dengan keakuratan tertentu.

Setelah muncul notifikasi calibration successfully maka bisa langsung melakukan restart untuk melihat hasilnya.

7. Gunakan Aplikasi Touchscreen Tester

Di dalam Android, kemungkinan kerusakan touchscreen karena adanya permasalahan di multitouchnya. Ponsel menjadi kurang responsif dan tanggap terhadap sentuhan. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan multitouch tester.

Aplikasi tersebut tersedia di Google Play Store dan dapat langsung diunduh secara gratis. Buka aplikasi Touchscreen Tester, lalu tempelkan lima jari apakah sudah terhitung semua atau belum. Umumnya akan terdeteksi 5-10 jari tergantung pada tipe smartphone yang digunakan.

Kesimpulan

Kerusakan pada touchscreen umumnya terjadi pada ponsel sudah berumur. Seringnya penggunaan dan juga hardware yang aus mengakibatkan rusaknya layar sentuh.

Baca juga : Cara Melihat IMEI Samsung di Android

Sehingga, Anda perlu memahami cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri agar mengetahui penyebabnya. Semoga berhasil.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.