Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Rekomendasi Aplikasi Translate Bahasa Lampung Masa Kini

2 min read

Indonesia memang memiliki keanekaragaman bahasa. Setiap daerah di Indonesia memiliki bahasanya masing-masing. Seperti contohnya bahasa lampung, jika Anda ingin berkunjung ke lampung maupun hanya sekedar belajar bahasa. Bisa gunakan aplikasi translate bahasa lampung yang ada.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Translate Bahasa Bali

Perlu Anda ketahui, Lampung merupakan salah satu provinsi yang berada di Pulau Sumatera, Indonesia. Seperti daerah lainnya, Lampung juga memiliki bahasa daerahnya sendiri yang biasa disebut Bahasa Lampung. Menurut sejarahnya, Lampung memiliki kekaerabatan dengan orang Minang.

Terlihat dari beberapa tradisi dipengaruhi oleh suku Minang. Suku asli Lampung yaitu Pepadun dan Saibatin. Bahasa lampung sendiri terdiri dari 2 dialek yaitu dialek a (api) atau dialek o (onyo), lantas Apa yang membedakan keduanya? Simak lebih lanjut di bawah ini.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Bahasa Lampung

Bahasa Lampung termasuk rumpun Austronesia dan menjadi bahasa yang banyak digunakan. Bahasa Lampung memiliki 3 ragam. Berikut informasi lengkapnya.

  • Lampung Api, atau biasa disebut dialek A. Rumpun ini banyak digunakan oleh masyarakat Lampung barat, tengah dan selatan.
  • Lampung Nyo, atau y biasa disebut dialek O. Banyak digunakan oleh masyarakat Lampung selatan dan Timur. Logat digunakan adalah Manggala.
  • Komering, atau disebut rmpun Jelama Daya. Banyak digunakan di wilayah Muara Dua dan Belitang, Ranau, Kayu Agung, Martapura Lampung Selatan.

Rekomendasi Aplikasi Translate Bahasa Lampung

Jika Anda merasa tertarik untuk belajar, atau ingin berkunjung ke Lampung. Perlu untuk mengetahui sedikit bahasanya, berjaga-jaga apabila bertemu dengan penduduk lokal yang tidak mahir Bahasa Indonesia.

Aplikasi Translate Bahasa Lampung

Anda bisa menggunakan aplikasi translet Bahasa Lampung berikut ini:

1. Kamus Bahasa Lampung Lengkap

Apa ada yang baru tahu bahwa ada aplikasi translate bahasa lampung khusus? Aplikasi ini dikembangkan oleh Developer GuruAndroid. Sudah diinstall oleh lebih dari 50 ribu pengguna di Google Store. Fitur dtampilkan cukup menarik dan simpel.

Mempermudah pemula dalam mempelajarinya. Penggunaan User Interface sederhana, membuat penggunaan juga semakin mudah.

Selain itu, tidak perlu takut memori penuh, karena aplikasi ini hanya memiliki ukuran 3,5 MB. Namun jangan salah, karena kosa kata yang tersedia sudah cukup lengkap.

2. Kamus Bahasa Lampung

Aplikasi kedua adalah Kamus Bahasa Lampung, dikembangkan oleh Developer EllStudios App. Kosa kata disediakan sudah cukup lengkap, meski dengan ukuran kecil yaitu 3,9 MB. Aplikasi satu ini menjasalah satu aplikasi favorit pengguna.

Baca juga : Aplikasi Translate Bahasa Bugis ke Indonesia

Terbukti dari banyaknya pengguna Google Play Store yang mengunduhnya tepatnya 100 ribu pengguna. Terdiri dari 2 dialek yaitu O dan A. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini pengguna tidak hanya bisa membaca tapi juga menulis aksara Lampung.

3. Kamus Bahasa Lampung by Cimolet

Aplikasi ini bisa digunakan tanpa adanya internet atau mode offline. Ini merupakan salah satu kelebihan dimilikinya. Karena tidak semua aplikasi bisa digunakan jika tidak ada internet. Selain itu, dengan adanya mode offline bisa lebih menghemat kuota menipis.

Kenggulan lain dari aplikasi ini adalah penggunaan User Interface dengan tampilan elegan dan modern. Fitur dark mode bisa digunakan melindungi mata saat digunakan pada malam hari.

4. Kamus Terjemahan Bahasa Lampung Dialek O & A

Kamus dikembangkan oleh Pelandys ini mengusung dialek A dan O. Dengan keunggulan penggunaan user interface yang sederhana dan mudah digunakan. Kosa kata tersedia di aplikasi juga sudah cukup banyak dan lengkap. Cocok untuk membantu proses belajar.

Fitur yang ditawarkan cukup lengkap, jadi selain tersedia terjemahan namun juga ada aksara, tanda baca, dan angka Bahasa Lampung. Tidak heran, dengan fitur yang lengkap ini menarik hingga 10 ribu pengguna Google Play Store.

5. Kamus Bahasa Lampung dan Terjemahan

Aplikasi selanjutnya ada kamus BahasaLampung dan Terjemahan, aplikasi ini dikembangkan oleh developer 145 STUDIO. Telah menarik minat pengguna hingga 10 ribu di Google Play Store. Aplikasi ini juga bisa digunakan tanpa adanya internet.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Kucing

Jadi Anda bisa menjalankannya meskipun tidak memiliki internet. Ukuran aplikasi juga cukup ringan hanya sekitar 4,5 MB saja.

6. Kamus Bahasa Lampung Dialek A & O

Dalam belajar Bahasa Lampung, aplikasi ini tidak bisa terlewatkan. Seperti dengan namanya, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk belajar 2 dialek sekaligus dalam satu aplikasi. Dimana masing-masing dialeknya memiliki kosa kata dan penggunaan yang bebeda.

Penampilan antar muka simpel sehingga bisa membantu pengguna dalam memahami dengan mudah. Aplikasi yang telah dikembangkan oleh Dhukiya ini sudah diinstal oleh 50 ribu pengguna di Google Play Store.

7. Kamus Bahasa Lampung Terpopuler

Aplikasi terakhir ini dikembangkan oleh developer Emod Studio dan telah dbekali oleh fitur menarik didalamnya. Bahasa yang digunakan juga terdiri dari 2 dialek, yaitu dialek A dan O. Dialek A sering digunakan oleh masyarakat Maringgai dan beberapa daerah pesisir Lampung.

Sedangkan Dialek O digunakan oleh masyarakat ulun Abung dan Menggala. Untuk ukuran aplikasi juga cukup kecil yaitu 7,5 MB.

Penutup

Keanekaragaman bahasa di Indonesia cukup banyak. Tidak sedikit pula yang ingin mempelajarinya, termasuk Bahasa Lampung.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Rusia

Dalam proses belajar, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi translate Bahasa Lampung yang telah dikembangkan oleh developer ahlinya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.