Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

5 Rekomendasi Aplikasi Pasang Surut Air Laut di Indonesia

2 min read

Pasang surut terjadi tidak menentu, tidak bisa diprediksi dengan akurat jika bukan ahlinya. Padahal informasi tersebut penting jika akan melakukan kegiatan memancing, atau berlibur bersama keluarga.

Baca juga : Rekomendasi Merek Laptop Mini yang Bagus

Oleh karena itu Anda bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi pasang surut air laut yang memang sudah diciptakan khusus. Aplikasi ini berguna untuk memberikan informasi terkait kepada masyarakat sekitar maupun pengunjung pantai.

Mengenal Aplikasi Pasang dan Surut Air Laut

Mungkin masih banyak yang baru tahu bahwa ada aplikasi khusus untuk informasi pasang surut air laut ini. Namun memang sebagai Negara kepulauan terbesar, aplikasi ini sangat bermanfaat. Sekaligus sebagai tanda teknologi semakin maju pesat.

Fenomena pasang surut sendiri memang sudah biasa terjadi dan merupakan kejadian tidak bisa dihindarkan.

Rekomendasi Aplikasi Pasang Surut Air Laut

Dengan adanya aplikasi, bisa memberikan informasi prediksi kapan dan bagaimana datangnya pasang surut. Prediksi ini berguna bagi nelayan, maupun pengunjung lokal pantai.

Rekomendasi Aplikasi Pasang Surut Air Laut

Untuk menjawab kebutuhan informasi mengenai pasang surut air laut, banyak aplikasi inovatif dikembangkan untuk memberikan informasi akurat. Berikut beberapa rekomendasi yang bisa dijadikan pilihan:

1. Info BMKG

BMKG merupakan badan meteorologi, klimatologi, dan geofisika yang memang bertugas untuk memprediksi cuaca di berbagai wilayah. Termasuk prediksi pasang surut air laut. Tidak heran jika badan ini memiliki aplikasi sendiri untuk menyampaikan informasinya.

Baca juga : Rekomendasi Software Text Editor Terbaik

Selain memberikan informasi mengenai pasang surut, aplikasi ini juga memberikan informasi tentang ketinggian gelombang air laut. Platform yang dirilis tahun 2012 ini juga dilengkapi dengan fitur siaran pers BMKG.

2. Pasang Surut Air Laut Gratis

Aplikasi kedua ada pasang surut air laut gratis dengan tampilan simpel dan user-friendly membuat banyak pengguna tertarik untuk mengunduh. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mempermudah dalam mengecek cuaca di berbagai Negara.

Selain itu, bisa juga digunakan untuk mengetahui informasi tentang bulan, ramalan cuaca dan informasi menarik lainnya. Menjadi daya pikat sendiri adalah aplikasi ini bisa digunakan meski dalam keadaan offline.

3. My Tide Times-Tide Tables, Forecasts & Tides

Aplikasi ini telah digunakan oleh ratusan ribu pengguna android atau lebih tepatnya 500 ribu pengguna dengan rating 4,5. Memiliki tampilan maps yang akurat dan dapat dibaca dengan mudah. Informasi pergerakan air laut juga bisa dibaca melalui aplikasi ini.

Mirip dengan aplikasi sebelumnya, My Tide Times juga bisa dijalankan meski dalam keadaan minim sinyal. Bagaimana, tertarik mencoba? Bisa langsung download melalui Google Play store.

4. Nautide

Memiliki ribuan pengguna dengan feedback baik didapatkan. Memberikan informasi tentang pasang surut, angina, ombak dan solunar. Beberapa informasi lainnya seperti pergerakan maritime, kecepatan dan arah angin serta lamaran cuaca yang diupdate setiap hari.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Edit Audio untuk Android

Dengan fitur menarik dan bermanfaat untuk menambah wawasan tidak salah jika mampu menarik pengguna hingga ratusan ribu.

5. Prakiraan Pasut

Aplikasi terakhir ada prakiraan pasut, bisa digunakan di smartphone android. Memiliki tampilan map dan grafik yang mudah dibaca. Selain itu, fitur yang beda adalah adanya pelabuhan dapat dilihat dari arah pergerakan lautnya.

Pengguna aplikasi ini dapat mengeksplorasi lebih jauh lagi mengenai informasi hanya dengan menggunakan prakiraan pasut. Jika tertarik mengunduh, bisa download melalui aplikasi toko tersedia.

Penyebab Pasang Surut Air Laut

Pasang surut atau Ocean Tide adalah kondisi dimana permukaan air laut naik dan turun. Kondisi ini terjadi disebabkan gaya grativitasi benda dari langit khususnya bulan dan matahari. Dengan gaya gravitasi oleh bulan dan matahari menimbulkan gelombang air laut.

Diantara gravitasi bulan dan matahari, grativitasi bulan lebih mempengaruhi karena jaraknya yang jauh lebih dekat dengan bumi Pasang atau naik terjadi karena gravitasi bulan lebih besar daripada gravitasi bumi sehingga lebih kuat dalam menarik air laut.

Sedangkan air laut yang surut atau turun terjadi karena belahan bumi lain sedang mengalami pasang. Jadi pasang surut laut bergantian antar belahan bumi. Saat terjadi bulan separuh, surut air laut juga semakin lebih banyak.

Tipe Pasang Surut

Terdapat 3 tipe pasang air laut yang dibedakan berdasarkan waktunya. Diantaranya adalah tipe harian tunggal, tipe harian ganda dan tipe campuran. Berikut informasi singkatnya.

  • Tipe harian tunggal, tipe ini terjadi apabila dalam sehari atau 24 jam terjadi satu kali pasang dan surut.
  • Tipe harian ganda, terjadi apabila dalam 24 jam terjadi 2 kali pasang dan surut. Tipe ini juga kerap kali terjadi.
  • Tipe campuran, pasang surut ini cenderung ke tipe harian tunggal dan tipe harian ganda.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah sebagai Negara kepulauan informasi mengenai pasang surut air laut ini sangat dibutuhkan.

Baca juga : Rekomendasi Perusahaan Security Terbaik

Ditandai dengan banyaknya inovasi aplikasi pasang surut air laut yang dkembangkan untuk kebutuhan masyarakat satu ini. Aplikasi pasang surut diatas bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.