3 Cara Mengatasi Modem tidak bisa Connect dengan Mudah

1 min read

Cara Mengatasi Modem tidak bisa Connect

Modulator demulator atau disingkat modem ialah perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan komputer atau laptop ke internet secara wireless (tanpa kabel). Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara mengatasi modem tidak bisa connect ke internet.

Baca juga : cara membuat ssid baru di wifi indihome ZTE F609

Selain menggunakan wifi, pengguna laptop juga dapat menggunakan perangkat modem untuk menyambungkan laptop dengan jaringan internet. Namun, terdapat beberapa alasan mengapa modem yang anda gunakan tidak connect dengan internet, simak lebih lanjut pembahasannya dibawah ini.

Cara Mengatasi Modem tidak bisa Connect

Berikut ini beberapa tips dan cara mengatasi modem tidak bisa connect dengan internet yang dapat anda lakukan dengan mudah, diantaranya yaitu:

1. Ganti kartu modem

Langkah pertama dalam mengatasi modem yang tidak dapat connect yaitu mengganti kartu GSM modem tersebut. Pastikan kartu perdana yang digunakan sudah di registrasikan.

Cara mendaftarkan kartu modem:

  • Buka situs website sesuai kartu modem anda
  • Buka navigasi bagian registrasi kartu
  • Masukan PUK modem
  • Dan masukan nomor NIK dan KK anda

2. Ganti perangkat modem

Langkah kedua yaitu dengan mengganti modem yang lama dengan yang baru. Modem yang sudah lama biasanya akan rusak dan tidak dapat digunakan dengan baik. Maka, sebaiknya segera ganti modem jika sudah tidak digunakan lagi.

3. Periksa laptop

Selain modem, penyebab modem tidak dapat tekoneksi yaitu colokan USB pada laptop sudah rusak. Jika penyebabnya adalah colokan USB yang sudah rusak sebaiknya laptop langsung di bawa ke tempat servise. Masalah tersebut sangat rumit dan tidak dapat ditangani sendiri.

4. Setting modem dengan benar

Selain modem dan colokan USB. Penyebab modem tidak terkoneksi yaitu diver mengalami kerusakan. Maka uninstall dan install kembali driver dengan langkah-langkah berikut ini:

A. Ganti APN

Setelah menguninstall driver modem maka gantilah APN yang sedang di gunakan. Berikut langkah-langkah mengganti APN :

  • Buka pengaturan modem anda.
  • Kemudian pilih setting references, lalu klik profil management.
  • Lalu atur APN dengan pengaturan APN lainnya yang disediakan kartu modem anda.

B. Disable enable driver

Setelah mengganti APN, anda juga perlu melakukan disable enable driver modem tersebut agar merefresh kembali performa modem anda. Berikut langkah-langkah menginstall ulang komponen drivernya:

  • Buka device manager melalui windows search.
  • Masuk ke bagian modems dan klik kanan nama driver sesuai dengan tipe modem anda.
  • Lalu klik disable, tunggu beberapa menit dan klik enable lagi.

Penutup

Nah, demikianlah cara mengatasi modem tidak bisa connect. Semoga penjelasan diatas tadi dapat bermanfaat dan bisa anda pahami dengan baik, cukup sekian dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *