Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Penyebab dan 7 Cara Mengatasi Kenapa Whatsapp Tidak Bisa di Install

2 min read

Penting untuk mengetahui kenapa Whatsapp tidak bisa di install. Terlebih lagi untuk orang yang menggunakan Whatsapp untuk berbagai keperluan penting seperti bisnis. Menginstal WA sudah seperti suatu keharusan di masa sekarang ini.

Baca juga : Pengertian dan Fungsi Whatsapp Business

Whatsapp menjadi populer karena menyediakan berbagai fitur yang menarik. Bisa membuat berbagai macam obrolan grup. Selain itu juga memiliki fitur status, bisa berganti foto profil, dan berbasiskan internet menjadi alasan awal orang menggunakan WA.

Penyebab Whatsapp Tidak Bisa di Instal

Pertama misalnya mengalami kode kesalahan error. Untuk aplikasi Whatsapp ada banyak kode yang menyebabkan tidak dapat terinstal dengan baik. Misalnya kode 404,11, dan masih banyak kode lainnya dengan penyelesaian berbeda.

Kedua yaitu aplikasi tidak kompatibel dengan perangkat yang digunakan. Jika Anda menggunakan ponsel dan tidak menyediakan support aplikasi WA maka aplikasi tidak dapat terinstal. Ganti ponsel dengan fitur menyediakan dukungan untuk Whatsapp.

Cara Mengatasi Kenapa Whatsapp Tidak Bisa di Install

Ketiga yaitu memori yang ada di dalam ponsel sudah penuh. Kepenuhan memori mungkin disebabkan karena ponsel sudah cukup tua. Selain itu juga aplikasi terinstal cukup banyak dan berukuran besar.

Cara Mengatasi Kenapa Whatsapp Tidak Bisa di Install di Ponsel

Kenapa Whatsapp tidak bisa di install? pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh orang yang mengalami masalah tersebut. Tenang, tadi sudah dibahas mengenai beberapa penyebab umum. Selanjutnya akan dibahas tentang cara mengatasinya.

1. Kenali Kode Error WA

Beberapa penjelasan tadi menemukan fakta bahwa di Whatsapp ada banyak kode error yang membutuhkan penyelesaian berbeda. Misalnya saja 413, 491, 505, 907, dan lain sebagainya. Biasanya setiap muncul kode error akan disertakan penyebab dan penyelesaiannya.

Ambil contoh kode error 403 yang memiliki pesan file paket tidak valid, kesalahan gagal memasang dan mengunduh. Artinya adalah Anda harus mengulangi unduhan. Penyebabnya, di dalam file atau sistem bisa saja terjadi kesalahan atau kekurangan data.

2. Menghapus Beberapa Aplikasi

Selain dari kode error yang ada, biasanya WA tidak bisa terinstal karena memori penuh menginstal berbagai macam aplikasi. Untuk itu perlu menghapus beberapa aplikasi. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan ponsel.

Baca juga : Rekomendasi Ide Usaha Makanan Kreatif Inovatif

Selanjutnya cari mode pengaturan, seringkali disebut Apps, Application, Software atau apapun yang memuat informasi aplikasi terinstal. Buka menu tersebut, scroll ke bawah untuk memilih aplikasi sudah tidak terpakai. Hapus jika memang tidak pernah digunakan lagi.

3. Cek Koneksi Internet

Hal ini paling krusial karena internet merupakan basis dari perpesanan internet seperti Whatsapp. Jika tidak ada jaringan maka aplikasi tidak dapat digunakan. Hampir keseluruhan software di App Store dan PlayStore membutuhkan koneksi untuk menjalankannya.

Untuk mengecek koneksi, pastikan dulu perangkat terhubung dengan WiFi, jika menggunakan koneksi tersebut. Alternatif lainnya adalah menggunakan paket data dari provider seluler. Pastikan memiliki paket data dan icon mobile data dihidupkan.

4. Perbaiki Tanggal di Ponsel

Masalah ini sering ditemukan pada ponsel yang tidak otomatis dan baru saja di reset. Oleh karena itu pengaturan tanggalnya menjadi kacau yaitu saat ponsel ini dibuat. Whatsapp sangat tidak mentolerir ketidaksesuaian tanggal.

Aplikasi ini sangat berhubungan erat dengan waktu hari sehingga tanggal di ponsel menjadi penting. Cara memperbaikinya dengan masuk ke menu pengaturan. Masuk ke date and time, segera ubah sesuai dengan saat ini dan hidupkan otomatis.

5. Clear Cache dan Clear Data

Selain menghapus beberapa aplikasi, seringkali ponsel yang kita gunakan secara terus menerus menumpuk data cachenya. Data adalah sesuatu dapat diakses dan menimbulkan penumpukan di memori. Begitu juga dengan cache.

Baca juga : Cara Membuka Aplikasi yang Terkunci di Android

Pemilik ponsel sebaiknya rajin menghapus hal ini agar kinerja ponsel tetap maksimal. Caranya dengan masuk ke menu settings lanjut buka di apps. Klik di masing-masing aplikasi dan akan menampilkan data juga cache yang menggunakan memori.

6. Download Aplikasi Lewat Situs Resmi

Jika Play Store error, maka Anda dapat mengunduh aplikasi Whatsapp melalui situs resminya. Kunjungi laman www.whatsapp.com/download/. Disini akan tersedia berbagai aplikasi WA baik untuk PC, mobile atau ponsel, WA Web, dan lain sebagainya.

Aplikasi yang diunduh pasti terjamin keaslian dan keberhasilan instalasi mumpuni. Akan tetapi tetap saja perlu mengecek kembali ketersediaan memori, koneksi, termasuk faktor lainnya. Disini juga tersedia berbagai macam informasi seputar WA.

7. Menggunakan Toko Aplikasi Lain

Selain PlayStore yang dimiliki oleh Google atau App Store khusus untuk produk Apple, ada beberapa toko aplikasi menjual berbagai fitur menarik. Misalnya saja ApkMirror, ApkPure, Aptoide, dan masih banyak aplikasi lainnya.

Toko ini juga menjual berbagai macam aplikasi salah satunya adalah Whatsapp. Meskipun begitu, sebaiknya cara ini dihindari karena biasanya aplikasi yang dijual belum dapat dipastikan keasliannya. Jangan sampai ketika dioperasikan mengalami error.

Itulah beberapa penyebab cara mengatasi kenapa Whatsapp tidak bisa di install. Pertama sebaiknya kenali penyebab juga masalah dari kendala penginstalan WA. Jika sudah tahu penyebabnya maka akan lebih mudah untuk mengatasi dan menanggulanginya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

One Reply to “Penyebab dan 7 Cara Mengatasi Kenapa Whatsapp Tidak Bisa…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.