Iqbal Maulana Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

4 Tips Cara Mengatasi Facebook Lite Tidak Bisa Dibuka

3 min read

Facebook Lite menjadi solusi terbaik smartphone dengan spek rendah dan kapasitas minim. Namun aplikasi tersebut tidak selalu bekerja optimal dan kadang sulit terbuka. Sehingga Anda perlu mengetahui cara mengatasi Facebook Lite tidak bisa dibuka di smartphone.

Baca juga: Contoh Kata-kata Jualan Online di Facebook Terbaru

Terdapat beberapa langkah untuk mengatasi kondisi tersebut sesuai dengan situasi smartphone yang Anda gunakan.

Di artikel ini akan menjelaskan secara detail terkait cara membuka aplikasi Facebook Lite dengan mudah dan cepat. Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti panduan ini mulai dari langkah termudah.

Cara Mengatasi Facebook Lite Tidak Bisa Dibuka

Aplikasi Facebook Lite yang tidak bisa dibuka pada berbagai tipe smartphone dapat terjadi akibat beberapa kondisi berbeda. Mengetahui potensi penyebabnya dapat membantu Anda menemukan solusi yang efisien untuk mengatasi kondisi tersebut.

Cara Mengatasi Facebook Lite Tidak Bisa Dibuka

Selain itu, Anda juga dapat mulai analisa dari hal-hal yang lebih mudah untuk Anda lakukan terlebih dulu. Serta memiliki alternatif solusi apabila sebuah cara tidak bekerja untuk mengatasi Facebook Lite tidak bisa terbuka. Adapun langkah-langkah berikut dapat Anda tempuh untuk mengatasinya:

1. Update Aplikasi

Facebook Lite tidak bisa dibuka dapat disebabkan oleh pemakaian versi aplikasi lawas. Hal tersebut menyebabkan aplikasi sudah tidak lagi berfungsi secara optimal pada perangkat.

Oleh karena itu, Anda bisa melakukan update terlebih dahulu aplikasi tersebut dari Google Play. Adapun beberapa langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi ‘Play Store’;
  • Temukan aplikasi ‘Facebook Lite’ di dalamnya;
  • Buka detail aplikasi ‘Facebook Lite’;
  • Tekan tombol ‘Update’ atau ‘Perbarui’; dan
  • Tunggu beberapa saat.

Setelah melakukan proses tersebut, Anda bisa kembali menuju ke aplikasi Facebook Lite. Beberapa versi update terkadang akan meminta kembali Anda untuk melakukan proses login.

Apabila kendala bersumber dari versi aplikasi yang tidak update, maka langkah di atas dapat menjadi solusi singkat dan Facebook Lite dapat kembali Anda gunakan setelahnya.

Anda juga bisa mengaktifkan fitur pembaruan otomatis yang tersedia di layanan Google Play. Hal tersebut bertujuan agar Anda tidak perlu melakukan proses tersebut berulang-ulang secara manual. Fitur tersebut tersedia di seluruh Android dan dapat Anda akses di bagian pengaturan aplikasi.

2. Facebook Lite Error Akibat Memori Internal Penuh

Seluruh aplikasi, termasuk Facebook Lite akan sulit berjalan sempurna apabila memori perangkat Anda dalam kondisi terlalu penuh.

Umumnya smartphone akan memberi informasi berupa pesan atau notifikasi apabila hal tersebut terjadi. Beberapa tipe smartphone bahkan merekomendasikan menghapus data yang tidak terlalu sering Anda akses.

Untuk memastikannya, Anda dapat menuju ke aplikasi pengelola data atau ‘File Manager’ di smartphone. Lalu periksa ruang kosong yang tersedia di perangkat Anda.

Apabila kapasitas penggunaan memori penyimpanan telah mendekati 90% dari total ruang, maka Anda perlu mengosongkan ruang penyimpanan smartphone.

Anda dapat menghapus data-data yang sudah tidak terlalu sering Anda gunakan. Beberapa versi smartphone akan merekomendasikan data tersebut berdasarkan tanggal penggunaan.

Baca juga : Jenis-jenis Iklan Online Masa Kini yang Perlu Diketahui

Selain itu, beberapa aplikasi yang Anda uninstall juga terkadang meninggalkan data yang tidak Anda perlukan. Untuk memaksimalkan ruang, Anda juga dapat menghapus data tersebut secara manual.

Anda juga bisa menghapus aplikasi ketika memori smartphone sudah penuh. Terdapat juga opsi agar Anda mengosongkan data aplikasi untuk mengurangi kapasitasnya. Hal ini bisa Anda terapkan pada aplikasi minor ataupun game yang tidak terlalu penting.

Tidak hanya pada Facebook Lite, ruang penyimpanan yang terlalu padat juga akan menghambat kinerja perangkat dan membuat aplikasi lain tidak dapat berjalan maksimal. Untuk mencadangkan data, Anda bisa memanfaatkan layanan cloud storage seperti Google Drive.

Terdapat kapasitas yang cukup besar untuk menyimpan data pada layanan-layanan sejenis dan dapat Anda akses kapan saja selama terhubung dengan internet.

Selain itu, layanan serupa juga umumnya dapat Anda gunakan secara gratis hanya dengan memiliki akun di platform yang tersedia.

3. Koneksi Internet Lambat

Koneksi internet kerap menjadi masalah Facebook Lite tidak bisa dibuka di smartphone. Umumnya aplikasi akan terus loading dan software tidak kunjung menampilkan halaman Facebook. Apabila hal ini terjadi, tentu langkah pertama adalah memeriksa koneksi internet Anda.

Ketika penyebab utama adalah koneksi internet, maka Anda akan perlu mencari jaringan di tempat yang stabil. Anda bisa beralih tempat untuk mendapatkan koneksi internet yang stabil atau menggunakan jaringan wifi.

4. Smartphone Terserang Virus

Malware dan virus juga menjadi penghambat aplikasi Facebook Lite tidak bisa dibuka. Kondisi tersebut dapat terjadi pada smartphone Anda, khususnya pada spesifikasi rendah dan versi OS lawas. Untuk itu, Anda bisa melakukan scan untuk menghindari virus ini menyebar ke seluruh aplikasi.

Program malware dan virus pada smartphone dapat berasal dari aplikasi dan sumber yang bervariasi. Hindari penggunaan aplikasi bot, mod, dan tools ilegal pada perangkat Anda.

Selain dapat menyebabkan kerusakan, program-program tersebut juga dapat membahayakan data pribadi Anda. Pastikan Anda hanya memasang aplikasi dari sumber-sumber legal dan terpercaya.

Dalam kondisi tersebut, Anda bisa uninstall aplikasi Facebook Lite ataupun aplikasi lain yang terlihat mencurigakan terlebih dahulu.

Setelah beberapa saat, Anda bisa menginstal kembali aplikasi Facebook Lite di smartphone. Pastikan juga Anda mengetahui setiap ulasan dan detail aplikasi yang terpasang di perangkat.

Penutup

Demikian ulasan cara mengatasi Facebook Lite yang tidak berjalan. Terdapat beberapa cara untuk mengatasinya. Cara tersebut bekerja sesuai dengan sumber kendala utama. Sehingga memahami sumber kendala menjadi hal yang lebih penting sebelum melakukan langkah penganganan.

Anda bisa mengatasi Facebook Lite sulit terbuka dengan langkah update aplikasi atau mengosongkan memori jika sudah terlalu penuh.

Baca juga : 8 Rekomendasi Situs Free Proxy Gratis yang Bisa Digunakan

Selain itu, memeriksa kondisi jaringan internet dan bersikap waspada pada potensi virus menjadi langkah ideal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Manfaatkan fitur File Manager untuk mengelola data dan memaksimalkan ruang dalam perangkat. Hapus juga data dan aplikasi yang tidak terlalu penting untuk meringankan performa smartphone Anda.

Iqbal Maulana Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.