5 Tips Cara Memindahkan Data Fingerprint ke Komputer
Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Tips Cara Memindahkan Data Fingerprint ke Komputer

2 min read

Cara Memindahkan Data Fingerprint ke Komputer

Mesin fingerprint adalah mesin absensi yang memanfaatkan pola sidik jari manusia. Salah satu cara memindahkan data fingerprint ke komputer dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi. Pemindahan data ini dilakukan agar supaya data pada mesin bisa dibaca pada komputer.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan DHCP server

Kelebihan memindah data pada mesin fingerprint menggunakan aplikasi yaitu pengguna tidak perlu bolak-balik mengatur mesin fingerprint.

Aplikasi ini juga bisa mengambil data otomatis secara berkala ketika sudah diaktifkan. Tentu, pengguna tidak perlu mendatangi mesin satu persatu jika ingin mengambil datanya, cukup dengan memanfaatkan aplikasi tersebut.

Cara Memindahkan Data Fingerprint ke Komputer

Berikut dibawah ini beberapa langkah yang dapat Anda terapkan dalam memindahkan data yang ada di fingerprint ke perangkat komputer, diantaranya yaitu:

1. Install Aplikasi Attendance Management

Aplikasi Attendance Management adalah aplikasi yang digunakan untuk menghubungkan mesin fingerprint dengan komputer tanpa bantuan kabel atau alat yang lain.

Pengontrolan dan setting mesin fingerprint dapat menggunakan aplikasi ini. Segala input ataupun output yang terjadi di mesin dapat teramati langsung tanpa harus melihat mesin fingerprint secara langsung.

Software aplikasi ini biasanya sudah berada di CD bersamaan dengan pembelian mesin Fingerprint. Pengguna juga bisa mendownloadnya jika mesin tidak menyertakan CD di dalam kemasannya.

Instal aplikasi tersebut di komputer dengan cara memasukkan CD atau download terlebih dahulu dari Internet. Buka aplikasi kemudian koneksikan dengan alat yang dimiliki.

2. Setting IP Address Mesin

Perlu Anda ketahui Internet Protocol Address adalah kumpulan angka yang di setting pada perangkat dan terhubung dengan jaringan komputer dengan menggunakan Internet.

Baca juga : pengertian dan fungsi network tools

Cara memindahkan data fingerprint ke komputer dengan memanfaatkan IP Address. Setting IP Address memudahkan pengguna yang ingin menghubungkan aplikasi yang berada di komputer dengan mesin.

Cara setting IP Address mesin dapat dilakukan dengan menekan tombol menu atau ok pada mesin untuk masuk ke menu utama. Pilih menu Comm dan ketikkan alamat IP yang diinginkan kemudian tekan OK. Pastikan DHCP dalam keadaan Off agar setting IP tidak berubah.

3. Hubungkan dengan Komputer

Komputer yang sudah memiliki aplikasi Attendance Management dapat langsung dihubungkan dengan mesin menggunakan IP Address yang sudah dibuat.

Tujuan dari menghubungkan komputer dengan mesin yaitu agar mesin mudah mengambil data dari mesin tanpa harus mendatangi mesin yang pastinya letaknya berjauhan. Pengaturan mesin juga bisa dilakukan jika komputer sudah terhubung.

Buka aplikasi yang sudah di Install pada komputer kemudian setting IP address pada komputer. Pastikan IP Address yang dimasukkan sama dengan IP Address mesin. Atur agar Aplikasi dapat mengambil data otomatis secara berkala pada waktu-waktu yang telah ditentukan.

4. Unduh Data dari Mesin

Pengunduhan data dilakukan agar data yang ada di mesin bisa dipindah ke komputer melalui aplikasi tersebut. Data yang bisa diunduh kemudian bisa dibaca bahkan dicetak. Aplikasi biasanya membutuhkan penerjemahan data terlebih dahulu untuk memudahkan pengguna dalam membaca data tersebut.

Baca juga : cara mengatasi komputer lemot windows 7

Cara mengunduh data yang ada pada mesin dengan mengklik download user info and FB, kemudian pilih all user. Pilih User in device untuk melihat data sidik jari yang sudah dipindai. Klik download jika data sidik jari belum juga terlihat.

5. Import Data

Pemindahan data di komputer dilakukan setelah data yang ada di mesin sudah di download melalui aplikasi. Pemindahan ini dilakukan agar data berpindah dari aplikasi ke komputer. Pengguna juga bisa memfilter data yang diambil berdasarkan tanggal dan waktu.

Cara memindah data ke komputer yaitu dengan mengklik menu data dan pilih pengaturan USB. Pilih self service reader kemudian tekan import data user. Terakhir pilih import from U disk agar data yang diinginkan pindah ke komputer.

Mesin fingerprint memang sudah umum digunakan sebagai alat absensi di Indonesia. Ada beberapa merk mesin fingerprint memiliki cara memindahkan data fingerprint ke komputer yang berbeda. Pengguna hanya perlu membaca dengan teliti buku panduan yang disertakan dalam kemasan mesin. Semoga berhasil.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *