Network Tools: Pengertian, Fungsi dan Macam Toolsnya

3 min read

Apa itu network tools

Kebanyakan beberapa istilah di dalam network tools terdengar rumit bagi kebanyakan orang. Sayangnya hal ini perlu diketahui terutama jika Anda ingin bergelut di dalam dunia jaringan. Hal ini untuk mengatasi berbagai macam masalah dan gangguan seperti terputusnya koneksi internet.

Pengertian Software Network Tools

Network sendiri mempunyai arti berupa jaringan yang dibentuk oleh beberapa perangkat komputer sekaligus. Sementara tools adalah peralatan dan software yang bermakna perangkat lunak, dimana tidak bisa dilihat secara fisik namun hanya bisa dimengerti melalui bahasa pemrograman.

Baca juga : pengertian internet gateway, fungsi dan cara kerjanya

Sebuah jaringan tentu terdiri dari banyak rangkaian perangkat keras ataupun lunak. Keduanya akan menciptakan sebuah sistem yang bisa menghubungkan PC satu dengan lainnya sehingga mampu membagikan data antar pengguna.

Fungsi Network Tools

Network tools ini bisa dikatakan sebagai pengontrol dalam kualitas jaringan yang sudah dibuat. Beberapa fungsi pembuatannya adalah memantau segala aktivitas komputer, melihat konektivitas dari suatu perangkat dengan lainnya serta memeriksa data atau file transfer, dikirim dan lainnya.

Macam Tools Analytical Network

Salah satu jenis network tools yang digunakan untuk analisis jaringan adalah Analytical Network Tools. Anda akan beranggapan bahwa seluruh koneksi perlu dianalisis sebab semuanya berjalan secara real time dan dinamis. Sifat ini membuat adanya kemungkinan kesalahan selama penggunaan.

1. TCPDUMP

Tools ini berfungsi untuk melakukan analisa jaringan. Caranya yaitu menerapkan prinsip kerja berupa dumping paket sesuai dengan namanya. Selama proses penggunaan akan melakukan capture pada semua transportasi data yang sedang dijalankan sampai membaca informasi sebuah pengiriman.

Kegunaan dari tools ini adalah melakukan troubleshooting apabila terjadi masalah jaringan pada jalur TCP. Beberapa orang yang masih belum familiar dengan sistem data menggunakan basis teks maka akan kebingungan ketika menggunakan TCPDUMP ini karena memiliki tampilan tersebut.

2. Wireshark

Wireshark merupakan aplikasi yang dibuat dengan menggunakan basis GUI. Tools ini memiliki fungsi untuk menjalankan sebuah analisa suatu kinerja jaringan ketika sedang dibentuk. Sistem di dalamnya pun juga bisa melakukan analisis terkait trafik.

Konsep kerja dari analisa yang dilakukan Wireshark sebenarnya menggunakan metode sniffing dimana akan menerapkan sistem penyadapan seperti jaringan pada umumnya. Hal ini seharusnya tidak membuat orang-orang menggunakan tools ini untuk kepentingan buruk meskipun dapat menyadap.

3. ManageEngine Opmanager

Tools ini bisa digunakan untuk memantau dan melakukan analisa dari perangkat lunak. Manageengine Opmanager dapat menjadi pilihan terbaik jika Anda membutuhkan fitur pemantauan dan analisis bagi sebuah jaringan.

Keunikan dari tools satu ini adalah menghadirkan tampilan yang sudah mengalami konfigurasi sehingga memberikan pengalaman canggih bagi penggunanya. Hasil analisa dari ManageEngine Opmanager adalah parameter pemantauan dalam satuan persentase.

Macam Tools Network Scanning

Network Scanning Tools merupakan salah satu jenis aplikasi yang berfungsi untuk membaca, menulis sekaligus memindai dari jalannya sebuah jaringan. Perangkat lunak ini juga menjadi pilihan bagi banyak orang ketika mereka hendak melakukan pemindaian meskipun dilakukan ke data dalam jumlah yang cukup banyak.

1. Superscan

Superscan merupakan aplikasi yang berguna untuk melakukan pemindaian jaringan dengan basis TCP Port. Keunggulannya sendiri yaitu terletak pada teknik berupa multithread synchronization, alhasil mampu menampilkan kinerja dan performa cukup cepat dalam menyelesaikan hasil scanning.

Sayangnya banyak hacker menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkan informasi dari pengguna yang dituju. Sebenarnya cara kerjanya memang cukup sulit, karena harus menggunakan sistem operasi tertentu seperti Windows di atas 2000.

2. Netcat

Sementara Netcat ini memang dirancang khusus untuk melakukan pembacaan dan penulisan data yang sedang dilakukan pemantauan. Aplikasi ini juga memang dikembangkan dalam mengoptimalkan teknologi back end. Tools ini sering disebut sebagai TCP/ IP Swiss Army Knife oleh para hacker.

Beberapa fitur unggulannya yaitu bisa membangun koneksi berupa outbound dan inbound dengan menggunakan UDP atau TCP dari port mana saja serta dapat membaca argument di command line. Menariknya tools ini mampu menggunakan any local source port dan any locally configured.

Macam Tools Network Traffic Monitoring

Berbeda dengan fungsi sebelumnya, Network Traffic Monitoring ini berguna untuk memantau dan mengukur trafik dari sebuah jaringan yang sedang beroperasi. Nantinya akan keluar hasil berupa data statistik bagi setiap pengguna. Adapun beberapa tools-nya adalah sebagai berikut:

1. MRTG (Multi Router Traffic Grapher)

MRTG ini berfungsi menampilkan data beban pada trafik dari sebuah jaringan yang sedang dipantau. Statistik juga akan dicek dalam beberapa periode tertentu seperti harian, mingguan, bulanan sampai tahunan. Harapannya agar benar-benar mengetahui kualitasnya selama penggunaan.

MRTG ini merupakan sebuah software yang berbasis web. Anda bisa menggunakannya dengan mengunjungi website resminya. Hasilnya akan ditampilkan berupa grafik sebagai gambaran lalu lintas data dalam periode tertentu sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

2. NTOP

Sementara NTOP adalah perangkat lunak performer dari data trafik jaringan yang akan dipantau. Banyak orang mengakui bahwa software ini mampu menampilkan hasilnya secara lebih akurat, karena tidak akan mengalami gangguan seperti bug selama proses pengukuran.

NTOP pun juga diklaim menjadi tool paling handal yang bersifat open source. Tidak hanya itu saja, perangkat lunak ini dianggap lebih tenang ketika menyajikan tampilan dan relatif nyaman dilihat sebab tanpa menampilkan opsi dan fitur rumit. Software ini berbasis web dengan situs resminya www.ntop.org

3. Axence NetTools

Tools ini merupakan salah satu perangkat lunak yang berfungsi untuk mengukur performa jaringan dalam waktu cepat. Tidak hanya itu saja, Axence NetTools juga dibekali dengan fitur dengan fungsi menemukan persoalan di dalam sebuah perangkat tersebut.

Axence NetTools semakin unik karena mempunyai tampilan muka yang sederhana sehingga memudahkan penggunanya untuk mengoperasikannya. Hal ini cukup berbeda dengan tools network lainnya dimana kebanyakan masih menggunakan user interface lebih rumit dan sulit dimengerti.

Daftar Software Network Tools

Beberapa ulasan dari tools jaringan di atas nyatanya hanya sebagian contoh kecil saja. Ternyata masih banyak software lainnya yang dapat Anda gunakan untuk melakukan monitoring terhadap network sehingga keamanan dari LAN atau Local Area Network lebih terjamin.

Beberapa contohnya ialah layanan email seeker, Net Sender, Time Sync, Ping, Port Scanner, Port Listener, IP Calculator, IP Converter, IP Address Scanner, Online-Offline Checker, Advanced Spoofer, Advanced Port Scanner, Hack Trapper, Spoofer, Net Pager, Email Bomber, Email Spoofer, X Finger.

Tidak berhenti disitu saja, Anda juga bisa mencoba beberapa software lainnya, diantaranya seperti berikut ini: API Spy, MX Query, Fake Mail Sender, Advanced System Information, Advanced System Locker, CPU Monitor, DHCP Restart, Process Checker, Bouncer, Force Reboot, Web Server Scanner dan lain sebagainya.

Penutup

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai network tools, anda bisa mencoba banyak sekali perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memantau kinerja dari setiap jaringan mulai dari analisa hingga perhitungan trafiknya. Semoga penjelasan diatas tadi dapat lebih berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, sekian dari saya dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *