Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

7 Tips Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi dengan Efektif

2 min read

Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi

Ketika berkunjung ke suatu link, pasti pernah menemukan tampilan notifikasi yang muncul bahwa situs yang dibuka telah diblokir. Lantas bagaimana cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi? simak lebih lanjut dalam artikel ini.

Baca Juga : Cara Cek Kesehatan Harddisk Laptop Windows

Perlu Anda ketahui, umumnya ada beragam faktor mengapa situs yang Anda akses tidak dapat diakses atau dibuka dengan normal. Salah satunya yaitu untuk karena isi konten dalam situs tersebut cukup sensitif atau tidak layak untuk dibuka oleh publik.

Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi

Berikut di bawah ini beberapa metode simple yang bisa Anda terapkan dengan efektif dalam mengakses website yang terblokir, di antaranya yaitu:

1. Menggunakan DNS Khusus

Ada istilah khusus yang dapat dilakukan jika ingin membuka situs yang terblokir, yaitu bernama DNS Hack. Situs yang diblokir dapat dibuka dengan mengganti server ke DNS khusus sehingga pemblokiran dapat ditembus. Google DNS atau Open DNS menjadi jembatan dalam akses internet pada server ini.

Terdapat layanan yang berfungsi untuk layanan DNS tercepat, layanan ini disebut DNS Cloudflare. Layanan DNS ini juga sering digunakan dalam permasalahan yang sama karena privasi adalah fokus utama. Layanan ini juga dapat tersedia di Android dan iOS.

2. Menggunakan Website Proxy

Cara selanjutnya adalah pemakaian link proxy. Link ini merupakan alamat situs khusus yang membantu supaya alamat IP dapat tersembunyi dan membuka situs yang telah dibatasi. Biasanya pembatasan ini dilakukan di lingkungan kerja supaya dapat bekerja lebih fokus tanpa membuka streaming video, misalnya.

Baca Juga : Inilah 5 Tips Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

Ada banyak situs web proxy yang dapat menyembunyikan situs yang diblokir. Oleh karena itu, lebih besar kemungkinannya jika pengguna dapat mengakses situs web tersebut.

Tapi yang perlu diperhatikan adalah tidak selamanya membuka pembatasan situs ini seaman cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi sebelumnya. Maka pastikan untuk menggunakan cara aman terlebih dahulu.

3. Membuka Situs melalui Alamat IP

Setiap URL di situs web pasti memiliki alamat IP, sedangkan alamat IP tidak akan disimpan jika situs diblokir. Namun karena hal tersebut, pembukaan akses dapat dilakukan pada halaman web yang dibatasi di browser pengguna.

Pada komputer Windows, alamat IP ini dapat ditemukan di command prompt dengan mengetik tracert websitename.com. Pada Mac, alamat IP pada situs web dapat ditemukan melalui Utilitas Jaringan. Setelahnya, pilih opsi Traceroute pada bagian atas lalu tekan Enter.

Pada sistem iPhone dan Android dapat ditemukan di App atau Play Store dengan opsi yang sama. Sedangkan untuk sistem operasi Linux, mirip seperti Windows, yaitu dengan mengetik dig websitename.com di Terminal.

4. Pemakaian Browser TOR

Cara selanjutnya yang jarang digunakan adalah dengan pemakaian TOR. Cara ini paling ampuh dalam membuka blokir sebuah link. TOR juga bisa disebut sebagai akses atau jalan ke link web gelap, atau link .onion, yang dibatasi di web biasa.

Disamping caranya yang cepat dalam memblokir situs web, pengguna juga dapat menggunakan metode cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi ini secara aman.

TOR dan VPN dapat dikombinasikan supaya keamanan perangkat pengguna lebih terjaga. Contohnya seperti penggunaan NordVPN dan ExpressVPN yang saat ini telah menyediakan teknologi lapisan perlindungan ekstra seperti Onion Over VPN.

5. Mengganti Jaringan Internet yang Digunakan

IP dinamis dapat terus berubah seiring waktu. Oleh karena itu, kemungkinan yang terjadi adalah pemilik situs web telah memblokir IP khusus pengguna lebih dulu. Pengguna dapat membuka akses situs yang telah dibatasi dengan me-restart router Wi-Fi supaya alamat IP lainnya bisa didapatkan.

Baca Juga : 5 Efek Samping Upgrade RAM Laptop yang Perlu Diketahui

Cara sederhana lainnya untuk melewati batasan situs adalah dengan menggunakan jaringan ponsel pribadi. Hal ini dilakukan jika admin jaringan yang Anda gunakan telah membatasi beberapa layanan internet. Cara ini dapat menjadi pilihan jalan lain yang mudah untuk membuka akses situs yang terbatas.

6. Mengubah Jaringan Proxy di Browser

Jika proxy yang dimiliki lebih dari satu jaringan, ada kemungkinan satu proxy dapat diakses meskipun beberapa di antaranya dibatasi. Oleh karena itu, pengguna dapat mematikan pengaturan proxy jaringan di browser web. Caranya, pilih opsi koneksi atau di pengaturan browser web.

Dari pilihan tersebut, pilih menu tanpa proxy atau menggunakan opsi lain pada pengaturan browser. Pastikan jika pilihan lain yang dipilih menawarkan penelusuran situs tak terbatas. Cara ini bisa digunakan pada pengaturan browser manapun.

7. Buka Arsip Internet Melalui Wayback Machine

Mesin ini memiliki layanan menarik, yaitu salinan link web yang ada di internet hamper seluruhnya dapat disimpan. Selain itu, mesin Wayback dapat tersimpan pada berbagai versi link web. Link yang tersimpan ini bisa pengguna gunakan untuk mengakses kembali link web sebelumnya.

Selain itu, dengan mesin ini, pengguna dapat membuka pembatasan link web secara online. Oleh karena itu, ketika beberapa layanan atau link web mati, mesin ini bisa membantu mengarsipkan link tersebut.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai tujuh cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi. Melalui tujuh cara di atas, penggunaan VPN dan link proxy menjadi yang paling sering digunakan. Selain itu, cara di atas juga dapat membantu pengguna terhindar dari sensor yang dipasang pada situs terbatas.

Baca Juga : Penyebab Laptop Tidak Mau Menyala yang Sering Terjadi

Akhir kata, demikianlah pembahasan sederhana seputar cara mengakses situs terblokir dengan cepat tanpa aplikasi. Semoga pembahasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua, see you next time.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.