Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

9 Penyebab Laptop Tidak Mau Menyala dan Cara Mengatasinya

2 min read

Penyebab Laptop Tidak Mau Menyala

Beberapa penyebab laptop tidak mau menyala biasanya ditimbulkan karena adanya gangguan yang terjadi pada mesin laptop. Ketika laptop mengalami hal demikian, tidak perlu merasa harus membeli laptop baru. Karena laptop yang tidak mau menyala bukan indikator bahwa keseluruhan komponen telah rusak.

Baca Juga : 5 Tips Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop

Biasanya ketika mengalami permasalahan laptop tidak mau menyala, pemilik akan langsung membawa ke tempat servis laptop. Memang hal tersebut tidak salah, namun tidak ada salahnya untuk memperbaiki laptop terlebih dahulu.  Berikut merupakan penyebab mengapa laptop tidak mau menyala beserta cara memperbaikinya:

Penyebab Laptop Tidak Mau Menyala

Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab laptop tidak mau menyala. Bisa jadi penyebabnya dikarenakan kesalahan kecil yang dilakukan. Adapun penyebab tersebut timbul karena:

1. Baterai yang Bermasalah

Penyebab pertama yaitu berasal dari baterai laptop. Seperti yang diketahui bahwa baterai laptop merupakan satu-satunya energi yang dimiliki agar laptop bisa menyala. Apabila baterai pada laptop habis, maka pemilik laptop akan segera menghubungkan laptop dengan charger agar laptop tetap menyala.

Pada kejadian baterai laptop yang habis total, biasanya laptop tetap tidak akan menyala secara langsung. Dibutuhkan beberapa waktu agar laptop bisa menyala. Hal ini dikarenakan daya baterai yang telah disimpan sudah terkuras habis. Apabila dalam beberapa waktu laptop masih tidak mau menyala, berarti terdapat masalah pada baterai maupun charger penghubung.

2. Prosesor Laptop Bermasalah

Prosesor pada laptop merupakan komponen inti yang terletak pada bagian dalam laptop. Apabila terdapat kerusakan pada prosesor laptop, maka laptop tidak akan mau menyala. Kerusakan pada prosesor menyebabkan kontrol yang hilang pada beberapa perintah, salah satunya ketika menyalakan laptop.

Baca Juga : 5 Tips Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dengan Mudah

Tidak hanya itu, penyebab lain terjadinya prosesor rusak karena adanya overheat. Beberapa faktor yang menyebabkan overheat yaitu pasta prosesor yang kering, bagian kipas laptop kotor dan sebagainya.

3. Adanya Masalah Pada Adaptor

Penyebab laptop tidak mau menyala selanjutnya dikarenakan bagian adaptor yang bermasalah. Adaptor merupakan suatu rangkaian listrik yang digunakan untuk mengubah tegangan arus listrik menjadi searah.

Apabila terjadi suatu masalah pada bagian adaptor, biasanya beberapa jenis laptop secara otomatis bisa mendeteksi sendiri. Misalnya, arus listrik yang tidak stabil. Secara otomatis charger laptop akan mati dengan sendirinya apabila kejadian tersebut memang terjadi.

4. Permasalahan Pada RAM

Permasalahan selanjutnya yaitu kondisi yang dialami RAM pada laptop. RAM memiliki fungsi untuk menyimpan data secara sementara terhadap software yang sedang dijalankan. Ketika lampu indikator, kipas dan mesin pada laptop bisa menyala namun layar laptop tetap mati, maka pemilik perlu curiga.

Ciri-ciri tersebut bisa dijadikan suatu tanda bahwa terdapat hal yang tidak beres pada RAM laptop. Hal tersebut dikarenakan adanya kegagalan dalam memproses pengolahan data pada laptop. Sehingga laptop menjadi blank dan tidak menampilkan apapun pada layarnya.

5. Permasalahan Mainboard

Memiliki peran yang sama seperti prosesor, mainboard memiliki fungsi sebagai papan peletakan RAM dan komponen lainnya. Penyebab mainboard rusak biasanya dikarenakan prosesor yang panas. Selain itu, bagian IC yang rusak dan terbakar juga menjadi salah satu penyebabnya.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Komputer bagi Pengguna

Oleh sebab itu dalam mengatasi permasalahan ini Anda bisa mengecek terlebih dahulu mesin laptop tersebut, saran saya bawalah ke tempat servis komputer atau laptop terdekat dan mintalah untuk mengecek mesin laptop tersebut.

6. Komponen Pada Power yang Bermasalah

Hal lain penyebab laptop tidak bisa menyala yaitu komponen power laptop yang bermasalah. Kejadian ini biasanya ditandai dengan matinya lampu indikator, namun adaptor masih tetap menyala dengan normal. Hal ini bisa terjadi karena soket yang sedikit longgar pada bagian DC laptop.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala

Ketika laptop mengalami kerusakan, jangan langsung mendatangi servis laptop. Lakukan beberapa hal berikut untuk mengatasi laptop tidak mau menyala:

1. Periksa Baterai

Hal pertama yang bisa dilakukan ketika laptop tidak mau menyala yaitu memeriksa baterai pada laptop. Pemilik laptop bisa melakukan ini:

  • Lepas baterai pada laptop apabila bisa dilepaskan.
  • Lalu colokkan charger laptop pada steker.
  • Pastikan steker dapat berfungsi dengan baik.
  • Apabila laptop bisa menyala, maka permasalahan tersebut disebabkan oleh baterai laptop.

2. Lakukan Reset Pada Baterai

Cara ini bisa dicoba untuk memastikan terjadinya eror atau tidak pada baterai laptop. Dengan menggunakan cara ini, pemilik laptop tidak perlu membeli baterai baru. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Lepaskan baterai pada laptop, jangan lupa untuk mencabut charger.
  • Selanjutnya tahan dan tekan tombol power selama kurang lebih 30 detik.
  • Apabila sudah, lepaskan tekanan tersebut.
  • Pasang baterai laptop kembali, kemudian sambungkan charger seperti biasanya.

3. Bersihkan RAM Laptop

Cara ini dapat dilakukan dengan mudah. Asalkan pemilik laptop mengetahui bagaimana cara membongkar dan memasang komponen dalam laptop. Untuk membersihkan RAM, pemilik cukup menorehkan penghapus pada bagian RAM laptop pada bagian kuningan.

Kesimpulan

Penyebab laptop tidak mau menyala memang bisa terjadi karena beberapa faktor. Ketika laptop sedang mengalami masalah, coba untuk memperbaikinya terlebih dahulu sebelum dibawa ke tukang servis. Apabila ketiga cara diatas belum berhasil, maka baru bawa laptop pada tempat servis.

Baca Juga : Cara Berhenti Berlangganan Indihome

Akhir kata, demikianlah informasi singkat yang dapat saya bagikan seputar penyebab laptop tidak bisa hidup dengan normal, saya harap pembahasan ini dapat berguna bagi Anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di pembahasan selanjutnya, see you next time.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.