Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

5 Tips Cara Cek Nomor Indosat yang Sedang Digunakan

2 min read

Cara Cek Nomor Indosat

Indosat merupakan salah satu operator seluler yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone di Indonesia. Selain sinarnya stabil, Indosat juga sering memberikan promo menarik kepada para pelanggannya. Jika lupa nomor sendiri, bagaimana cara cek nomor Indosat dengan mudah?

Baca juga : cara mendapatkan kuota darurat indosat

Pada dasarnya, mengecek nomor Indosat bukan hal yang sulit dan sangat mudah untuk dilakukan. Lupa nomor sendiri sebenarnya merupakan hal yang wajar dan sering dialami oleh siapa saja. Oleh karena itu, pentin untuk mengetahui cara mengecek nomor milik sendiri jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Cara Cek Nomor Indosat

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengecek nomor Indosat. Tak bisa dipungkiri bahwa nomor ponsel adalah identitas yang sangat penting untuk diketahui. Karena nomor ini digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti komunikasi, registrasi, pendaftaran aplikasi, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cek nomor Indosat, di antaranya:

1. Via Dial Up

Setiap ponsel biasanya sudah memiliki fitur dial up yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu mengecek nomor IM3 atau Indosat. Cara ini merupakan yang paling mudah untuk dilakukan dan Anda bisa mencobanya di ponsel merek apapun. Berikut langkah-langkah yang harus diikuti, yaitu:

  • Pencet tombol *123*30#, tekan nomor tersebut pada ponsel dan klik YES atau OK, tunggu beberapa saat dan nomor ponsel Indosat Anda akan dimunculkan pada layar.
  • Tekan tombol *123*7*2*1#, tekan nomor ini pada ponsel dan klik YES atau OK, lalu nomor Indosat akan muncul di layar ponsel setelah berhasil terkoneksi.
  • Tekan tombol *888*1*1# lalu klik YES atau OK dan tunggu hingga layar ponsel memunculkan nomor Indosat Anda.

2. Menggunakan USSD Modem

Mengecek nomor Indosat atau IM3 juga bisa dilakukan dengan menggunakan USSD modem. Cara ini bisa dilakukan jika Anda ingin mengetahui nomor yang terpasang pada modem. Tidak harus memindahkan kartu ke ponsel hanya untuk mengetahui nomor yang dimiliki karena tidak praktis.

Baca juga : rekomendasi jurusan kuliah yang cocok untuk polisi

Anda bisa langsung melihat nomor Indosat serta sisa pulsa dan paket data dengan mudah langsung dari modem. Berikut langkah-langkah yang harus diikuti, yaitu:

  • Aktifkan Modem

Sebelum melakukan pengecekan, pastikan modem sudah aktif terlebih dahulu dengan cara mencolokkannya pada laptop. Tunggu beberapa saat hingga modem yang dipasang terkoneksi dengan perangkat ditandai dengan munculnya modem pada dashboard. 

  • Buka Menu USSD Mode

Anda bisa mencari dan membuka menu USSD setelah modem berhasil terkoneksi dan aktif di laptop. Menu ini terdapat pada menu utama dashboard .

  • Tekan *123*30#

Setelah berhasil terhubung dan masuk ke menu utama untuk melakukan pengecekan, maka Anda bisa langsung mengetikkan *123*30# lalu klik Kirim.

  • Akan Muncul Detail Informasi yang Dibutuhkan

Setelah mengikuti beberapa langkah di atas, maka detail informasi yang Anda butuhkan akan muncul pada layar. Tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan informasi tersebut karena layar dashboard modem akan langsung menampilkannya secara otomatis.

3. Menggunakan Aplikasi myIM3

Indosat telah memiliki aplikasi khusus untuk meningkatkan layanan kepada para pelanggan yakni Aplikasi myIM3. Anda bisa memanfaatkan software ini untuk mengecek nomor Indosat yang dimiliki serta memanfaatkan fitur menarik lainnya yang telah tersedia.

Cara menggunakan aplikasi ini pun sangat mudah karena tampilannya sudah user friendly. Berikut ini langkah-langkah cara cek nomor indosat yang bisa Anda ikuti, yaitu:

  • Unduh aplikasi myIM3 melalui website resmi Indosat atau dari Google Play Store langsung
  • Buka aplikasi yang telah berhasil diunduh dan dipasang pada smartphone
  • Lakukan registrasi/pendaftaran pada aplikasi melalui halaman yang telah disediakan
  • Anda bisa langsung mengakses menu pada aplikasi myIM3 ini dan melihat nomor Indosat yang dimiliki serta detail pulsa maupun paket data

4. Melalui Customer Care

Setiap operator seluler biasanya sudah memiliki customer care yang bisa dihubungi sewaktu-waktu jika dibutuhkan. Anda juga bisa meminta bantuan kepada mereka untuk mencari tahu nomor Indosat atau IM3 yang dimiliki. Pastikan untuk menghubungi CS dengan menggunakan nomor Indosat.

Pusat customer care untuk Indosat sendiri standby selama 24 jam setiap hari sehingga Anda bisa menghubunginya setiap saat. Berikut ini langkah-langkah yang harus diikuti jika ingin mengecek nomor Indosat melalui customer care, di antaranya:

  • Tekan telepon dan klik angka 100 atau 185 pada ponsel Anda
  • Tunggu hingga terhubung dengan customer care untuk berbicara langsung dengan operator
  • Siapkan pula Rp400,00 untuk biaya panggilan ini

Selain dengan cara di atas, Anda juga bisa menghubungi operator menggunakan ponsel dengan cara menggunakan nomor rumah PSTN pada nomor +6221 3000 3000 atau +6221 5438 8888.

5. Via NIK dan KK

NIK dan KK yang Anda miliki bukan sekedar identitas semata, karena kini sudah bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya adalah untuk mengecek nomor ponsel yang dimiliki khususnya bagi Anda yang telah mendaftarkannya ke 4444.

Baca juga : faktor kenapa roblox tidak bisa login dengan normal

Caranya sangat mudah yakni Anda hanya perlu memasukkan nomor KK dan KTP yang digunakan pada registrasi sebelumnya. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Masuk terlebih dahulu ke halaman website myIM3 Indosat Ooredoo
  • Masukkan nomor KK dan KTP pada kolom yang tersedia
  • Centang pada I am not a robot
  • Pilih PERIKSA untuk melanjutkan
  • Tunggu beberapa saat dan akan muncul nomor Indosat Anda yang pernah teregistrasi

Penutup

Dari beberapa metode sederhana mengenai cara cek nomor Indosat di atas tadi, Anda bisa memilih cara paling mudah dan sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.