Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Benarkah Mobil Anda Membutuhkan Bahan Bakar Oktan Tinggi?

2 min read

Benarkah Mobil Anda Membutuhkan Bahan Bakar Oktan Tinggi

Selain kendaraan listrik, bahan bakar beroktan tinggi juga kerap jadi topik hangat pembicaraan seputar otomotif. Bahan bakar beroktan tinggi konon mampu membuat mesin berkapasitas kecil bisa lebih bertenaga dari yang sebelumnya.

Berkat teknologi yang terdapat pada bahan bakar oktan tinggi seperti turbocharging, direct injection, variable valve timing and lift, dan kontrol komputer canggih, dengan bahan bakar beroktan tinggi mobil bisa berkinerja melampaui batasnya.

Baca juga : varian harga ban komodo terbaru

Dengan kemampuannya ini, banyak orang percaya bahwa bahan bakar beroktan tinggi mampu meningkatkan performa mesin bahkan pada kendaraan umum yang bermasalah sekalipun.

Terlepas dari harganya yang sedikit lebih mahal dibanding bahan bakar biasa, apa yang sebenarnya harus kita ketahui tentang bahan bakar beroktan tinggi?

Memahami Gesekan Mesin

Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang bahan bakar oktan tinggi, kita perlu mengetahui seberapa penting keberadaannya untuk mesin Anda. Kebanyakan mesin bensin adalah mesin 4 tak, yang artinya fungsinya dapat dibagi menjadi 4 langkah atau tak.

Di sini, langkah kedua adalah langkah kompresi, di mana campuran udara-bahan bakar di dalam silinder dikompresi dan dinyalakan oleh busi, memicu ledakan kimia yang mendorong piston ke bawah, ini merupakan langkah ketiga atau langkah daya.

Performa mesin sangat bergantung pada saat campuran udara-bahan bakar dinyalakan, karena pengapian yang terlambat dapat menyebabkan hilangnya daya, karena fakta bahwa piston sudah mulai bergerak ke bawah.

Di sisi lain, pengapian prematur dapat menyebabkan kerusakan mesin yang signifikan dengan pembakaran yang tidak tepat waktu, yang menyebabkan suara yang sangat spesifik dan komponen yang rusak.

Gesekan mesin adalah sesuatu yang harus dihindari dengan cara apa pun. Semakin tinggi oktan bahan bakar, semakin tahan Ia terhadap gesekan mesin.

Memahami Peringkat Oktan Bahan Bakar

Nilai oktan atau juga sering disebut sebagai indeks anti-gesekan dan inilah hal pertama yang harus Anda ketahui saat menggunakan bahan bakar beroktan tinggi.

Nilai oktan sendiri tidak ada hubungannya dengan kandungan energi yang terdapat pada bahan bakar, jadi bisa dibilang bahan bakar ini ini tidak akan membuat mobil menjadi hemat bahan bakar dan berkinerja lebih baik, lebih cepat, atau lebih bersih.

Baca juga : pengertian dan fungsi transmisi kendaraan

Sebab nilai oktan hanya mengukur ketahanan bahan bakar terhadap gesekan mesin dan ledakan sendiri, bahkan di bawah tekanan dan suhu tinggi.

Peringkat oktan yang lebih tinggi memungkinkan pengaturan waktu yang lebih baik dalam proses pembakaran mesin.

Tapi hal ini tergantung juga pada kemampuan ECU dalam mengontrol waktu dan pengapian serta membuat bahan bakar cocok untuk mesin dengan rasio kompresi tinggi dan turbocharger.

Apakah Mobil Anda Membutuhkan Bahan Bakar Oktan Tinggi?

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang ada pada bensin oktan tinggi, pertanyaan sebenarnya adalah – Apakah mobil Anda membutuhkannya?

Cara terbaik untuk menjawab ini adalah dengan membaca petunjuk manual mobil Anda, yang dengan jelas akan menentukan apakah mobil Anda membutuhkan bahan bakar biasa (oktan 87), kelas menengah (oktan 89), atau premium (oktan 92) dari pompa.

Karena sebagian mobil cukup dengan menggunakan bahan bakar biasa, sementara mobil sport dan mobil luxury tentunya butuh bahan bakar yang lebih premium untuk menghindari benturan mesin.

Beralih ke Bahan Bakar Oktan Tinggi untuk Mobil Tua

Suara gesekan dari mesin sesekali mungkin tidak berbahaya, tetapi jika terjadi terus menerus Anda sebaiknya perlu memperhatikan dan mencari tahu penyebabnya.

Mencoba beralih ke kelas oktan tertinggi berikutnya menjadi salah satu rekomendasi agar terhindar dari knocking atau suara-suara pada mesin tersebut.

Baca juga : spesifikasi dan fitur mobil pick up suzuki

Namun, bunyi gesekan atau ketukan masih terus terdengar setelah mengisi bahan bakar oktan tinggi 2-3 kali di mesin Anda, Tentu Anda perlu melakukan pengecekan lebih lanjut untuk mengetahui masalah lain pada mobil Anda. Kunjungi bengkel resmi Suzuki yang terdekat untuk memeriksa kondisi mesin Anda.

Secara keseluruhan, dapat dikatakan bahwa bensin beroktan tinggi memang memberikan performa yang lebih baik, tetapi hanya jika digunakan pada mesin yang membutuhkannya. Jika tidak, Anda tidak perlu memilih bahan bakar beroktan tinggi untuk kendaraan Anda.

Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.