Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

7 Rekomendasi Aplikasi Penjawab Soal MTK Terbaru dan Akurat

2 min read

Rekomendasi Aplikasi Penjawab Soal MTK

Banyak yang menganggap MTK (Matematika) adalah mata pelajaran paling sulit karena penuh dengan rumus dan menghitung. Bahkan beberapa orang mengatakan tidak menyukainya karena membuat pusing kepala. Namun seiring berkembangnya teknologi, kini mengerjakan soal MTK menjadi lebih mudah karena ada aplikasi penjawab soal MTK.

Rekomendasi Aplikasi Penjawab Soal MTK

Saat ini banyak sekali aplikasi menjawab soal MTK yang dapat diakses dengan mudah dan gratis melalui smartphone. Kemajuan ini tentu menjadi kabar menggembirakan bagi semua orang khususnya para siswa yang akan menghadapi ujian dan butuh berlatih soal-soal.

Baca Juga : Algoritma: Pengertian, Sejarah, Jenis, Contoh dan Fungsinya

Berikut di bawah ini beberapa rekomendasi yang bisa Anda gunakan secara gratis seputar apk untuk menjawab soal matematika, di antaranya yaitu:

1. Aplikasi My Script Calculator

Aplikasi ini dianggap unik karena pengguna hanya perlu mencoret di layar smartphone untuk menuliskan soal yang butuh dijawab. Setelah itu My Script Calculator akan menerjemahkan sesuai dengan bahasa MTK.

Namun kekurangan aplikasi ini hanya mampu menjawab soal logaritma eksponensial, trigonometri, dan pelajaran matematika dasar lainnya.

Jika ingin mendownloadnya pengguna dikenai tarif satu kali pembayaran sebesar Rp.43.000. Setelah membayar sejumlah itu, My Script Calculator sudah dapat diakses seterusnya tanpa harus membayar lagi. Aplikasi ini bisa didownload di Play Store. Rate rating 4,8 dengan jumlah pengguna lebih dari 150 ribu.

2. Aplikasi PhotoMath

Berbeda dengan My Script Calculator, cara menggunakan Photomath yaitu dengan memfoto soal matematika. Aplikasi ini menyediakan fitur portrait kamera dan beragam fitur lainnya. Perlu diperhatikan saat memotret usahakan pencahayaan di sekitar cukup terang karena jika terlalu gelap, aplikasi akan sulit untuk mendeteksi soal.

Aplikasi ini dapat diakses secara gratis dan berbayar, pengguna cukup menyesuaikan dengan kebutuhan saja. Untuk pengguna IPhone, Photomath bisa didapatkan melalui App Store.

Sementara untuk Android harus mengunduhnya di browser. Saat ini Photomath sudah mencapai rating 4,5 dan memiliki pengguna sebanyak 60 juta+. Kini pelajaran mtk menjadi mudah dengan adanya aplikasi ini.

3. Aplikasi Mathway

Cara menggunakan Mathway sama dengan PhotoMath yaitu dengan memfoto soal matematika. Tampilannya yang simple menjadikan aplikasi ini salah satu yang paling sering digunakan.

Baca Juga : 3 Metode Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus di Android

Tidak hanya membantu pengguna menjawab soal, Mathway juga memiliki fitur yang berisi beragam tips mengerjakan soal dengan mudah dan cepat.

Aplikasi Mathway sendiri mampu memecahkan soal mulai dari matematika dasar, kalkulus, algoritma, sampai soal kimia. Hingga saat ini Mathway mempunyai pengguna lebih dari 6 juta+ dengan rating aplikasi 4,2. Dapat di download melalui Google Play, App Store, dan browser.

4. Aplikasi MalMath

MalMath adalah satu-satunya yang menyediakan layanan virtual keyboard dengan simbol-simbol matematika. Aplikasi ini juga akab memberikan penjelasan pada pengguna mengenai cara mengerjakan soal step by step. Hal ini bertujuan agar pengguna juga dapat belajar dan mengkilas balik soal tersebut.

Di dalam aplikasi malmath dapat ditemukan ratusan soal mulai dari pelajaran MTK SMA hingga perguruan tinggi. MalMath memiliki ukuran ukuran 7,9 mb dengan standar pengoperasian minimal android versi 4.0. Saat ini penggunanya sudah lebih dari 6 juta+ dengan rating di Google Play Store di angka 4,6.

5. Aplikasi Socratic

Sama dengan Mathway dan PhotoMath, Cara Socratic mendeteksi soal yaitu dengan cara difoto. Aplikasi ini memiliki teknologi yang dinamakan Artificial Intelligence yang dapat menjawab soal dengan akurat dan cepat. Pengguna bisa mengakses Socratic secara gratis.

Bagi pengguna produk Apple dapat mendownload di App Store, sementara smartphone android harus melalui browser. Link pengunduhan bisa ditemukan dengan mudah di internet. Socratic memiliki rating 4,5 dengan pengguna 1 juta+. Ukuran aplikasi ini terbilang cukup sedikit yaitu 5,4 mb.

6. Aplikasi Cymath

Terdapat 2 cara untuk memasukkan soal MTK untuk dijawab Cymath, yaitu memfoto soal atau mengetiknya langsung pada kolom yang sudah disediakan. Ada berbagai macam topik pada aplikasi ini yang seluruhnya dicakup dalam 3 tema, grafik, aljabar, dan kalkulus.

Baca Juga : Cara Menghapus Video di Snack Video Versi Terbaru 

Cymath bisa diakses gratis bisa ditemukan pada seluruh produk smartphone. Saat ini, Cymath sudah mengembangkan versinya menjadi 2.14 dengan rating aplikasi mencapai 4,5. Sudah di download 1.500.000+ pengguna lebih dari seluruh dunia.

7. Aplikasi Wolfram Alpha

Aplikasi Wolfram alpha di-release oleh Wolfram Research tanggal 15 Mei tahun 2009, dan tetap populer hingga saat ini. Software penjawab soal MTK ini menghasilkan jawaban-jawaban berdasarkan data terstruktur yang faktual dan relevan dari pakar matematika.

Kelebihan lain aplikasi ini tidak hanya dapat membantu memecahkan soal matematika, tetapi juga ilmu pengetahuan lain seperti Fisika, Biologi, Kimia, Sejarah, Geografi, Statistika, dll. Untuk mata pelajaran MTK, penggunanya biasanya lebih sering mengajukan soal tentang kalkulus dan aritmatika.

Penutup

Itulah ulasan singkat tentang aplikasi penjawab soal MTK terpopuler dan paling sering digunakan banyak orang. Alangkah lebih baiknya jika beberapa aplikasi di atas digunakan untuk hal-hal positif seperti belajar dan berlatih soal sebelum menghadapi ujian.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.