Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

3 Metode Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus di Android

1 min read

Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus di Android

Di jaman yang serba modern ini, banyak orang telah memiliki banyak smartphone Android dengan berbagai variasi. Dalam penggunaannya, terkadang aplikasi yang terpasang tidak bisa dihapus dengan normal. Nah di pembahasan kali ini saya akan membahas seputar cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di android.

Baca juga : cara mendownload aplikasi terlarang tanpa root

Pada dasarnya, ada banyak faktor yang menyebabkan aplikasi tidak dapat diuninstall secara normal. Salah satunya seperti aplikasi sudah terpasang sebagai administrator, memiliki izin khusus, termasuk aplikasi virus (berbahaya) dan sebagainya.

Sehingga, Anda perlu mencoba salah satu metode seputar cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di Android ini. Simak lebih lanjut langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus

Berikut di bawah ini beberapa metode sederhana yang dapat Anda praktekkan dengan mudah untuk melakukan uninstall pada aplikasi yang tidak dapat dihapus, di antaranya yaitu:

1. Melalui Administrator Perangkat

Metode pertama yang perlu Anda lakukan yaitu mengecek terlebih dahulu bagian administrator perangkat, ada kalanya terkadang aplikasi tidak bisa dihapus karena sudah aktif sebagai administrator. Berikut di bawah ini langkah-langkah cara mematikan aplikasi yang aktif menjadi administrator:

  • Langkah pertama yang perlu Anda terapkan yaitu masuk ke bagian pengaturan pada Android yang Anda punya.
  • Kemudian, Anda perlu klik ke opsi Keamanan perangkat.
  • Lalu klik kembali menu bernama Administrator.
  • Nah di menu ini, nantinya Anda akan melihat list aplikasi bawaan yang pada dasarnya tidak bisa dihapus.
  • Jika sudah ketemu list aplikasi yang dimaksud, maka Anda hanya perlu mematikan akses admisnistratornya dengan cara hapus centang nya atau klik opsi matikan admisnistrator.
  • Selanjutnya yaitu Anda hanya perlu menghapus ulang aplikasi tersebut dengan cara masuk ke opsi aplikasi dan bisa di uninstall seperti biasa.
  • Selesai, kini permasalahan aplikasi tidak bisa dicopot dapat diatasi dengan mudah.

2. Buka Konfigurasi Aplikasi

Metode selanjutnya yaitu Anda perlu mengecek kembali aplikasi tersebut, umumnya setelah mematikan izin administratornya, pengguna perlu mengatur kembali konfigurasi didalam aplikasi tersebut.

Baca juga : cara melihat orang yang kita blokir di instagram

Jika aplikasi yang akan dihapus termasuk aplikasi security, maka Anda bisa memeriksa terlebih dahulu berbagai pengaturan didalamnya.

3. Melalui Factory Reset (Reset Pabrik)

Cara ini merupakan opsi terakhir apabila Anda sangat kesulitan dalam menghapus aplikasi tersebut. Dalam mempraktekkan factory reset ini, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau tidak yang bisa dilakukan langsung melalui pengaturan di perangkat Android Anda.

Reset pabrik adalah suatu metode untuk menghapus seluruh data pada smartphone Android Anda, sehingga bisa dibilang cara ini cukup beresiko. Setelah melakukan factory reset, tentu data pada perangkat Anda akan hilang dan otomatis terhapus.

Berikut beberapa tahapan yang bisa Anda ikuti dalam melakukan reset pabrik pada perangkat Android dengan mudah, di antaranya yaitu:

  • Buka pengaturan atau setting pada perangkat Android Anda.
  • Kemudian cari bagian sistem perangkat.
  • Lalu cari dan klik pilihan opsi pengaturan ulang.
  • Klik opsi kembali ke pengaturan pabrik untuk melanjutkan.
  • Dan terakhir akan muncul opsi konfirmasi, klik oke atau lanjutkan untuk meneruskan proses.
  • Selesai, silahkan tunggu beberapa saat hingga perangkat Android hidup kembali.

Penutup

Beberapa metode di atas mengenai cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di android bisa Anda terapkan pada semua tipe Android masa kini. Akan tetapi, pada android keluaran terbaru biasanya memiliki konfigurasi yang sedikit berbeda. Semoga berhasil, see you next artikel.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.