Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Mengenal Apa Itu CMS Bank Aceh dan Manfaatnya bagi Nasabah

2 min read

CMS Bank Aceh

Cash Management System atau CMS dari Bank Aceh merupakan salah satu layanan unggulan yang hasil pengembangan lembaga perbankan di wilayah Aceh. Pengembangan layanan tersebut secara resmi bertujuan untuk memudahkan keperluan keuangan instansi dan bisnis di lingkungan Provinsi Aceh.

Baca juga : biaya transfer ovo ke bank mandiri terbaru

Cash Management System Bank Aceh juga menjadi awal transformasi digital di berbagai instansi di Provinsi Aceh. Sebelum mendalami fitur dan berbagai keunggulan Cash Management System Bank Aceh, kita juga bisa berkenalan lebih jauh dengan instansi yang menerbitkan teknologi tersebut. Berikut sekilas ulasan tentang Bank Aceh.

Tentang Bank Aceh

Bank Aceh merupakan salah satu bank daerah di Indonesia yang memiliki wilayah operasional utama di lingkungan Provinsi Aceh. Seperti berbagai bank daerah lainnya, Bank Aceh merupakan bagian dari Badan Usaha Milik Daerah, tepatnya Provinsi Aceh.

Bank Aceh berada di bawah naungan PT Bank Pembangunan Daerah Aceh yang secara resmi berdiri pada tahun 1973 dan masih eksis hingga hari ini.

Bank tersebut menjadi salah satu bank daerah yang berkomitmen dengan bisnis perbankan syariah. Lembaga perbankan terbesar di Aceh tersebut memiliki sejumlah layanan untuk nasabahnya. Beberapa layanan umum yang terdapat di Bank Aceh antara lain:

  • Penghimpunan Dana, termasuk:
    • Deposito Mudharabah.
    • Tabungan Simpeda iB.
    • Tabungan Aneka Guna iB.
    • Produk Giro.
    • Produk Deposito.
    • Tabungan Seulanga.
    • TabunganKu.
    • Simpanan Pensiun.
  • Layanan Pembiayaan, termasuk:
    • Murabahah.
    • Musyarakah.
    • Mudharabah.
    • Rahn.
    • Ijarah.
    • Pembiayaan Mikro Bank Aceh.

Bank Aceh juga memiliki layanan RAHN (Gadai Emas), bank garansi, jaminan pelaksana dan penawaran, referensi bank, serta pengelolaan dana kebijakan. Bank Aceh juga mengadopsi MEPS dan memiliki layanan giro wadiah.

Baca juga : tugas account officer bank di Indonesia

Di luar layanan utama tersebut, Bank Aceh juga memiliki fitur transfer, RTGS, inkaso, kliring, layanan ATM dan ATM Bersama seperti pada berbagai lembaga perbankan modern lainnya. Dalam aktivitas bisnisnya, Bank Aceh juga menerima pembayaran berbagai keperluan, antara lain:

  • Tagihan telepon, listrik, ponsel.
  • Pengisian pulsa ponsel.
  • Pembayaran pensiun.
  • Penerimaan BPIH dan pajak.
  • Pengiriman uang ke luar negeri.

Bank Aceh juga memiliki layanan BPDNet Online yang memfasilitasi setor tunai, pindah buku, transfer ke BPD lain, dan menerima transfer dari BPD lain. Seluruh aktivitas tersebut dapat berjalan di jaringan teller BPDNet Online.

Cash Management System

Cash Management System (CMS) merupakan layanan hasil pengembangan lembaga perbankan dengan sasaran utama entitas bisnis dan lembaga pemerintahan. Layanan CMS membantu organisasi menyederhanakan berbagai proses keuangan dalam usahanya.

CMS umumnya memiliki tujuan untuk menangani urusan keuangan lembaga secara menyeluruh. Layanan CMS mendukung transaksi sederhana dan berbagai keperluan keuangan kompleks sebuah lembaga.

Keberadaan CMS membantu menghadirkan kemudahan dan efisiensi transaksi kepada perusahaan dan lembaga yang menggunakan layanan tersebut. CMS menjadi fasilitas yang dapat mengawal arus keuangan perusahaan setiap saat.

CMS juga merekam seluruh transaksi dalam institusi dan lembaga. Sehingga kebutuhan transparansi data dan dokumentasi profesional dapat terpenuhi dengan baik. Bahkan hal tersebut dapat berjalan tanpa pengaturan rumit pada CMS.

CMS Bank Aceh

CMS Bank Aceh menawarkan berbagai kemudahan urusan keuangan berbagai institusi. Layanan CMS Bank Aceh telah digunakan seluruh satuan kerja di Pemerintah Aceh.

Cash Management System Bank Aceh mendukung transaksi digital secara penuh untuk berbagai keperluan pembayaran. Seluruh transaksi tersebut mengadopsi pembayaran non-tunai.

Baca juga : fungsi bank central bagi keuangan negara

Cash Management System Bank Aceh menjadi salah satu upaya pengurangan transaksi tunai di berbagai perusahaan. Hal tersebut dapat meminimalkan berbagai potensi kesalahan dalam lembaga.

Berbagai pembayaran internal dan eksternal perusahaan dapat berjalan lebih aman dan nyaman dengan CMS Bank Aceh. Penggunaan layanan tersebut mendorong pengurangan pembayaran secara manual oleh pegawai keuangan di berbagai instansi.

Hal tersebut juga meningkatkan efisiensi berbagai lembaga. Proses transaksi non-tunai dapat berjalan tanpa batasan jarak dan waktu selama terhubung dengan akses internet. Berbagai penundaan yang menghambat kinerja tentu juga dapat berkurang dengan CMS Bank Aceh.

Manfaat CMS Bank Aceh

Fitur CMS Bank Aceh memberikan berbagai manfaat yang dapat terasa di dalam dan luar sektor keuangan. Adapun beberapa manfaat CMS Bank Aceh pada berbagai lembaga adalah sebagai berikut.

1. Lebih Efisien

Penggunaan Cash Management System Bank Aceh memangkas sangat banyak waktu yang dibutuhkan pada transaksi tunai. Bahkan transaksi dapat dilakukan tanpa batasan waktu dan jarak selama pengguna memiliki akses internet.

2. Mudah Digunakan

Cash Management System Bank Aceh dapat diakses dari perangkat smartphone dan komputer. Kedua akses tersebut juga menawarkan pengalaman menggunakan aplikasi yang sangat mudah dan sederhana.

3. Keamanan dan Transparansi

Cash Management System Bank Aceh merekam seluruh transaksi yang terjadi pada instansi. Sehinggai kebutuhan transparansi data keuangan dapat terpenuhi tanpa memerlukan tenaga ekstra.

Baca juga : rekomendasi aplikasi cek tagihan PDAM

Seluruh transaksi di dalam CMS Bank Aceh juga menggunakan proteksi keamanan tingkat lembaga perbankan. Sehingga seluruh transaksi dijamin aman bagi semua pihak.

Penutup

Layanan CMS Bank Aceh dapat menjadi pilihan tepat sebagai salah satu opsi transformasi digital berbagai instansi. Selain bermanfaat, adaptasi CMS Bank Aceh juga sangat mudah dilakukan.

Bahkan instansi pengguna dapat memangkas berbagai keperluan, agenda, dan rutinitas terkait keuangan yang sudah didukung secara otomatis di dalam CMS Bank Aceh.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.