Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Memahami Apa Itu SMSC Android dan Cara Kerjanya

2 min read

Memahami Apa Itu SMSC Android

Saat ini penggunaan SMS memang sudah banyak ditinggalkan. Akan tetapi, ternyata masih ada sebagian orang yang memerlukan fitur tersebut. Akan tetapi, bagaimana apabila ketika mengirim pesan SMS muncul SMSC yang error? Ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu SMSC.

Baca juga : pengertian dan cara kerja web proxy

Perlu Anda ketahui bahwa SMSC merupakan sebuah nomor jaringan yang dapat digunakan untuk mengubah, menyimpan, hingga mengirimkan pesan secara singkat atau SMS. Saat ini sendiri setiap provider sudah mempunyai nomor SMSC tersebut yang berbeda satu sama lainnya.

Apa Itu SMSC?

Short Message Service Center atau yang lebih dikenal SMSC merupakan kombinasi perangkat lunak dan keras. Adapun tugasnya adalah untuk memperkuat, meneruskan, hingga penyimpan pesan antara SMS dengan perangkat telepon lain. Keberadaannya juga perlu memiliki kapasitas pelanggan yang tinggi.

Tidak hanya itu saja, agar dapat lebih mudah melakukan akomodasi permintaan SMS yang banyak maka perlu diskalakan pada setiap jaringan yang tersedia. Nantinya, SMSC tersebut akan melakukan transfer pesan pada setiap sistem yang melayani dengan format berupa point to point tepatnya.

SMS juga berfungsi untuk menerima sebuah pesan, kemudian menyimpannya dalam sementara waktu, lalu mengirim lagi pesannya tersebut ke ESME/ME sesuai dengan tujuannya. SMS ini juga bisa membuat sebuah komunikasi pada server aplikasi dengan memakai protokol seperti SMPP.

Cara Kerja SMSC

Saat Anda mengirim SMS menggunakan ponsel, maka SMS tersebut tidak akan langsung terkirim pada ponsel yang menjadi tujuannya. Akan tetapi, terlebih dahulu dikirim ke SMSC sendiri. Setelah itu, SMS tersebut nantinya akan diteruskan menuju nomor tujuan.

Baca juga : mengenal apa itu string repeater whatsapp

Dengan adanya cara kerja tersebut tentu Anda dapat dengan mudah dalam mengetahui status beserta pesan SMS yang sudah dilakukan pengiriman sebelumnya. Apakah pesan tersebut sudah berhasil sampai dengan baik atau justru gagal diterima oleh ponsel yang menjadi tujuannya.

Dalam hal ini jika ponsel yang menjadi tujuan dalam keadaan aktif, maka tentu saja dapat menerima SMS yang sudah dikirim tersebut. Nantinya, akan dilakukan juga konfirmasi ke SMSC untuk menyatakan bahwa pesan yang dikirim sudah berhasil diterima. Lalu SMSC mengirimkannya kepada pengirim.

Koneksi Short Message Service Center

Perlu Anda ketahui, bahwa terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan koneksi ke SMSC tersebut. Yakni dengan memakai terminal baik itu ponsel hingga GSM model. Cara tersebut terbilang yang paling mudah jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Hanya saja terdapat sedikit kekurangan yakni jumlah pesan yang dikirim setiap menitnya cukup terbatas. Seseorang hanya dapat mengirimkan pesan dengan jumlah sekitar 6-10 saja setiap menit. Untuk mengatasi hal tersebut dapat memakai lebih dari satu terminal.

Koneksi lainnya adalah langsung ke SMSC itu sendiri. Dengan begitu, tentu akan lebih mudah dalam mengirim SMS dengan jumlah yang lebih banyak sekalipun. Anda bahkan dapat mengirim SMS hingga 600 setiap menitnya. Hanya saja hal ini akan tergantung dari kapasitas setiap SMSC tersebut.

Cara Mengatur SMSC melalui Kode Rahasia

Apabila Anda tidak memiliki pengaturan SMSC pada menu SMS di ponsel, maka dapat mengaturnya dengan menggunakan kode rahasia. Caranya sendiri terbilang cukup mudah, yakni dengan membuka menu Panggilan atau Dial di ponsel terlebih dahulu.

Baca juga : rekomendasi situs streaming bola luar negeri

Setelah itu masukkan nomor berikut *#*#4636#*#*. Kemudian tunggu sampai muncul halaman baru. Jika sudah, maka pastikan untuk memilih menu Informasi Telepon. Kemudian, gulir layar ke bagian bawah sampai menemukan SMSC. Lalu Anda bisa masukkan nomor SMSC pada kolom yang ada.

Selanjutnya pilih menu Perbarui dan langsung saja lakukan reboot atau restart pada ponsel. Kemudian, apabila memakai ponsel dengan dual SIM, maka pastikan untuk menyesuaikannya pada menu Informasi Telepon agar sesuai dengan slot kartu yang mengalami error.

Cara Mengatasi SMSC Update yang Error

Setiap orang tentu pernah mengalami masalah, termasuk saat ingin update SMSC. Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengatasinya dengan cara yang tidak terlal sulit. Pertama adalah dengan mengatur nomor terlebih dahulu. Caranya adalah dengan membuka aplikasi Pesan atau SMS.

Setelah itu masuk ke menu Pengaturan SMS lalu pilih menu Setelan Tambahan. Jika sudah, langsung saja pilih menu Pusat Layanan Pesan Singkat atau SMSC. Kemudian pilihlah salah satu nomor yang mengalami kendala tersebut apabila memakai dual SIM. Nantinya akan terlihat halaman baru dengan nomor SMS Center pada jaringan provider yang digunakan.

Kemudian, perhatikan nomor Anda apakah sudah terisi dengan baik. Jika sudah, maka pastikan untuk menemukan nomornya sesuai dengan provider yang saat ini digunakan. Apabila ada yang salah, maka langsung saja masukkan nomor yang benar lalu pilih menu Save atau OK.

Penutup

Itulah informasi mengenai apa itu SMSC yang bisa Anda ketahui lebih lanjut. Meski jarang digunakan, akan tetapi keberadaannya memiliki fungsi yang cukup signifikan. Jangan ragu untuk mencoba mengirimkan pesan singkat agar mengetahui apakah SMS Center tersebut sudah berhasil atau tidak.

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat dan dapat Anda pahami dengan baik, cukup sekian dan seperti biasa terimakasih. Sampai bertemu lagi di pembahasan teknologi lainnya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

One Reply to “Memahami Apa Itu SMSC Android dan Cara Kerjanya”

  1. Spot on with this write-up, I truly feel this web site needs a lot more attention.
    I’ll probably be back again to read through more, thanks for the
    info!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.