Nur Alam Hobi bergelut di bidang teknologi, digital marketing dan seo spesialist. CEO di agency digital Surabaya Masdzikry.com, lets work together.

Mengenal 7 Jenis Kamera CCTV Masa Kini yang Perlu Diketahui

2 min read

Keberadaan CCTV sekarang ini tentu semakin dibutuhkan. Tidak hanya di tempat umum seperti kantor atau pusat perbelanjaan saja, alat tersebut juga perlu dipasang di dalam rumah. Sehingga pastikan mengetahui dahulu apa saja jenis kamera CCTV.

Baca juga : Cara Memperjelas Foto yang Blur Tanpa Aplikasi

Memasang kamera CCTV tentu saja secara efektif dapat meningkatkan sistem keamanan di dalam rumah. Tidak heran jika sekarang ini ada banyak orang memasangnya di dalam hunian mereka. Terlebih, sudah ada banyak jenis-jenis kamera CCTV yang bisa dijadikan pilihan.

Seiring berjalannya waktu sendiri, teknologi dan fitur yang disematkan pada CCTV tersebut juga semakin canggih. Salah satunya seperti Internet of Thing. Anda juga bisa mengoperasikannya, mengontrol, sekaligus memonitor lewat smartphone saja. Tentu saja ini menjadi daya tarik tersendiri bagi peminatnya.

Jenis Kamera CCTV

CCTV merupakan salah satu perangkat kamera video digital yang dapat Anda manfaatkan untuk mengirim sinyal pada layar monitor. Beberapa orang bahkan menyebutnya dengan istilah lain yaitu kamera pengintai. Cara kerjanya sendiri memanfaatkan sinyal dengan sifat yang tertutup.

Jenis Kamera CCTV

Berikut di bawah ini beberapa jenis perangkat CCTV masa kini yang bisa Anda terapkan di sekitar rumah, di antaranya yaitu:

1. Dome Camera Indoor

Dome camera indoor merupakan salah satu jenis CCTV yang dapat Anda letakkan di dalam ruangan tertutup. Hal ini tidak lain karena kamera tersebut cenderung tidak terlalu tahan terhadap cuaca. Akan tetapi, tentu sudah tidak perlu lagi meragukan kualitasnya.

Pasalnya, kamera CCTV yang satu ini sudah dibekali dengan fitur-fitur sangat menarik. Mulai dari high definition, day/night, hingga infrared night vision.

Tidak hanya itu, cangkang kameranya juga terbuat dari bahan plastik. Ukuran lensanya sekitar 3,6 mm sehingga pas ditempatkan di bagian sudut ruang.

2. Speed Dome Camera

Time speed dome camera merupakan salah satu jenis CCTV yang juga bisa Anda jadikan pilihan. Kamera tersebut bahkan sudah dibekali dengan kemampuan PTZ (Pan, Tilt, Zoom).

Dengan begitu, tentu dapat melakukan putaran horizontal 360 derajat, membalik 180 derajat, dan vertikal 90 derajat.

Baca juga : Cara Mengatur Kamera Laptop Windows

Teknologi yang disematkan pada jenis kamera CCTV ini sendiri berfokus pada kecepatan mengambil gambar secara real time.

Tentu saja, teknologi tinggi tersebut sangat cocok dijadikan sebagai sistem pengawas keamanan secara optimal. Pasalnya, dapat Anda atur untuk berputar tanpa memberikan efek suara sekalipun.

3. IP Camera

Merupakan salah satu jenis kamera CCTV yang dapat digunakan untuk menjaga keamanan di dalam rumah. Saat ini sendiri terdapat dua jenis IP Camera yakni terpusat dan desentralisasi.

Untuk jenis terpusat dapat Anda gunakan di dalam rumah karena memerlukan pusat NVR agar dapat merekam.

Sedangkan jenis IP Camera desentralisasi sendiri termasuk yang tidak memerlukan pusat NVR. Hal ini karena sudah dibekali dengan fungsi perekam built-in. Untuk kamera jenis terpusat sendiri lebih banyak digunakan karena cukup hemat biaya serta dapat dikendalikan secara jarak jauh.

4. CCTV Bullet Camera

Termasuk jenis CCTV yang keberadaannya sudah umum digunakan oleh masyarakat. Baik itu di dalam pertokoan, rumah, kantor, hingga pusat perbelanjaan.

Jenis kamera ini sendiri umumnya dapat diletakkan di luar ruangan. Hal ini tidak lain karena sudah dilengkapi dengan fitur ketahanan cuaca.

Jenis ini juga akan tahan terhadap air hujan maupun teriknya sinar matahari secara langsung. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menangkap gambar dengan mudah. Hanya saja, tidak tersedia fitur pan, tilt control serta zoom seperti jenis lainnya.

5. CCTV PTZ Camera

Anda dapat menggunakan jenis kamera lainnya sebagai sistem keamanan di dalam rumah. Tidak lain yakni CCTV PTZ Camera.

Bentuk kamera pengintai ini sendiri terbilang cukup sama dengan jenis dome camera. Akan tetapi, tentu saja masih ada beberapa perbedaan yang bisa Anda ketahui.

Baca juga : Aplikasi Kamera Laptop yang Bagus untuk Zoom

Diantaranya seperti kamera ini yang sudah dibekali dengan fitur jauh lebih mumpuni. Tidak hanya itu, ukuran kameranya juga cenderung jauh lebih besar dibandingkan jenis lainnya.

PTZ ini sendiri termasuk singkatan dari Pan Tilt Zoom. Dengan begitu, dapat bergerak ke banyak arah serta melakukan zoom.

6. CCTV HD Camera

Perlu Anda ketahui, bahwa HD Camera adalah High Definition Camera. Tidak lain yakni kamera yang mempunyai resolusi dan kualitas gambar cukup tinggi. Keberadaannya sendiri juga cukup fleksibel. Pasalnya, pengguna dapat memasangnya baik di dalam maupun diluar ruangan.

Sekarang ini sendiri sudah ada banyak merk CCTV yang mengembangkan jenis HD Camera satu ini. Tidak heran jika sangat mudah ditemukan di berbagai tempat.

Mulai dari pabrik, tempat parkir, gudang, kantor, dan masih banyak lagi lainnya. Tentu saja sangat direkomendasikan untuk menggunakannya.

7. Weatherproof Camera

Sesuai dengan namanya, Weatherproof Camera dibuat dengan tujuan untuk mencegah masuknya kabut, salju, maupun air hujan ke dalam kamera.

Tidak hanya itu, kamera ini juga didesain dapat mencegah adanya partikel kecil seperti debu dan kotoran sehingga tidak perlu khawatir merusak kamera.

CCTV ini sendiri tentu tahan terhadap cuaca. Bentuknya sendiri tersedia dalam dome, box, hingga peluru.

Anda bahkan bisa mendapatkan fitur pemanas built-in yang dimanfaatkan dalam kondisi dingin seperti membeku. Hal ini tidak lain karena kamera memang dirancang dapat menahan cuaca ekstrim.

Penutup

Itu tadi beberapa jenis kamera CCTV yang bisa Anda jadikan pilihan. Sekarang ini tentu sangat penting untuk memasang alat tersebut di dalam rumah.

Baca juga : Cara Agar Laptop Kamera Jernih dan Jelas

Dengan begitu, dapat meminimalisir tindak kejahatan yang bisa saja dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Nur Alam Hobi bergelut di bidang teknologi, digital marketing dan seo spesialist. CEO di agency digital Surabaya Masdzikry.com, lets work together.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *