Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Inilah 7 Tujuan Press Release yang Penting untuk Anda Ketahui

2 min read

Press release termasuk salah satu sarana fundamental bagi public relation sebuah perusahaan. Bagi mereka yang bekerja di perusahaan maupun tokoh publik, istilah press release tentu tidak lagi asing. Namun, beberapa orang mungkin masih belum mengetahui tujuan dari press release.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Press Release

Press release mengandung informasi yang dapat dipercaya yang diberitahukan kepada jurnalis dan anggota press mengenai kabar tertentu dari perusahaan.

Biasanya digunakan untuk menyampaikan informasi tertentu mengenai bisnis, even khusus, produk, atau info lain terkait perusahaan tersebut.

Tujuan Press Release

Pada dasarnya, press release berfungsi sebagai sarana publikasi suatu perusahaan. Namun, dalam era digital yang makin berkembang ini, press release memiliki lebih banyak tujuan.

Tujuan Press Release yang Penting untuk Anda Ketahui

Berikut di bawah ini tujuan penggunaan press release yang penting untuk Anda ketahui, di antaranya yaitu:

1. Membangun Citra dan Kredibilitas Perusahaan

Citra yang baik dan kredibilitas tinggi sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan. Bagi para pelanggan, press release merupakan sumber informasi yang dapat dipercaya. Terlebih lagi setelah disampaikan oleh jurnalis.

Sehingga mengadakan press release secara konsisten dapat menjadi cara yang baik untuk membangun citra dan kredibilitas perusahaan. Hal ini dapat membawa banyak manfaat, terutama bagi bisnis yang sedang mulai berkembang.

2. Memungkinkan Perusahaan Diliput oleh Media

Salah satu tujuan press release adalah untuk mempublikasikan aktivitas yang dilakukan perusahaan, seperti adanya even tertentu.

Press release yang aktual dan faktual berpotensi diliput oleh jurnalis dari berbagai media. Hal ini tentunya akan meningkatkan potensi bagi brand perusahaan untuk dikenal publik.

Baca juga : Contoh Penulisan Press Release pada Perusahaan

Namun, untuk dapat menarik perhatian para jurnalis, press release perlu ditulis dengan baik dan akurat. Press release hendaknya menyajikan berita secara lengkap, mencakup 5W dan 1H (who, what, where, when, why, dan how).

3. Sarana Pengenalan Perusahaan pada Publik

Press release merupakan kesempatan di mana perusahaan dapat diliput oleh media. Tidak hanya diberitakan oleh jurnalis, di era digital sekarang press release juga dapat ditayangkan melalui media sosial.

Liputan oleh press serta penayangan melalui berbagai media sosial, akan meningkatkan peluang bagi perusahaan untuk dikenal oleh lebih banyak orang. Selain itu, maraknya penggunaan media sosial dapat menjadi kesempatan untuk berinteraksi dengan pelanggan.

4. Meningkatkan Visibilitas di Mesin Pencari

Saat informasi mengenai perusahaan dipublikasikan melalui press release berita pada media online atau nasional, hal ini tidak hanya menguntungkan bagi brand perusahaan, namun juga meningkatkan visibilitas di mesin pencarian.

Press release yang dituliskan dengan baik akan menjadi konten website yang unik dan bernilai tinggi. Dengan mempublikasi press release secara konsisten disertai keyword dan link yang relevan, maka Anda juga sekaligus membangun SEO.

5. Mengklarifikasi Suatu Masalah

Jenis press release tertentu dapat digunakan untuk mengklarifikasi suatu permasalahan, misalnya saat muncul berita miring, kasus, atau skandal.

Dalam hal ini, perusahaan dapat memberikan penjelasan mengenai apa yang sebenarnya terjadi sehingga dapat menghentikan timbulnya berbagai spekulasi.

Baca juga : Contoh Press Release Produk Makanan

Press release saat krisis komunikasi juga memaparkan mengenai rencana konkret untuk mengatasi masalah yang dihadapi dan dampaknya.

Menggunakan press release untuk mengatasi krisis dapat membantu meningkatkan transparansi bisnis serta memperbaiki citra.

6. Mempromosikan Event atau Produk

Tujuan press release selanjutnya ialah sebagai media promosi. Banyak perusahaan memanfaatkan press release kegiatan untuk mengumumkan mengenai even tertentu yang akan diadakan, produk atau pelayanan terbaru, perubahan dalam manajemen, atau memperkenalkan model bisnis baru.

Meski mengandung konten promosi, press release berbeda dengan konten marketing. Press release hanya berfokus pada topik yang perlu diumumkan, bukan berusaha meyakinkan pembaca atau audiens untuk membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Sebelum menuliskan press release, ada baiknya untuk mempertimbangkan apakah topik yang dipilih relevan untuk pembaca pada umumnya.

Memilih suatu topik yang menarik bagi pembaca akan meningkatkan peluang keberhasilan promosi meski tulisan tidak menggunakan bahasa persuasi.

7. Menciptakan Momentum

Press release juga berperan dalam menciptakan suatu cerita mengenai perusahaan. Penayangan press release secara konsisten pada halaman web akan membentuk timeline perusahaan dan mewakili momentum untuk kemajuan perusahaan.

Press release akan menjadi bagian dari cerita dari brand perusahaan yang mana akan membantu memberitahukan mengenai jalur yang diambil perusahaan pada pelanggan potensial, investor, serta jurnalis.

Baca juga : Tips Cara Membuat Press Release yang Benar

Selain itu, timeline yang terbentuk juga akan memperlihatkan sudut pandang yang lebih objektif mengenai tingkat perkembangan perusahaan seiring waktu.

Misalnya, jika press release besar terakhir dilakukan bertahun-tahun lalu, maka perusahaan mungkin perlu melakukan lebih banyak peningkatan.

Jasa Press Release Terbaik

Untuk Anda yang ingin melakukan press release tanpa ribet dan cepat bisa menggunakan jasa press release di Agency Mas Dzikry.

Mulai dari 900 ribuan, Anda bisa beriklan di media nasional ternama seperti beritasatu.com, suara.com, tribunnews.com, pikiran-rakyat.com dan sebagainya.

Penutup

Demikian pemaparan mengenai 7 tujuan press release yang penting untuk diketahui. Press release memegang peran yang krusial bagi keberlangsungan perusahaan.

Apalagi dengan makin berkembangnya dunia digital yang berdampak pada makin kuatnya pengaruh publikasi, sangat penting bagi perusahaan untuk lebih memperhatikan penggunaan press release.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *