Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Pengertian dan Cara Daftar SIMPKB Guru Belajar Kemdikbud

2 min read

SIMPKB Guru Belajar Kemdikbud

Keberadaan guru memang sangat penting dalam dunia pendidikan. Terutama dalam memberikan efektivitas belajar bagi setiap peserta didik. Saat ini sendiri sudah terdapat SIMPKB guru belajar Kemdikbud yang bisa dimiliki. Agar nantinya dapat menghasilkan guru yang berkompeten dalam mengajar.

Baca juga : fungsi page setup pada microsoft word

Hanya saja, ada banyak orang sampai saat ini belum mengetahui juga tentang SIM PKB tersebut. Padahal, keberadaannya sudah tersedia sejak tahun 2015 yang lalu. Hal ini ditujukan agar dapat menghasilkan seorang guru yang mengajar dengan kompetensi terbaiknya. Oleh karena itu, pastikan memiliki akunnya.

Pengertian SIMPKB Guru Belajar Kemdikbud

Perlu Anda ketahui bahwa SIM PKB adalah Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Profesional Berkelanjutan. Yakni sebuah sistem yang dibuat untuk meningkatkan kompetensi serta skill pada guru yang ada di Indonesia. Sistem ini sendiri sudah ditetapkan sejak awal tahun 2015 yang lalu.

Adapun tujuan dibuat sistem tersebut tidak lain adalah untuk meningkatkan keahlian dan kompetensi guru agar lebih profesional dalam memberikan pengajaran kepada para peserta didiknya. Dengan begitu, setiap guru yang sudah terdaftar pada sistem tersebut dapat dipastikan mengenai kompetensi dan skillnya.

Dalam dunia guru sendiri tidak hanya terdapat SIM PKB saja. Akan tetapi, terdapat pula UKG atau Uji Kompetensi Guru. Nantinya, kegiatan tersebut perlu diikuti oleh guru demi mengukur dan menguji kemampuan dalam bidang studi yang mereka miliki.

Fungsi SIM PKB

Pada dasarnya ada banyak fungsi yang bisa Anda ketahui mengenai keberadaan SIM PKB. Diantaranya yakni membantu guru dalam meningkatkan kompetensi mereka. Hal ini dilakukan untuk mencapai standar kompetensi yang memang sudah ditetapkan dalam undang-undang di Indonesia.

Baca juga : contoh refleksi pembelajaran masa kini

Tidak hanya itu saja, adapun fungsi lainnya yakni untuk memaksimalkan potensi guru seiring berkembangkan teknologi, ilmu pengetahuan, serta seni yang ada. Dengan begitu, mereka dapat menjadi seorang fasilitator juga dalam berjalannya proses pembelajaran peserta didik.

Keberadaan PKB juga dapat berfungsi untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menjalankan tugas pokok mereka dengan lebih profesional. PKB ini sendiri diperuntukkan bagi guru yang memang belum mendapatkan nilai UKG di atas KKM. Dengan begitu, mereka dapat melakukan ujian awal terlebih dahulu.

Cara Membuat Akun SIM PKB

Apabila Anda tidak memiliki akun SIM PKB, maka dapat mengikuti beberapa cara dalam melakukan pendaftaran online tersebut. Pastikan terlebih dahulu untuk mendaftarkan diri secara online pada halaman registrasi yang sudah disediakan. Setelah itu, ikuti proses pendaftaran akun yang tersedia.

Anda bisa memulainya dengan mengisi No.UKG serta tanggal lahir yang dimiliki. Setelah itu, pastikan untuk mengaktifkan centang pada menu captcha. Apabila terdapat kesalahan dalam memasukkan No.UKG, maka langsung saja hubungi Dinas Pendidikan setempat sesuai wilayahnya.

Nomor UKG tersebut dapat diperoleh ketika guru sudah mengikuti proses UKG atau Uji Kompetensi Guru pada wilayah yang memang sudah ditentukan masing-masing. Yakni oleh Dinas Pendidikan pada kota ataupun kabupaten setempat sesuai dengan persyaratan yang diberlakukan.

Cara Login Akun SIM PKB

Apabila Anda sudah melakukan proses pendaftaran pada UKG kemudian berhasil, maka saatnya untuk masuk atau login pada halaman SIM PKB. Setelah itu, pengguna bisa langsung memasukkan nomor maupun alamat email serta password yang dipakai saat registrasi.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan internet wireless

Setelah itu, pastikna untuk memilih tombol masuk agar dapat masuk ke akun yang diinginkan. Setelah masuk pada akun tersebut, maka Anda bisa juga memperbarui mata pelajaran yang sudah tersedia. Pasalnya, mungkin saja perubahan mata pelajaran tersebut terjadi.

Baik itu pada jenjang Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, SMP, maupun SMA. Untuk memperbarui mata pelajaran sendiri dapat dilakukan dengan langsung mengupdate atau merubahnya pada halaman profil di masing-masing akun. Yakni dengan memilih menu edit mapek lalu edit sesuai dengan kebutuhan.

Cara Reset Password SIM PKB

Sebagian dari Anda mungkin mengalami kegagalan saat ingin login ke dalam akun SIM PKB. Umumnya, hal tersebut terjadi saat pengguna lupa akan kata sandi mereka. Dalam hal ini, maka langkah yang perlu diambil adalah dengan melakukan reset password atau memperbarui kata sandi.

Caranya adalah dengan membuka halaman beranda. Jika sudah, maka pastikan untuk memasukkan alamat email yang digunakan untuk mendaftar sebelumnya. Kemudian, isi captcha yang diminta dengan benar lalu kirimkan. Setelah itu, pastikan alamat email yang dimasukkan tidak salah.

Selanjutnya, Anda akan menerima email untuk mengganti kata sandi. Kemudian, salin kata sandi baru yang sudah dikirimkan dari email. Setelah itu, pengguna bisa langsung login atau masuk ke akun SIM PKB seperti biasanya dengan kata sandi baru tersebut.

Penutup

Itulah beberapa informasi mengenai pengertian dan cara mendaftar SIMPKB guru belajar Kemendikbud. Pada dasarnya, adanya SIM PKB tersebut sangatlah penting demi meningkatkan skill serta kompetensi guru dalam mengajar anak didik mereka dengan baik sehingga pastikan untuk memiliki akunnya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.