Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

5 Rekomendasi VPN gratis untuk PC dan Laptop Windows

2 min read

Rekomendasi VPN gratis untuk PC dan Laptop

Umumnya, menggunakan VPN bertujuan agar koneksi jaringan bisa lebih privat karena alamat IP tidak akan ditampilkan ke publik. Selain itu, dengan menggunakan VPN Anda bisa membuka website yang diblokir oleh suatu negara. Untuk itu, Anda bisa coba menggunakan VPN gratis untuk PC dirumah.

Baca juga : Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect ke WiFi

VPN atau Virtual Private Network adalah layanan mampu membuat pengguna bisa mengakses situs menggunakan server lain. Membuat kerahasiaan data Anda lebih terjaga.

Selain itu VPN juga bisa digunakan untuk membuka situs atau website yang diblokir oleh suatu negara. Dahulu VPN hanya digunakan oleh perusahaan untuk melindungi data yang sensitif. Namun seiring perkembangan zaman, VPN gratis untuk PC sudah bebas digunakan untuk keperluan pribadi.

Fungsi Virtual Private Network (VPN)

Sebelum membahas rekomendasi VPN gratis untuk PC, wajib tahu apa saja kegunaan dari VPN yang harus Anda ketahui sebelum menggunakannya. Berikut informasi lengkapnya.

1. Mengamankan Enkripsi

VPN bisa digunakan untuk mengamankan atau melindungi enkripsi. Untuk membaca data dalam sebuah situs atau website, tentu membutuhkan kunci enkripsi. Tanpa itu, komputer tidak bisa menguraikan data apabila terjadi brute force attack.

Namun disini VPN bisa melindungi enkripsi Anda, sehingga aktivitas online yang dilakukan bisa disembunyikan dari publik.

2. Menyamarkan Keadaan atau Posisi

VPN bertindak sebagai proxy Anda di internet. Data demografis dari negara lain membuat lokasi Anda tidak bisa diketahui secara langsung. Beberapa layanan VPN yang ada tidak menyimpan log aktivitas.

Baca juga : Alasan Kenapa Jaringan Indosat Lemot

Namun ada juga yang menyimpannya tetapi tidak akan memberikan informasi pribadi ke sembarang pihak. Itu artinya data pribadi sebagai pengguna VPN tidak akan tersebar ke publik.

3. Transfer Data Aman

Terkadang ada situasi yang membuat transfer data lebih dibutuhkan seperti adanya pandemi covid. Dimana semua orang harus beraktivitas di dalam rumah. Membuat transfer data melalui internet harus dilakukan.

Dengan menggunakan VPN ini bisa menjadi transfer dilakukan dengan lebih aman. Dengan menghubungkan layanan ke data pribadi dan melindungi enkripsi untuk menghindari terjadinya kebocoran data.

Rekomendasi VPN gratis untuk PC

Meski memiliki fitur keamanan dan kegunaan baik, namun tidak banyak orang yang ingin mengeluarkan biaya lebih untuk VPN premium. Namun tenang saja, karena masih ada VPN gratis, bisa digunakan. Berikut informasi lengkapnya.

1. Tunnel Bear

Rekomendasi pertama adalah tunnelbear VPN. Aplikasi ini cocok untuk pengguna baru mencoba aplikasi VPN. Karena memiliki fitur use-friendly simpel sehingga tidak membingungkan bagi pemula.

Tidak hanya itu, bahkan aplikasi ini menawarkan internet gratis sebesar 500 mb bagi pengguna gratisnya.

Namun untuk versi gratis kuota yang disediakan cukup terbatas ya. Untuk soal keamanan juga tidak perlu ditanya lagi, karena tunnelbear menggunakan enkripsi AES 256 bit yang diklaim sangat kuat sebagai pelindung jaringan internet Anda.

2. BetterNet

BetterNet merupakan salah satu aplikasi sangat direkomendasikan bagi pemula. Karena memiliki tampilan IU simpel sehingga akan mudah digunakan.

Baca juga : Cara Meningkatkan Sinyal WiFi di Laptop

Sebagai salah satu aplikasi VPN gratis, kualitas koneksi dijanjikan cukup stabil dengan banyak server pilihan, seperti Amerika, Jepang, dan juga Jerman.

Selain tersedia dalam versi gratis, betternet juga tersedia dalam versi premium. Untuk versi premium ini, pengguna tidak akan menemukan iklan saat menggunakannya.

3. Hide Me

Selain tersedia untuk PC, Hide me juga tersedia bagi pengguna smartphone. Aplikasi ini juga melakukan klaim bahwa hide me sudah dipercaya oleh 20 juta pengguna aktif di dunia. Karena kualitas, keamanan dan kecepatan yang dimilikinya.

Hide me juga menyediakan hingga 1.560 dari lebih 60 negara di dunia. Selain tersedia secara gratis, aplikasi ini juga tersedia secara premium tentunya dengan fitur berbeda.

4. Speedify

Aplikasi keempat ada speedify yang menjadi salah satu VPN favorit karena bisa digunakan untuk akses berbagai situs terblokir. Kabarnya, speedify menggunakan enkripsi AES yang sudah terbukti keamanannya dalam melindungi data penggunanya.

Aplikasi ini tersedia gratis untuk PC, bahkan memberikan kuota internet gratis hingga 1 GB bagi penggunanya. Namun dalam jumlah yang terbatas ya, jadi semoga beruntung.

5. Nord VPN

Terakhir ada aplikasi Nord VPN yang bisa digunakan hampir untuk semua perangkat, mulai dari android, iphone, PC, hingga Mac. Cara menggunakannya juga mudah, cukup klik penanda pada aplikasi untuk mulai menggunakannya.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi VPN Terbaik untuk Android

Bisa pilih server negara yang memiliki jaringan internet cepat. Selain itu Nord VPN juga memiliki keamanan ganda dengan merutekan koneksi internet ke 2 server berbeda.

Penutup

Jadi itu dia rekomendasi VPN gratis untuk PC. Setelah mengetahui kegunaanya apakah Anda tertarik untuk mencoba? Jika iya, bisa pilih salah satu rekomendasi terbaik yang juga telah diulas. Semoga bermanfaat.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.