Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Rekomendasi Aplikasi Root Tanpa PC di Android Masa Kini

2 min read

Ada banyak aplikasi root tanpa PC yang bisa digunakan meski belum tentu sesuai dengan HP Android dimiliki. Rooting biasanya dilakukan bagi sebagian orang untuk menghapus beberapa aplikasi bawaan di Android. Cara melakukannya juga cukup mudah.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Nonton Drakor Sub Indo Legal

Perlu Anda ketahui aplikasi root tanpa PC merupakan salah satu aplikasi yang berfungsi untuk mendapatkan akses root di Android. Seringkali digunakan untuk menonaktifkan paksa beberapa aplikasi bawaan yang seringkali menambah beban dan memakan sumber daya.

Kekurangan dari aplikasi root sendiri mampu menghapus sistem keaslian software yang bisa membuat ponsel bekerja dengan lambat. Jadi, ponsel yang awalnya dibeli dengan software asli juga dapat diisi dengan aplikasi tiruan.

Pengertian Rooting Android

Meskipun ada kelemahannya, beberapa orang memilih rooting ponsel biasanya karena kinerja semakin melambat dan usia perangkat yang sudah tua. Selain itu rooting juga banyak manfaatnya daripada kekurangannya. Penting untuk mengetahui definisi root terlebih dahulu.

Dengan melakukan rooting, maka pengguna Android mendapatkan hak superuser, Hal ini dapat melakukan modifikasi pada sistem operasi. Misalnya pada ponsel Samsung ada fitur Samsung Pay yang dapat dihilangkan jika tidak diinginkan.

Rekomendasi Aplikasi Root Tanpa PC

Dengan adanya sistem ini maka pengguna dapat dengan mudah melakukan kustomisasi baik dari aplikasi, tampilan, yang diinginkan. CPU ponsel juga dapat di overclock hingga memiliki performa lebih. Rooting adalah mereset keseluruhan software di Android.

Rekomendasi Aplikasi Root Tanpa PC

Aplikasi Root tanpa PC banyak ditemukan di internet. Keseluruhan aplikasi sangat kompatibel digunakan di berbagai tipe dan merk HP. Beberapa aplikasi tersebut ada di dalam list berikut ini:

1. Framaroot

Aplikasi framaroot sudah sangat terkenal di kalangan para rooter. Selain fiturnya yang mudah dimengerti dan kompatibel di semua jenis ponsel, framaroot juga tidak memerlukan PC. Langkah-langkah menginstalnya sangat mudah.

Download aplikasi ini di ponsel, selanjutnya ikuti petunjuk dan instruksi yang dikeluarkan oleh framaroot. Ada beberapa jenis exploit menarik untuk digunakan seperti Gandalf, Pippin, Gimli, Frodo, Boromir, Sam, Legolas.

2. Universal Androot

Universal Androot merupakan salah satu aplikasi root terbaik. Banyak orang menggunakan aplikasi ini karena tampilannya yang menarik. Cara untuk instalasinya juga cukup mudah.

Baca juga : Penyebab Kode Facebook 6 Digit Tidak Muncul

Caranya adalah dengan mengunduh terlebih dahulu aplikasi supersu. Selanjutnya buka aplikasi tersebut dan buka Universal Androot. Ikuti petunjuk, lalu langsung unduh, install aplikasinya sesuai dengan link yang diberikan.

3. SuperSU

Aplikasi ini sering dipilih karena menawarkan banyak opsi. Anda akan diberikan opsi ingin melakukan rooting secara menyeluruh atau hanya sebagian. Dengan menggunakan SuperSU tentunya kinerja ponsel Anda menjadi lebih baik.

Pengguna aplikasi ini sering mendapatkan update secara berkala sehingga tetap terhubung dengan fitur-fitur yang baru. Anda juga bisa melakukan unroot jika tidak puas dengan hasilnya. Tipe ini sering disebut dengan superuser

4. Kingroot

Kelebihan dari kingroot adalah ia memiliki fitur supers langsung di dalam perangkat aplikasinya. Jadi Anda tidak perlu sulit mendownload ulang kembali. Selain itu aplikasi ini juga memiliki berbagai utility yang keren lainnya.

Ada paketan aplikasi lain di dalam kingroot yang dinamakan kingoroot. Mereka tergabung di dalam kingoapp.

Meskipun masih tergolong baru, kingroot juga tidak kalah populer dari pendahulunya. Ini disebabkan karena fiturnya support untuk banyak jenis ponsel.

5. Flashify

Sesuai dengan namanya, maka kelebihan dari aplikasi ini adalah Anda dapat mendownload berbagai macam flashing dengan mudah. Ia juga menyimpan semua internal memori, partisi, dan menyimpannya di sebuah SD card. Anda tidak akan kesulitan mencari data lama.

Baca juga : Cara Menghilangkan Tulisan Capcut

Selain itu, keunggulan menarik yang lain adalah tersedia fitur command queue untuk penggunaan TWRP recovery yang dimana langsung bisa melakukan flashing dari aplikasinya. Selain itu perintahnya juga lengkap seperti wipe data, backup and restore, install zip, dan yang lainnya.

6. One Click Root

Keunggulan dari aplikasi OCR ini adalah proses rooting cepat dan dapat menginstal aplikasi yang tidak kompatibel. Anda juga dapat menginstal custom ROM selain dapat melakukan rooting. Sehingga performa ponsel menjadi lebih baik.

Caranya tergolong mudah yaitu dengan menghubungkan android dan klik root now pada aplikasinya. Ingat, sebelumnya harus sudah menginstal drivernya terlebih dahulu. Jika belum terinstal bisa langsung melakukan instalasi.

7. Z4 Root

Aplikasi z4 Root memang tidak sepopuler aplikasi rooting lainnya seperti diatas. Akan tetapi, banyak keunggulan yang ditawarkannya seperti fitur menarik dan juga mampu me root berbagai jenis smartphone tanpa PC.

Aplikasi ini juga berukuran cukup kecil. Sehingga dapat menghemat space di dalam ponsel Anda. Ruang dan kuota yang kosong dapat dimanfaatkan untuk mengisi dengan aplikasi lainnya. Maka dari itu Z4 Root dapat menjadi sebuah pilihan menarik.

Penutup

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi root tanpa PC beredar dan banyak digunakan oleh sebagian besar orang.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Stok Barang untuk Pelaku Usaha

Penting untuk mengetahui keunggulan juga kelemahan aplikasi yang akan dipakai nantinya. Jangan sampai salah pilih.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *