Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Rekomendasi Aplikasi PDF Reader untuk Windows & Android

2 min read

File portable document format (pdf) merupakan format file yang paling sering digunakan. Ada berbagai jenis aplikasi pdf reader untuk membaca file dalam bentuk dokumen ini. Penggunaannya juga sangat mudah sehingga semua orang bisa menggunakannya.

Baca juga : Rekomendasi Alternatif Microsoft Office Gratis

Format dokumen ini juga mudah dibaca dan berukuran cukup kecil sehingga tidak menghabiskan tempat penyimpanan di ponsel atau laptop. Selain itu format file ini tidak mudah diubah-ubah. Untuk itulah banyak orang yang menyimpan segala file dalam pdf.

Cara Membuat File PDF

File pdf dapat dibuat dengan menggunakan berbagai aplikasi. Seperti misalnya dari aplikasi Microsoft Office yaitu Word, Excel, Access, Powerpoint. Bahkan saat ini aplikasi desain 2D juga sudah mengakomodir file eksport pdf seperti dari adobe dan corel draw.

Rekomendasi Aplikasi PDF Reader untuk Windows

Cara membuat file pdf dari aplikasi Word atau Microsoft Office secara keseluruhan adalah dengan menggunakan menu file. Klik file, lalu klik save as, setelahnya akan muncul kotak dialog. Pada bagian bawah terdapat save as type, dan ubah ke pdf.

Cara lainnya bisa menggunakan situs online. Ada beberapa website seperti smallpdf, pdfconverter, ilovepdf, dan masih banyak yang lainnya. Keseluruhan software tersebut dapat digunakan untuk mengubah semua file gambar, word, menjadi pdf.

Rekomendasi Aplikasi pdf Reader untuk Membaca File

Aplikasi pdf reader yang dapat dipakai tersedia banyak di internet baik untuk ponsel maupun laptop. Sekarang sudah tersedia berbagai aplikasi untuk Windows, Android, Apple OS, Linux, dan berbagai macam sistem operasi lainnya.

1. Adobe Acrobat Reader

Aplikasi buatan developer adobe desain ini menjadi pdf reader yang sangat diminati oleh pengguna. Windows juga menggunakan aplikasi ini sebagai software bawaan di versi sistem operasi sebelumnya.

Adobe Acrobat Reader dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang memudahkan pengguna seperti membuka file melalui email serta web, langsung membagikannya dengan fitur share. Fitur comment dan halaman membaca juga bervariasi yaitu single page, continuous scroll, reading mode.

2. Office Suite + Pdf Editor

Belakangan ini banyak menggunakan aplikasi office suite untuk membuka pdf. Pada sebagian besar ponsel bahkan aplikasi ini merajai penggunaan reader pdf. Selain membuka pdf, apps besutan Office ini bisa sekaligus membaca file Word, Excel, dan lain sebagainya.

Baca juga : Fungsi Menu Ikon Word yang Sering Digunakan

Aplikasi ini menjadi terkenal karena dikembangkan oleh Microsoft Office. Keuntungan lain yaitu mampu mengekspor kembali dalam bentuk format Word, Excel, ePub. Tersedia juga fitur quick scanner untuk memindai dokumen dengan menggunakan kamera (layaknya scan).

3. WPS Office

Aplikasi ini biasa digunakan untuk ponsel pintar. Dengan menggunakan WPS Office maka tidak hanya bisa membuka pdf saja, tetapi juga digunakan untuk Word, Spreadsheet, power point, dan tipe lainnya. Selain itu bisa digunakan untuk berbagai macam fungsi.

Fiturnya bukan hanya untuk membuka pdf saja. Akan tetapi bisa digunakan untuk mengedit, menambahkan tanda tangan, konversi file dari pdf ke doc. Fitur combine file juga tersedia disini yaitu dengan cara menggabungkan beberapa file pdf menjadi satu.

4. Foxit

Foxit adalah aplikasi pembaca pdf tidak berbayar sama sekali alias gratis. Mereka juga menyediakan layanan didukung dengan berbagai fitur menarik. Hal ini sangat memudahkan bagi pengguna yang membutuhkan kemudahan konversi file.

Tidak hanya di PC, bahkan Foxit juga menyediakan fitur untuk mengedit file dan dokumen langsung di layar ponsel. Command seperti move, rename, copy, delete, bahkan memutar file audio dan video juga tersedia disini.

5. Google Pdf Viewer

Aplikasi ini tidak terlalu populer jika dibandingkan dengan beberapa pesaingnya. Bahkan google sendiri menyediakan pdf viewer yang jarang digunakan di ponsel, laptop maupun online. Meski begitu, Google pdf Viewer lebih banyak digunakan di handphone.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan OpenOffice

Google pdf Viewer tergolong merupakan aplikasi pembaca file pdf yang sangat sederhana. Fitur utamanya hanya melakukan pencarian, memilih teks untuk disalin, dan juga membaca file. App ini sudah tersambung dengan Google Drive, Documents, Spreadsheet, Slide.

6. Polaris Viewer

Bagi Anda yang senang membaca ebook, Polaris viewer adalah salah satu jawaban aplikasi ramah untuk digunakan. Selain membuka file pdf, juga bisa digunakan untuk membuka file doc, xls, zip, txt. Aplikasi ini bukanlah untuk editing dokumen.

Dengan fungsi utama untuk membaca ebook, maka fitur-fiturnya juga disesuaikan. Ada mode landscape, portrait, full window, multi window, user interface. Dukungan fitur text to speech memungkinkan pengguna untuk mendengar text yang tertulis dalam bentuk audio.

7. Xodo

Xodo adalah aplikasi yang disebut sebagai all in one pdf. Ada fitur unggulan seperti mencoret file di pdf seperti mengedit diatas kertas. Manager file juga memudahkan untuk mengganti nama, menghapus, memindahkan, dan mengcopy file atau folder.

Fitur optical character recognition (OCR) memungkinkan untuk menggunakan kamera ponsel menscan dokumen tercetak. Lalu mengubah file tersebut ke dalam bentuk pdf. Aplikasi ini sangat mudah dan praktis digunakan juga memudahkan editing di dalam ponsel.

Penutup

Aplikasi pdf reader sangat memudahkan dalam melakukan editing, command, eksport file pdf ke dalam bentuk file lainnya.

Baca juga : Aplikasi Gratis pengganti Microsoft Office

Beberapa yang disebutkan diatas sangat populer digunakan dan juga mudah diaplikasikan. Pilihlah aplikasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *