Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

5 Rekomendasi Aplikasi Keuangan UMKM Gratis di Indonesia

1 min read

Aplikasi keuangan adalah perangkat lunak yang membantu Anda mengelola keuangan pribadi atau bisnis. Nah di kesempatan kali ini saya akan membahas terkait rekomendas aplikasi UMKM gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatur keuangan bisnis atau usaha Anda.

Perlu Anda ketahui, Aplikasi keuangan dapat memberikan berbagai fitur yang membantu Anda melacak pemasukan, pengeluaran, dan membuat laporan keuangan.

Baca juga : Usaha Modal Kecil untuk Fresh Graduate

Aplikasi keuangan juga dapat terintegrasi dengan akun keuangan lain seperti akun bank atau akun PayPal untuk membantu Anda mengelola keuangan dengan lebih mudah.

Rekomendasi Aplikasi Keuangan UMKM Gratis

Aplikasi ini tersedia dalam berbagai versi, termasuk versi gratis dengan fitur terbatas dan versi berbayar dengan fitur lebih lengkap.

Fungsi Aplikasi Keuangan UMKM Gratis

Aplikasi keuangan merupakan alat yang berguna untuk membantu Anda mengelola keuangan pribadi atau bisnis.

Berikut adalah beberapa fungsi umum yang ditawarkan oleh aplikasi keuangan:

  1. Pembuatan invoice: Aplikasi keuangan dapat membantu Anda membuat dokumen invoice untuk menagih pembayaran dari pelanggan.
  2. Pemantauan pengeluaran: Aplikasi keuangan dapat membantu Anda melacak pengeluaran untuk membantu mengelola keuangan dengan lebih efisien.
  3. Pemantauan pemasukan: Aplikasi keuangan dapat membantu Anda melacak pemasukan untuk membantu mengelola keuangan dengan lebih efisien.
  4. Pembuatan laporan keuangan: Aplikasi keuangan dapat membantu Anda membuat laporan keuangan yang menggambarkan kondisi keuangan Anda atau bisnis Anda.
  5. Integrasi dengan akun keuangan lain: Aplikasi keuangan dapat terintegrasi dengan akun keuangan lain seperti akun PayPal atau akun bank Anda untuk membantu Anda mengelola keuangan dengan lebih mudah.
  6. Pembantu pajak: Beberapa aplikasi keuangan juga menyediakan fitur pembantu pajak yang dapat membantu Anda mengelola pajak dengan lebih efisien.
  7. Manajemen keuangan bisnis: Aplikasi keuangan dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis dengan lebih efisien dengan fitur seperti pembuatan invoice, pemantauan pengeluaran, dan pemantauan pemasukan.

Rekomendasi Aplikasi Keuangan UMKM Gratis

Berikut adalah beberapa aplikasi keuangan gratis yang dapat digunakan oleh UMKM pemula di Indonesia, di antaranya yaitu:

  1. Wave
  2. QuickBooks Self-Employed
  3. Zoho Books
  4. FreshBooks
  5. Xero

Semua aplikasi di atas dapat digunakan secara gratis dengan fitur-fitur terbatas yang dilengkapi fitur pembuatan invoice, pembuatan laporan keuangan, dan integrasi dengan akun PayPal.

Untuk menggunakan fitur yang lebih lengkap, Anda mungkin perlu membayar biaya berlangganan tambahan setiap bulannya.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

Sebaiknya pertimbangkan kebutuhan Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi keuangan tertentu.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *