Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

16 Rekomendasi Aplikasi Belajar Menulis Terbaik untuk Anak

3 min read

Rekomendasi Aplikasi Belajar Menulis

Belajar menulis kini tidak lagi hanya mengandalkan kertas dan pensil, tetapi bisa juga dilakukan melalui layar smartphone. Hal itu tidak lain karena banyaknya masa kini aplikasi belajar menulis yang dibuat untuk perangkat seperti Android dan juga iOS.

Baca juga : aplikasi penerjemah bahasa kucing

Jika sebelumnya kita hanya bisa belajar menulis dari kertas atau buku, kini hal itu juga bisa dilakukan melalui layar smartphone. Ya, kemajuan bidang teknologi telah memungkinkan banyak hal bisa dilakukan dalam sebuah gadget. Khusus untuk belajar menulis, peran para pengembang aplikasi sangatlah penting.

Pasalnya, dari tangan-tangan mereka banyak bermunculan aplikasi belajar menulis yang praktis dan mudah digunakan oleh anak. Hal itu tentu saja bisa mempercepat proses belajar mereka terutama ketika sudah masuk ke bangku sekolah dasar.

Rekomendasi Aplikasi Belajar Menulis

Sebagai orang tua, tentu ada sedikit kekhawatiran jika terlalu dini mengenalkan gadget pada anak. Salah satunya adalah alasan ketergantungan.

Namun, jika dalam proses pengenalan gadget tersebut juga disertai pembelajaran, tentu hasil positiflah yang akan didapat. Hal itu seperti yang bisa Anda dapatkan dari beberapa aplikasi belajar menulis berikut ini:

1. Belajar Menulis Huruf/Angka

Aplikasi yang dilengkapi dengan tampilan interaktif dan penuh warna ini adalah salah satu aplikasi yang cocok untuk anak belajar menulis. Tidak hanya menulis huruf saja, anak juga akan diajarkan bagaimana menulis angka dan juga penggalan suku kata.

Dengan begitu, anak akan lebih cepat menghafalkan bagian dari abjad yang berguna dalam penyusunan kata. Alhasil, dalam beberapa waktu ke depan si anak bisa lebih cepat memahami kata dan berguna saat nanti sudah mulai menyusun kalimat.

2. Paket Belajar Lengkap TK & PAUD

Tidak hanya menulis saja, aplikasi bernama Paket Belajar Lengkap TK & PAUD ini juga dilengkapi dengan pembelajaran berhitung, membaca, Bahasa Inggris, hingga mengaji. Tampilannya yang interaktif dan dilengkapi juga dengan permainan yang edukatif tentu akan membuat anak menjadi betah.

Baca juga : rekomendasi aplikasi belajar komputer masa kini

Salah satu aplikasi belajar menulis di Android ini juga bisa diakses secara gratis. Anda hanya perlu mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu di Play Store. Setelah itu, aplikasi bisa langsung digunakan kapan saja dan di mana saja sebagai media belajar anak.

3. Hip Hop Hen: ABC Letter Tracing

Di posisi berikutnya ada aplikasi Hip Hop Hen yang juga berfokus pada pembelajaran dengan cara yang menyenangkan. Bahkan, anak bisa sambil mendengarkan musik sembari bermain dan belajar di aplikasi ini. Dengan begitu, suasana yang belajar anak akan jauh lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Di sini, anak akan diajak untuk mengenali dan menghafal huruf-huruf tertentu terlebih dahulu. Kemudian memberikan kesempatan pada mereka untuk mengingatnya, lalu menuliskannya mengikuti pola yang sudah disediakan. Secara umum, aplikasi belajar menulis ini cocok untuk anak usia 3 – 5 tahun.

4. Elmo Love ABC

Dalam dunia anak, karakter Elmo sepertinya sudah dikenal sejak era 90-an. Meski sudah lama, sosok Elmo coba dikenalkan kembali pada anak-anak jaman sekarang. Aplikasi ini terbilang sangat lengkap dari segi fitur dan materi pembelajarannya sehingga anak menjadi lebih mudah memahami materi.

Video karakter Elmo juga cukup sering muncul untuk menjelaskan sesuatu sehingga anak menjadi fokus karena merasa diajak berkomunikasi. Namun, lengkapnya fitur dab video penjelasan di aplikasi ini membuat Elmo Love ABC memiliki ukuran file yang besar untuk didownload, yaitu 600 MB lebih.

5. iTrace

Dengan tampilan yang tidak kalah menarik dari aplikasi-aplikasi sebelumnya, iTrace juga memiliki tampilan yang layak dijadikan aplikasi belajar menulis untuk anak-anak TK dan SD. Selain itu, beberapa kustomisasi di aplikasi ini juga bisa meningkatkan pengalaman belajar bagi anak-anak yang menggunakannya.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan belajar online

Bahkan, aplikasi iTrace cukup mendukung anak-anak dengan kebiasaan khusus seperti menulis dengan tangan kiri (kidal). Dengan begitu, cakupan pengguna dari aplikasi ini akan lebih luas lagi. Untuk menggunakannya, Anda bisa download aplikasi ini secara gratis di Play Store.

6. Letter School

Belajar menulis dengan permainan juga ditawarkan oleh aplikasi Letterschool. Seperti yang kita tahu, kebanyakan anak akan cept merasa bosan ketika diminta untuk melakukan sesuatu yang tidak disukainya. Dengan adanya selingan bermain sembari belajar, tentu rasa bosan pada anak bisa diminimalisir.

Di dalam aplikasi belajar menulis satu ini, anak-anak akan melalui empat tahapan berbeda untuk bisa menulis dengan baik. Keempat tahapan tersebut antara lain tahapan permulaan, mengetuk, menjiplak dan terakhir menulis. Dengan melalui semua tahapan, kemampuan menulis anak akan lebih sempurna.

7. Writing Wizard

Terakhir, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Writing Wizard dengan pembelajaran menulis yang sangat baik. Sebagai orang tua, Anda bisa menerapkan berbagai kata yang bisa diubah untuk mengajarkannya kepada anak. Pilihan font tulisan di aplikasi ini juga cukup melimpah sehingga bisa diganti-ganti.

Selain itu, anak akan lebih antusias dalam mengikuti pelajaran karena aplikasi ini melibatkan permainan edukatif dengan tambahan stiker dan audio yang juga interaktif. Salah satu aplikasi belajar menulis untuk anak yang sebaiknya Anda coba.

Rekomendasi Aplikasi Belajar Menulis Lainnya

  1. Lancar Belajar Membaca + Suara Bersama Marbel
  2. Marbel Belajar Menulis + Suara
  3. Belajar Membaca Lancar
  4. Materi Belajar Lengkap Anak PAUD TK SD
  5. Belajar Membaca Huruf ABC + Suara
  6. Learning 1 to 100 Numbers, Alphabet, Spellings Tracing
  7. Write ABC – Learn Alphabets Games for Kids
  8. Tulis 123
  9. Learn ABC Letters with Captain Cat

Penutup

Dengan aplikasi belajar menulis di atas, harapannya tentu anak-anak yang menggunakannya bisa memiliki kemampuan menulis yang lebih cepat dan lebih baik sehingga bisa membantunya saat sudah masuk di bangku Sekolah Dasar.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan media sosial

Akhir kata, demikianlah informasi singkat kali ini yang dapat saya bagikan seputar apk menulis ABC untuk belajar anak usia dini. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini hingga selesai, see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.