Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Mengenal Apa itu Greater Jakarta dan Informasi Penting Lainnya

2 min read

Modus penipuan semakin marak terjadi. Salah satunya adalah melalui istilah yang sering ditemui yaitu Greater Jakarta. Apakah ini? Pentingkah untuk diketahui? Tentu saja penting karena tidak selalu telepon ini memiliki modus penipuan.

Baca juga : Cara Mengalihkan Panggilan Telepon ke Nomor Lain

Telepon yang dimaksud adalah dari nomor 021 atau +6221 yang merupakan kode area dari wilayah Jakarta atau Jabodetabek. Memang bukan hanya penipuan, beberapa kali nomor ini juga memberikan info tentang interview atau penawaran iklan.

Cara Mengetahui Telepon Spam

Telepon spam seringkali mengganggu orang yang dihubungi. Baik itu penjualan produk, menawarkan investasi, asuransi, dan lainnya. Terlebih lagi saat menjawab telepon penipuan, akan sangat membahayakan bagi penerimanya.

Mengenal Apa itu Greater Jakarta

Pada dasarnya untuk mengetahui apakah nomor telepon tersebut spam atau bukan maka dapat diketahui dari nomor itu sendiri. Caranya adalah dengan melakukan browsing nomor yang tertera. Lalu ketikan di browser internet.

Jika memang nomor tersebut dari perusahaan besar, maka akan tertera di informasi kontak perusahaan. Jika tidak ada, Anda bisa mengabaikannya. Seringkali juga ada beberapa orang melaporkan nomor spam yang mengganggu berikut keterangannya di internet.

Cara Menangani Panggilan Greater Jakarta

Panggilan Greater Jakarta data diatasi dengan berbagai cara. Poin yang terpenting adalah jangan panik dan tetap tenang. Pertama harus dikenali terlebih dahulu identitas penelpon dan lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Angkat Telepon dengan Baik

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa tidak semua telepon dari nomor 021 itu berbahaya. Terlebih jika seseorang memiliki kerjasama dengan perusahaan tertentu, janji temu, atau bahkan interview. Kenali keperluan Anda terlebih dahulu.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Telepon bagi Pengguna

Selanjutnya jika ada panggilan yang masuk maka Anda dapat langsung mengangkatnya dengan tenang. Jangan langsung memblokir atau tidak mengangkat telepon tersebut. Maka dari itu, Anda mampu berpikir jernih.

2. Dengarkan Informasi yang Diberikan Secara Seksama

Pada bagian awal tentunya penelpon akan memberikan informasi tentang identitas penelpon. Dengarkan dengan baik, dari perusahaan atau instansi mana. Biarkan mereka memberikan informasi sejelas-jelasnya.

Jika ada yang tidak jelas dengarkan saja terlebih dahulu jangan memotong pembicaraan. Biasanya jika penelpon jujur maka pembicaraan tidak akan bertele-tele. Jika penelpon bermaksud menipu mereka akan memberikan informasi yang panjang dan sulit dipahami.

3. Menjawab Dengan Penuh Ketenangan

Setelah mendengarkan dengan baik dan menganalisis informasi, maka Anda berhak untuk berbicara. Jika merupakan telepon promosi dan tidak menghendakinya, maka dapat ditolak dengan halus. Jangan membentak penelpon.

Jika merupakan telepon penipuan seperti ada kerabat yang kecelakaan atau masuk rumah sakit meminta sejumlah uang jangan panik. Telepon bisa langsung dimatikan. Lalu pastikan ke kerabat tersebut mereka dalam kondisi baik.

4. Menutup Telepon

Jika Anda yakin penelpon tersebut melakukan penipuan maka bisa langsung memutuskan sambungan. Tidak perlu berbicara atau menanggapi pembicaraan. Mereka lebih berkesempatan menipu lebih banyak jika terus ditanggapi.

Baca juga : Tips Memilih Aplikasi Jual Pulsa Murah

Jika telepon tersebut merupakan sebuah promosi, maka dapat dijelaskan bahwa Anda belum ingin hal tersebut. Jika mereka tetap memaksa, jelaskan dengan tegas dan tetap dengan intonasi yang sopan. Anda berhak untuk memutus sambungan jika merasa terganggu.

Kepentingan Telepon dari Greater Jakarta

Biasanya adalah beberapa keperluan penelepon dari nomor 021 menghubungi Anda diantaranya sebagai berikut:

1. Ada Hubungan Kerja dengan Perusahaan

Hubungan yang dimaksud adalah mungkin kerjasama bisnis ataupun interview. Seringkali perusahaan menggunakan kode area Jakarta karena memang berlokasi disana. Jika panggilan interview juga biasa menggunakan nomor telepon 021.

Pastikan dulu apakah Anda mempunyai hubungan kerja dengan perusahan di Jakarta atau tidak. Jangan langsung menolak mengangkat telepon. Mungkin saja bisa menjadi rejeki tambahan untuk bisnis.

2. Promosi Produk Atau Jasa

Promosi lewat telepon yang paling sering terjadi adalah promosi perbankan. Seringkali penawaran seperti asuransi, investasi, maupun produk-produk lainnya. Biasanya penelpon akan menjelaskan mereka dari perusahaan tertentu dan menawarkan produk.

Memang hal ini mengganggu jika mereka menelpon di jam-jam sibuk. Terlebih lagi menawarkan produk atau jasa dengan cara memaksa dan menahan sambungan telepon lebih lama. Tolak secara halus jika terjadi hal ini.

3. Penipuan

Nomor 021 memang sudah dapat diperoleh secara ilegal di internet. Maka dari itu kehati-hatian tetaplah penting. Bersikaplah kritis jika si penelpon mulai membicarakan hal yang tidak masuk akal.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Samsung Tidak Bisa Melakukan Panggilan Keluar

Jangan mudah percaya kepada pembicaraan orang. Selain itu, dilarang keras untuk memberikan nomor PIN perbankan dan identitas pribadi lainnya. Tetap berpikir dengan jernih bagaimanapun cara penipu mempengaruhi Anda.

Kesimpulan

Tetaplah berhati-hati dan selalu menganalisis situasi jika mendapatkan panggilan dari greater Jakarta. Jangan mudah terpancing dan tetap gunakan akal sehat. Tidak perlu takut menerima panggilan tersebut, karena mungkin saja merupakan keuntungan bagi Anda.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.