7 Langkah Pertama Mengatasi Laptop Kemasukan Air

2 min read

Laptop kemasukan air

Air merupakan musuh utama berbagai perangkat elekronik seperti televisi, radio, smartphone, komputer ataupun laptop. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai langkah pertama mengatasi laptop kemasukan air yang dapat anda lakukan dengan cepat dan efektif.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan komputer bagi pengguna

Seperti yang kita tau bahwa perangkat laptop merupakan perangkat elektronik yang memiliki fungsi cukup penting dalam kehidupan manusia sehari-hari, baik itu bekerja, belajar online, menyimpan data dan hal lainnya.

Barang elektronik yang terkena air memang hal yang sangat merepotkan dan dapat membuat kerusakan hingga matot atau mati total pada perangkat elektronik tersebut. Tidak perlu panik, anda dapat menjalankan pertolongan pertama pada laptop yang kemasukan air dibawah ini.

Langkah pertama laptop kemasukan air

Berikut ini merupakan cara efektif dalam menyelamatkan laptop yang terkena tumpahan air, diantaranya yaitu :

1. Jangan hidupkan laptop

Mungkin hal pertama yang anda lakukan saat laptop kemasukan air ialah panik dan mencoba menghidupkan perangkat laptop tersebut dengan cara menekan tombol power berkali-kali.

Jika laptop tersiram air jangan coba coba untuk menghidupkan laptop, hal ini saya sarankan karena dapat menyebabkan komponen motherboard atau mesin utama laptop menjadi konsleting yang kemungkinan terburuknya bisa membuat perangkat laptop matot (mati total).

Tentu hal tersebut akan menjadi masalah baru bagi anda yang dapat membuat biaya reparasi menjadi lebih mahal dan berdampak pada kerusakan komponen yang lainnya seperti RAM, Harddisk, Layar LCD dan komponen lainnya.

2. Langsung lepaskan kabel charger

Apabila keadaan laptop terkena air dalam keadaan dicas harap langsung melepaskan kabel charger tersebut, hal ini wajib dilakukan untuk menghentikan aliran listrik agar tidak terjadi konsleting pada perangkat.

3. Balik posisi laptop

Langkah selanjutnya ialah membalik posisi laptop dan goyang goyangkan dengan ringan, hal ini bertujuan untuk mengeluarkan semua air yang ada didalam perangkat laptop tersebut. Langkah ini sebaiknya segera anda lakukan ketika laptop terkena air secara menyeluruh, seperti kehujanan, terjatuh ke sungai atau hal lainnya.

4. Keringkan bagian luar yang basah dengan kain kering atau tisu

Setelah membalik posisi laptop dan mengeluarkan isi air yang tersisa, langkah selanjutnya ialah membersihkan dan mengeringkan bagian luar yang basah dengan tisu atau kain kering. Hal ini bertujuan agar air yang masuk tidak bertambah banyak dan menyebar ke seluruh bagian laptop tersebut.

5. Lepas semua komponen laptop (jika memungkinkan)

Tindakan ini dapat anda lakukan katika anda telah memahami cara membongkar laptop tersebut, komponen yang dapat anda lepas ketika terkena air ialah seperti RAM, Harddisk, Dvd internal, dan layar laptop (LCD).

Hal ini cukup efektif dan cepat dalam meringankan laptop yang terkena air, dengan lepasnya semua komponen tersebut tentu air yang ada didalamnya dapat segera anda bersihkan dengan kain kering ataupun memasukkannya ke dalam beras.

6. Masukkan kedalam beras

Apabila anda tidak mengerti cara melepas komponen laptop, anda dapat mengeringkannya dengan memasukkan seluruh laptop kedalam beras selama berhari-hari sekitar semingguan agar air yang didalamnya sepenuhnya hilang dan kering.

7. Bawa ke tempat reparasi komputer

Jika anda telah menggunakan semua cara diatas tadi dan laptop masih saja tidak bisa menyala, saya rasa didalamnya ada beberapa komponen yang konslet dan mau tidak mau harus membawa ke tempat reparasi komputer terdekat.

Langkah diatas merupakan tindakan pertama yang bisa anda lakukan. Alangkah baiknya anda menyerahkannya kepada ahlinya yakni teknisi komputer, konsultasikan dengan jelas dan harap bersabar, semoga biaya perbaikan tidak besar serta data data yang ada didalamnya terselamatkan.

Penutup

Semua cara diatas murni pengalaman saya dalam mengatasi laptop terkena air, mulai dari kehujanan, terkena air mineral dan hal ceroboh lainnya. Semoga tutorial diatas tadi dapat membantu anda dalam mengatasi laptop kemasukan air, sekian dari saya dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya, see you.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *