Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

10 Keunggulan dan Kelemahan Ban Tubeless pada Kendaraan

2 min read

Keunggulan dan Kelemahan Ban Tubeless

Ban tubeless sudah bukan istilah asing bagi pengendara, baik itu motor maupun mobil. Jenis ban ini lebih banyak disukai karena banyak orang yang menganggap ban tubeless lebih kuat dibanding dengan ban biasa.

Baca juga : Tips Melakukan Prosedur Mengajukan Kredit Mobil

Ban tubeless mungkin bertekstur lebih keras dibanding ban biasa, ban ini juga tidak lagi memerlukan ban dalam. Namun apakah faktor ini mempengaruhi ketangguhannya? Karena sebenarnya ban tubeless juga memiliki keunggulan serta kelemahan. Berikut adalah ringkasan yang bisa Anda simak.

Keunggulan Ban Tubeless

Berikut di bawah ini beberapa kelebihan ban tubeless pada kendaraan bermotor dan mobil yang perlu Anda pahami, di antaranya yaitu:

1. Ban yang Bocor Tidak Langsung Kempes

Ban mobil tubeless dan ban motor tubeless memiliki keunggulan yaitu tidak akan langsung kempes saat mengalami kebocoran.

Ini disebabkan angin pada bagian dalam ban tubeless bisa bertahan lebih lama dibanding dengan ban biasa, sehingga ban tidak langsung kempes sementara Anda bisa mencari tambal ban terdekat.

2. Menambal Ban Jadi Lebih Cepat

Saat ban bocor, tak perlu lagi menunggu lama ban Anda selesai ditambal. Menambal ban tubeless lebih hemat waktu, karena Anda tak perlu mengeluarkan ban dalam layaknya menambal ban biasa.

Baca juga : Fungsi dan Jenis-jenis Transmisi Kendaraan

Proses penambalan sendiri hanya butuh waktu sekitar 5-10 menit. Berbeda dengan proses penambalan ban biasa yang butuh waktu sekitar 30 menit.

3. Dapat Menutup Kebocoran secara Otomatis

Biasanya ban tubeless memiliki cairan anti bocor yang sengaja diberikan agar bisa memiliki kemampuan untuk menutup/menambal kebocoran dengan sendirinya. Cairan ini sendiri biasanya dimasukkan pada ke ban ketika pertama kali pemasangan.

Dengan adanya cairan ini, ban jadi tidak mudah bocor. Selain itu, Anda tak perlu lagi repot mencari tempat tambal ban ketika kondisi darurat.

4. Risiko Kebocoran Lebih Kecil

Di jalan, banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan ban jadi bocor. Mulai dari jalanan rusak, hingga kotoran yang tersangkut di sela-sela ban bisa menyebabkan gesekan yang meningkatkan risiko kebocoran.

Namun dengan ban tubeless, kebocoran akibat benda-benda yang disebutkan tadi jadi berkurang. Hal ini karena ban tubeless hanya akan bocor ketika benar-benar tertusuk oleh benda yang sangat tajam.

5. Cocok Digunakan di Kecepatan Tinggi

Permukaannya yang keras dan tebal membuat ban tubeless tangguh untuk digunakan bermanuver pada kecepatan tinggi, sementara ban biasa belum tentu bisa melakukannya.

6. Bermotif Anti Slip

Ban tubeless memiliki motif kembangan atau ulir pada permukaan ban yang lebih dalam dibanding ban biasa. Motif ini memiliki daya cengkram yang kuat serta memudahkan pengeluaran air.

Baca juga : Varian Harga Ban Komodo di Indonesia

Sehingga saat musim hujan yang menyebabkan jalanan jadi licin, ban tubeless sangatlah cocok digunakan untuk kendaraan Anda.

7. Perawatan Lebih Mudah

Merawat ban tubeless lebih mudah dibanding ban biasa. Anda hanya perlu memastikan seluruh bagian ban tetap bersih dan juga posisi velg tidak longgar atau bergeser.

Kelemahan Ban Tubles

Berikut di bawah ini beberapa kekurangan ban tubles yang perlu Anda ketahui sebelum mulai menggunakannya, di antaranya yaitu:

1. Tidak Cocok Digunakan Pada Medan Terjal

Meskipun teksturnya lebih keras dan tebal dibanding ban biasa, ternyata ban tubeless tidak cocok untuk dibawa berlama-lama melintasi medan yang terjal.

Karena hal ini bisa menyebabkan velg mobil maupun motor Anda akan jadi tidak awet. Sebab kondisi jalan yang bergelombang dan tidak rata akan langsung disalurkan pada velg sehingga velg jadi cepat rusak.

2. Masa Pakai Lebih Pendek

Walau perawatannya mudah dan perbaikannya yang cepat, ternyata ban tubeless usia pakainya lebih pendek dari ban biasa. Ini karena bahan compound yang terdapat di ban tubeless lebih lunak, meskipun teksturnya tebal dan keras.

3. Lebih Berat

Kelemahan ban tubeless lebih berat dari ban biasa karena teksturnya yang keras dan tebal. Hal ini membuat Anda akan sedikit lebih repot jika sewaktu-waktu butuh mengganti sendiri ban Anda.

4. Harga Lebih Mahal

Ban tubeless dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibanding dengan ban biasa. Selisih harganya bervariatif, dari 30% hingga 50% jika dibandingkan dengan ban biasa.

Baca juga : Mengenal Apa itu Greater Jakarta

Mau pakai ban tubeless atau ban biasa, tentunya pilihan ada di tangan Anda. Namun untuk perawatan agar ban mobil tetap awet dan terjaga, pastikan selalu datang ke bengkel resmi Suzuki untuk mendapatkan pelayanan terbaik dari teknisi professional kami.

Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.