Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

4 Kelebihan Video Marketing dalam Teknik Pemasaran

2 min read

Kelebihan Video Marketing

Kini seiring perkembangan teknologi, banyak pelaku usaha mulai mengubah teknik pemasaran tradisional menjadi online, yang dikenal dengan sebutan digital marketing. Dimana mereka tidak hanya mengacu pada tulisan, tetapi juga memanfaatkan kelebihan video marketing.

Baca juga : contoh ide bisnis dengan modal kecil

Dengan tersedianya berbagai macam media sosial modern yang ada saat ini, tentu sangat mempermudah seseorang dalam berbagi tips seputar beragam ide milik pelaku usaha di Indonesia dalam mempromosikan produknya menggunakan teknik video marketing secara digital.

Pengertian Video Marketing

Singkatnya, video Marketing merupakan salah satu metode pemasaran sebuah produk, baik berupa barang maupun jasa dari sebuah brand yang dilakukan oleh pelaku usahanya dengan memanfaatkan video sebagai media untuk menarik para konsumen dengan menyajikan konten semenarik mungkin.

Biasanya, video yang akan diunggah pada sosial media mampu memfokuskan perhatian calon pembeli atau konsumen dengan jalan ceritanya. Sebab, mereka dibuat layaknya film dan juga drama. Jadi, tayangan konten tersebuh tidaklah seperti gambaran promosi yang secara gamblang mengundang pembeli.

Oleh sebab itu, penggunaan video marketing sangat populer di kalangan pelaku usaha kecil-kecilan yang ingin memasarkan produknya melalui platform digital. Karena audiens nya pun jauh lebih tertarik dengan pengiklanan melalui tayangan seperti ini daripada konten tertulis.

Kenapa Harus Menggunakan Video Marketing?

Banyak sekali yang beranggapan bahwa dalam teknik pemasaran tidak perlu menggunakan media yang ribet, mereka bisa melakukannya hanya melalui tulisan saja. Faktanya, penggunaan video sebagai medium untuk memasarkan sebuah produk jauh lebih efektif untuk menarik konsumen.

Mengapa demikian? Alasan yang pertama, pengguna internet lebih gemar menonton video dibandingkan membaca. Maksudnya ialah mereka senang menonton tayangan singkat berisi sesuatu hal yang tidak biasanya. Seperti, drama pendek yang didalamnya disisipkan sebuah promosi suatu produk.

Alasan berikutnya, memudahkan para pelaku usaha untuk bisa terhubungan dengan calon pembeli mereka melalui commentar section. Kemudian, mampu memperoleh kepercayaan dari konsumennya dengan memperkenalkan produk yang mereka miliki.

Kelebihan Video Marketing

Penggunaan media sosial sebagai salah satu platform terbaik untuk memasarkan produk milik pelaku bisni atau usaha secara efektif melalui pengunggahan video sebagai contoh teknik promosi menggunakan medium ini tentu mempunyai beberapa kelebihan, seperti berikut:

1. Tidak Perlu Mengeluarkan Biaya yang Cukup Mahal

Dalam pembuatan video marketing yang baik tidak selalu menghabiskan biaya yang cukup besar. Sebab, para pelaku usaha mampu membuatnya hanya dengan menggunakan perangkat PC atau mobile phone milik mereka. Oleh sebab itu, mereka tidak perlu mengeluarkan dana yang banyak.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan email marketing

Selain itu, mereka juga disediakan berbagai situs web atau aplikasi pendukung dalam memfasilitasinya untuk menyebarkan video yang telah dibuat. Seperti, Instagram, Youtube, Tiktok, dan masih banyak lagi. Terlebih lagi, dengan mengandalkan paket data agar dapat diunggah ke beberapa sosial media.

2. Media Pengiklanan Tidak Monoton dan Membosankan

Kelebihan berikutnya yang dimiliki oleg video marketing adalah media promosi atau iklan tidak terlalu monoton dan membosankan. Sebab, para pelaku usaha maupun pebisnis telah meng-upgrade teknik pemasaran mereka agar lebih attractuve menggunakan sebuah tayangan.

Yang pada mulanya, mereka hanya menggunakan tulisan atau rangkaian kalimat persuasif dalam memasarkan produknya. Maka, kini sudah jauh lebih baik dengan menambahkan suara, wajah, serta gambar dala video marketing supaya mampu menumbuhkan kepercayaan pada konsumen.

3. Dapat Meraih Target Pasar dengan Lebih Cepat

Seperti yang diketahui bahwa penggunaan media sosial yang memanfaatkan beragam platform digital dalam memasarkan suatu produk secara online menggunakan internet yang tersedia, mampu menjangkau target pasarnya secara menyeluruh dengan mudah. Sebab, adanya fasilitas tersebut.

Selain itu, karena proses penyebaran menggunakan platform digital melalui berbagai sosial media dapat dilakukan dengan cepat. Sebab, mereka hanya perlu menyalin tautan dari konten, re-posting, dan sebagainya bisa menggaet calon konsumen dalam waktu yang cukup singkat.

4. Bisa Memikat Pengunjung dengan Mudah Karena Tertarik Pada Isi Konten yang Menyenangkan

Dalam mesin pencarian, seperti Google, Yahoo, dan sejenisnya sudah dibuat metode khusus supaya konten iklan dapat ditemukan dengan mudah. Salah satunya ialah dengan menggunakan kata kunci yang tepat untuk media promosi anda agar bisa muncul di halaman sebuah search engine.

Tidak hanya itu, penggunaan video sebagai metode pemasaran pun sangat menyenangkan bagi para konsumennya. Sebab, isi konten yang menarik mampu membuat mereka menaruh perhatian lebih pada media tersebut. Sehingga, penonton merasa senang serta tertarik dengan persuasi yang secara halus diimbuhkan di dalamnya.

Penutup

Itu tadi pemaparan singkat mengenai definisi dan alasan pendukung supaya mau memakai iklan dengan menggunakan video, yang disertai dengan beberapa kelebihan video marketing dalam mempromosikan produk melalui berbagai macam media sosial masa kini.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan press release media nasional

Akhir kata, demikianlah pembahasan seputar keunggulan video marketing dalam teknik pemasaran yang perlu Anda ketahui untuk mempromosikan produk atau hal lainnya. Semoga bermanfaat, see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.