Theza Hilda Masa-masa sulit tidak pernah bertahan lama, tetapi orang-orang tangguh mampu melewatinya.

10 Kelebihan dan Kekurangan SEO dalam Pemasaran Digital

3 min read

Istilah SEO merupakan strategi berbasis digital untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau traffic dalam suatu website online. Tujuan utamanya mendapatkan posisi peringkat pertama pada mesin pencari seperti Google. Walaupun begitu, Anda wajib mengetahui kelebihan dan kekurangan SEO terlebih dahulu.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan SEM

Sebab pemahaman terhadap keunggulan serta kelemahan dari tools satu ini. Dapat memberikan Anda gambaran seperti apa penggunaan serta manfaat yang bisa Anda dapatkan. Oleh karena itu, pastikan untuk mencari detail setiap informasi terkait tools tersebut.

Kelebihan SEO

Menggunakan sebuah tools baru untuk meningkatkan traffic. Anda tentu akan tergiur dengan keunggulan atau benefit dari memanfaatkannya. Beberapa keunggulan SEO ini dapat Anda simak dengan lengkap dalam pembahasan berikut, di antaranya yaitu:

1. Dapat diakses Secara Gratis

Kelebihan SEO yang pertama adalah adanya fitur gratis sehingga memudahkan pengguna dengan tidak perlu menyewa Google Ads. Ketika pengguna ingin menjalankan strategi SEO, Anda tidak perlu mengeluarkan budget lebih untuk biaya iklan di social media maupun Google.

kelebihan dan kekurangan SEO

Melihat kelebihan SEO yang dapat Anda gunakan secara gratis ini, ternyata penggunaan SEO tidak memberikan hasil kerja instan. Mungkin Anda memerlukan waktu yang lama disertai dengan kesabaran agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Memiliki Fitur Monitoring Traffic Visitor

Memiliki Fitur Traffic Visitor membuat pengunjung lebih mudah dalam melihat dan memantau traffic pengunjung ketika menggunakan SEO.

Baca juga : Jasa Riset Keyword Website untuk Kebutuhan SEO

Fitur ini dapat membidik target pengunjung website dengan bantuan plugin semacam yoast seo untuk membidik keyword yang telah disisipkan dalam konten artikel.

3. Kelebihan SEO Membuat Website Menjadi Mudah Dikenal

Kelebihan SEO lainnya adalah website yang Anda miliki menjadi lebih terkenal karena telah melalui proses optimasi.

Hal ini membuat website Anda memperoleh peringkat atas pada mesin pencarian Google, sehingga pengunjung lebih mudah dalam mengenali website yang Anda kelola.

4. Membantu Meningkatkan Kepercayaan Suatu Brand

Kepercayaan suatu brand atau website merupakan hal yang sulit serta membutuhkan usaha keras untuk mendapatkanya. Di mana, Anda tentu memerlukan tenaga untuk bersaing dengan pengusaha lainnya.

Pada dasarnya, mesin pencari Google akan menampilkan hasil pencarian teratas. Hal ini berdasarkan beberapa faktor seperti konten yang relevan, kecepatan situs website hingga keamanan website.

Tidak mengherankan suatu brand yang tampil pada posisi teratas mesin pencari Google akan mendapat effort lebih dari pengunjung.

5. Kelebihan SEO Mampu Memperluas Jaringan Pemasaran

Mendapatkan posisi atas pada mesin pencari Google merupakan sebuah prestasi bagi pemilik website. Sebab, Indonesia sendiri memiliki persaingan ketat antar penduduk yang berkecimpung pada sistem blog atau website tersebut.

Baca juga : Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing

Menerapkan optimasi SEO pada website merupakan salah satu cara tepat untuk memperluas jaringan pemasaran yang Anda tawarkan. Anda akan lebih mudah dalam menjangkau target konsumen di seluruh wilayah Indonesia.

6. Strategi Pemasaran Jangka Panjang

Menerapkan SEO sebagai upaya meningkatkan performa website Anda merupakan sebuah langkah bijak. Tanpa Anda sadari, SEO justru akan mendatangkan prospek yang berkualitas untuk jangka panjang.

Tetapi, untuk memperoleh prospek yang berkualitas tersebut, tentunya Anda harus melakukannya dengan konsisten dan menjalankan SEO dengan cara yang sesuai. Ketika Anda tekun menggunakan SEO untuk website, orang-orang yang sesuai dengan target Anda akan mengunjungi website Anda.

Kekurangan SEO

Setelah mengetahui berbagai keunggulan dari pemakaian tools SEO. Anda tetap harus memahami kekurangan yang dimiliki. Sehingga, dapat dijadikan bahan pertimbangan lebih lanjut. Beberapa kelemahan penggunaan SEO bagi pengguna pemula dapat Anda ketahui dalam poin-poin berikut ini, di antaranya yaitu:

1. Adanya Kompetisi dari Pengguna yang Sangat Ketat

Dalam dunia SEO, persaingan dari para pengguna sangat ketat. Saat ini, ada banyak sekali website yang ingin memperoleh peringkat teratas di mesin pencari Google karena pada peringkat tersebut website dapat dikenal dan memiliki kepercayaan.

Beberapa jenis SEO menargetkan untuk area Nasional, sebagian lagi untuk area internasional. Dengan adanya persaingan yang ketat ini, tentunya membuat Google kesulitan mengenali suatu website terutama website.

2. Membutuhkan Proses Cukup Lama

Melakukan pengaturan SEO pada website hingga mendapatkan hasil yang sesuai dengan ekspektasi tampaknya tidak bisa dilakukan dengan cepat. Setelah mengatur SEO, Anda masih perlu menunggu agar website Anda terindeks oleh Google.

Baca juga : Fungsi Website untuk Bisnis

Proses indeks oleh Google ini memerlukan waktu beberapa hari agar hasil dapat terlihat di mesin pencari Google. Hal ini juga dipengaruhi oleh Algoritma Google yang sering berubah tanpa Anda sadari.

3. Selalu Mengikuti Perkembangan dari Sistem Kerja dan Algoritma

Mengikuti perkembangan Algoritma maupun sistem kerja merupakan langkah yang perlu Anda lakukan agar tidak tertinggal. Poin ini menjadi kekurangan SEO karena Anda perlu rajin memantau algoritma Google yang sering berubah.

Tujuannya adalah agar Anda dapat mengedit website ketika algoritma Google berubah. Ketika algoritma berubah dan Anda tidak menyadarinya, tentu hal tersebut akan menggeser posisi website di mesin pencari.

4. Bergantung Pada Search Engine

Ketika mengoptimasi SEO, semuanya akan bergantung pada algoritma dan sistem kerja. Sementara, mesin pencari seperti Google sering menjadi acuan optimasi SEO.

Jika pusat Google mengalami kendala, maka website Anda akan mengalami dampaknya. Salah satunya akan membuat website rusak dan tidak dapat diakses.

Penutup

Teknik SEO saat ini menjadi salah satu langkah paling popular yang banyak digunakan terutama  bagi digital marketer. Meskipun terlihat sepele, kelebihan dan kekurangan SEO tidak bisa Anda abaikan begitu saja.

Baca juga : Strategi Pemasaran E-Commerce Masa Kini

Pasalnya dengan mengetahui masing-masing kelebihan dan kekurangan SEO, dapat membantu Anda meningkatkan traffic website secara berkala. Semoga informasi di atas memberikan banyak manfaat.

Theza Hilda Masa-masa sulit tidak pernah bertahan lama, tetapi orang-orang tangguh mampu melewatinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.