Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

4 Kelebihan dan Kekurangan Scrum pada Software Development

2 min read

Kelebihan dan Kekurangan Scrum

Sesuai dengan perkembangan zaman yang tentu mempengaruhi kemajuan teknologi yang setiap waktu selalu berkembang dengan pesat. Salah satunya pada pengembangan perangkat lunak atau web development. Dimana, hal ini akan sangat bermanfaat bagi beberapa bidang seperti industri. Namun, sebelumnya pahami kelebihan dan kekurangan scrum.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan moodle

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya mengenai perkembangan zaman, bahwa kemajuan teknologi hampir setiap tahunnya selalu berkembang dengan pesat. Salah satunya adalah peningkatan pada pengembangan perangkat lunak, yang dikenal sebagai web development.

Web development sendiri sangat diperlukan untuk memenuhi project management, supaya pengerjaan setiap proyek dapat dilakukan secara efektif tanpa terkendala apapun. Meskipun, sewaktu waktu mungkin menghadapi masalah. Mereka mampu mengatasinya dengan mudah.

Pengertian Scrum

Secara umum, scrum merupakan berbagai kumpulan cara atau metode yang diterapkan guna memecahkan suatu masalah. Mereka sendiri menerapkan strategi pendekatan yang dikenal sebagai Agile, maknanya mengarah pada beberapa perangkat teknik dan praktik sesuai dengan nilai serta prinsipnya.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa scrum ialah susunan kerangka kerja atau framework yang bisa diterapkan untuk melakukan pengembangan pada perangkat Agile yang dimilikinya. Disisi lain, mereka telah dikenalkan dalam sebuah artikel bertajuk “The New New Product Development Game”.

Fungsi Metode Scrum

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, scrum bisa menjadi pilihan yang terbaik sebagai teknik untuk diimplementasikan dalam memenuhi kebutuhan manajemen proyek. Selain itu, mereka juga memiliki beberapa peranan yang dapat diterapkan agar pengelolaan kinerja secara maksimal.

Berikut di bawah ini beberapa peran dan fungsi penggunaan metode scrum yang perlu Anda ketahui, di antaranya yaitu:

1. Berperan Sebagai Product Owner

Peranan utama yang ada dalam teknik scrum ialah sebagai product owner. Dimana setiap peran mempunyai tanggung jawab serta tugasnya tersendiri yang harus diselesaikan oleh setiap orang. Sama halnya pada kedudukan yang satu ini.

Baca juga : mengenal kelebihan dan kekurangan edmodo

Seorang product owner pun mempunyai tugas serta tanggung jawabnya sendiri. Salah satunya ialah memastikan setiap pekerjaaan dari kelompok scrum berjalan dengan baik dan juga sesuai dengan tujuan atau goals dari proyek yang dikembangkan.

2. Berperan Sebagai Scrum Master

Peranan kedua yang ada dalam metode ini ialah scrum master. Posisi jabatan ini pun mempunyai rincian detail mengenai tugas serta tanggung jawab yang harus diselesaikan atau dikerjakan oleh mereka yang memiliki peran ini.

Salah satu tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang scrum master adalah mengawasi serta menjaga bahwa pengoperasian dari setiap anggota kelompok proyek berlangsung dengan efektif.

3. Berperan Sebagai Development Team

Peranan terakhir yang tergolong dalam scrum ialah development team atau dikenal sebagai tim pengembangan. Akan, dalam kelompok ini mereka terbagi menjadi dua golongan professional untuk memudahkan pembagian tanggung jawab.

Fungsi Metode Scrum

Anggota mereka pun mempunyai tanggung jawab serta tugasnya masing-masing guna memenuhi keperluan dalam mencapai tujuan dikerjakannya suatu proyek. Member dari development team tidak hanya menunggu pesanan, namun merencanakan prosesnya.

Kelebihan Scrum

Dalam setiap penggunaan suatu metode dalam memecahkan suatu masalah, terdapat berbagai manfaat yang ditawarkan kepada pengguna. Demikian pula, saat penerapan scrum yang sangat memudahkan pekerjaan para pengembang perangkat lunak.

1. Membantu Menghemat Biaya

Maksudnya ialah dalam pengeluaran biaya saat proses pengerjaan atau penyelesaikan sebuah proyek tidak terlalu menghabiskan anggaran yang telah disediakan oleh perusahaan dalam jumlah besar.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan CMS (Content Management System)

Tidak hanya itu, metode scrum juga membantu perusahaan yang menerapkan teknik ini dalam menghemat waktu pengerjaan. Biasanya, pengeluaran dana dari proses dan pengelolaan sangat minim.

2. Membantu Memonitor Aktivitas Serta Meningkatkan Produktivitas

Dalam penggunaan scrum, setiap perusahaan diberikan kesempatan untuk mengawasi dan mengontrol aktivitas pekerjaan yang mungkin mengalami peningkatan serta penurunan beban setiap waktunya.

Selain itu, di dalam scrum terdapat fitur daily scrum meeting yang dapat digunakan untuk mengukur produktivitas setiap anggota pekerjanya. Sebab, mereka pun mungkin berkembang dengan memberikan kinerja yang baik.

Kekurangan Scrum

Nah, setelah memahami definisi yang juga disertai dengan penjelasan kelebihan dari alat pengembangan ini. Sekarang, kami akan menyajikan pemaparan singkat tentang kelemahan Scrum. Berikut pembahasannya:

1. Proses Identifikasi Tugas yang Cukup Sulit

Pada umumnya, setiap perusahaan diharapkan untuk bisa membagi tugas serta tanggung jawab kepada pekerjanya dengan baik. Supaya tidak terjadi miscommunication dimana beberapa anggota tak memahami pekerjaannya.

Selain itu, tujuan pembagian atau identifikasi tugas ini akan membantu perusahaan dalam memperkirakan berapa banyak dana (biaya) serta waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan sebuah proyek.

2. Ada Kemungkinan Gagal karena Diatur dengan Ketat

Sama halnya seperti pembahasan sebelumnya mengenai pembagian tugas. Penyelesaian sebuah proyek dengan scrum bisa beroperasi dengan efektif apabila atasan mereka memberikan kepercayaan bahwa anggotanya mampu menyelesaikan tugas.

Begitu pula sebaliknya, apabila anggota karyawan kerap kali diragukan oleh scrum master dengan mengontrolnya terlalu ketat. Maka, akan membuat pekerjanya tidak nyaman sebab mereka merasa dibawah tekanan yang menyebabkan kegagalan.

Penutup

Kurang lebih, itu tadi pemaparan singkat mengenai definisi juga peranan yang dimiliki oleh setiap karyawan, serta beberapa kelebihan dan kekurangan Scrum pada software development dalam memfasilitasi suatu proyek agar dapat diselesaikan dengan efektif.

Baca juga : rekomendasi bot telegram yang berguna

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat seputar kelebihan dan kekurangan scrum yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca hingga selesai, see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.