Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Basic Press Release: Ciri, Jenis dan Contoh Press Release

3 min read

Basic Press Release

Berita berisi sebuah peristiwa yang telah, sedang atau akan terjadi. Oleh karenanya proses penyusunannya harus berdasarkan fakta. Salah salah satu informasi yang ditulis dalam bentuk berita adalah press release yang biasa dibuat oleh seorang public relations. Lantas apa saja basic press release?, simak lebih lanjut dalam artikel ini.

Baca juga : pengertian dan tujuan press release

Sebelum membahas lebih jauh mengenai basic press release ada baiknya Anda tahu dulu apa itu press release. Soemirat dan Ardianto (2014) mengemukakan bahwa yang dimaksud press release adalah informasi resmi yang dibuat oleh public relations berdasarkan fakta.

Di mana informasi tersebut akan disampaikan ke pihak media, baik itu melalui percetakan ataupun online. Pada dasarnya setiap press release yang dibuat memiliki kesamaan struktur. Namun ada perbedaan dari segi isi yang dimuat dalam laporan tersebut.

Ciri-ciri Press Release

Masuk dalam kategori informasi resmi yang dikeluarkan oleh badan usaha, maupun instansi. Press release memiliki gaya penulisan dan ciri tersendiri. Dalam dunia jurnalistik, perlu adanya pencarian fakta terlebih dahulu sebelum informasi tersebut disebarluaskan.

1. Mengandung Unsur yang Menyusun Berita seperti 5W1H.

Di dalamnya memuat what, who, when, where, why, dan how. What: apa yang ingin diketahui, who: siapa yang terlibat di dalamnya, when: kapan hal itu terjadi, where: di mana tempat kejadian tersebut, why: menanyakan alasan, How: kronologi peristiwa.

2. Berisi Fakta

Press release haruslah ditulis berdasarkan fakta yang ada. Pasalnya press release ini menjadi bagian dari berita yang di dalamnya berisi judul, lead, dan isi. Susunan penulisan didapatkan dari poin pertama.

3. Gaya penulisan

Terakhir ada gaya penulisan sebuah press release. Teknik yang benar dalam penulisan siaran pers adalah dengan berpedoman pada piramida terbalik. Dimana poin utama diletakkan di bagian paling atas. Lalu mengerucut ke ranah lebih umum.

Jenis-jenis Press Release

Press release bisa digunakan untuk meningkatkan image baik perusahaan di ranah publik. Apalagi untuk mereka yang ingin membuka kantor atau perusahaan baru. Secara garis besar press release memikiki tata penulisan yang sama, perbedaannya hanya dari segi isi.

1. Basic Press Release

Jenis press release semacam ini berisi tentang berbagai hal yang berkaitan dengan internal perusahaan. Di mana fokus tersebut memang untuk dipublikasikan. Berita itu juga memiliki nilai tersendiri baik dalam ranah lokal maupun nasional.

Baca juga : cara agar diliput media nasional di Indonesia

Selain itu seorang public relations juga bisa menggunakan basic press release untuk menginformasikan kepada khalayak mengenai perusahaannya. Hal ini dilakukan untuk memberikan citra baik ke masyarakat.

2. Financial Release

Press release pada jenis financial release ini lebih ke ranah membina hubungan dengan pemegang saham. Isinya adalah tentang laporan keuangan secara internal. Pasalnya, finansial menjadi masalah yang cukup sensitif, terutama dalam bisnis itu sendiri.

Oleh karenanya perlu manajemen yang baik agar kelangsungan hidup perusahaan terjamin. Dengan memilih terbuka akan kondisi finansial, secara tidak langsung akan menggaet investor potensial. Di Indonesia sendiri sudah ada perusahaan yang terdaftar di BEI.

3. Product Release

Untuk press release yang berkenaan dengan produk maka akan dicantumkan spesifikasi mendetail barang tersebut. Dari situlah kemudian bisa diketahui apa kelebihannya. Biasanya product release banyak digunakan untuk branding atau promosi barang baru.

Selain itu, press release jenis ini juga bisa dimanfaatkan untuk memenangkan persaingan industri. Di mana perusahaan tersebut telah berhasil mengembangkan barang produksi mereka. Dan secara otomatis akan menciptakan image baik pada khalayak.

4. Expert Position Press Release

Tidak hanya sebagai bahan untuk menginformasikan suatu produk atau keadaan perusahaan. Press release juga bisa digunakan untuk menginformasikan adanya perekrutan karyawan baru. Terlebih lagi jika orang itu menduduki posisi penting di bidang usaha tersebut.

Misalnya pergantian manager baru, investor besar, dan lain sebagainya. Bahkan di dalam informasi tersebut biasa dicantumkan foto orang terkait. Berikut profil lengkap juga kinerjanya sebelum berhasil menjabat.

Contoh Press Release

Untuk lebih jelas mengenai press release, mungkin akan lebih jelas jika Anda mengetahui contohnya. Selain itu, dengan mengetahui strukturnya, penulisan juga akan semakin mudah. Penasaran, ini dia press release tentang produk baru:

  1. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4355251/alasan-jasa-penerjemah-penting-bagi-bisnis
  2. https://www.liputan6.com/tekno/read/4355812/eduka-quiz-hadirkan-platform-latihan-soal-dengan-konsep-sekali-bayar-untuk-selamanya?
  3. https://www.suara.com/pressrelease/2020/11/09/014000/salah-satu-kampus-terbaik-di-indonesia-telkom-university-naik-peringkat
  4. https://www.suara.com/lifestyle/2020/08/26/193208/bertemu-banyak-pebisnis-mantan-karyawan-bank-ini-nekat-geluti-dunia-fesyen

Informasi Tambahan

Saat meluncurkan barang baru, ada beberapa hal yang harus dicantumkan di dalam press release. Selain itu, produk tersebut juga harus inovatif, agar menarik untuk diangkat menjadi sebuah artikel informatif.

  • Bubuhkan foto atau video yang tentunya dapat menggaet calon pelanggan membeli produk tersebut. Anda juga bisa menambahkan berbagai karakter animasi yang tentunya serumpun dengan produk yang akan dirilis.
  • Beritahukan waktu rilis dari produk yang akan atau sudah diluncurkan. Dengan begitu akan memberi kesan kepada pembaca atau calon konsumen bahwa produk benar-benar baru.
  • Berikan judul yang mengandung isi dari press release itu sendiri. Buat slogan yang kiranya mudah diingat oleh khalayak. Selain itu, desain judul juga bisa dibuat semenarik mungkin.
  • Mengenai isi dari press release bisa berupa spesifikasi atau gambaran detailnya.

Penutup

Setelah mengetahui basic press release dan semacamnya, kini public relations bisa dengan mudah membuat press release. Selain itu, pahami pula tata penulisan yang benar terkait berita yang akan dipublikasikan.

Baca juga : kelebihan press release media nasional bagi bisnis

Nah jika ingin nama atau brand yang Anda miliki masuk di media nasional ternama (diliput), Anda bisa menggunakan layanan professional jasa press release media nasional yang memiliki harga terjangkau, mulai dari 900 ribuan.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.