Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

8 Kelebihan dan Kekurangan Google Adsense bagi Pemula

2 min read

Kelebihan dan Kekurangan Google Adsense bagi Pemula

Google AdSense sendiri adalah platform iklan online yang dikembangkan oleh Google. Nah di kesempatan kali ini saya akan membahas seputar kelebihan dan kekurangan google adsense bagi publisher yang perlu Anda ketahui.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Google Ads

Platform ini memungkinkan pemilik situs web untuk menempatkan iklan di situs mereka dan mendapatkan bayaran berdasarkan jumlah klik yang mereka terima dari iklan tersebut. Ini merupakan cara yang populer bagi pemilik situs web untuk menghasilkan uang dari situs mereka.

Kelebihan Google AdSense

Berikut di bawah ini beberapa keunggulan dari platform google adsense bagi publisher yang perlu Anda ketahui, di antaranya yaitu:

1. Mudah Digunakan

Google AdSense sangat mudah digunakan, terutama bagi mereka yang sudah familiar dengan platform Google.

Anda hanya perlu mendaftar ke program AdSense, menambahkan kode iklan ke situs Anda, dan iklan akan secara otomatis muncul di situs Anda.

2. Banyak Pilihan Iklan

Google memiliki banyak pengiklan yang berpartisipasi dalam program AdSense, sehingga Anda akan memiliki banyak pilihan iklan yang dapat Anda tempatkan di situs Anda.

Baca juga : Contoh Penerapan SEO Off-Page

Ini memungkinkan Anda untuk menempatkan iklan yang relevan dengan konten situs Anda, sehingga dapat meningkatkan tingkat klik dan menghasilkan lebih banyak uang.

3. Dapat Menyesuaikan Tampilan Iklan

Google AdSense menyediakan beberapa pilihan tampilan iklan, seperti teks, banner, atau video, yang dapat Anda sesuaikan sesuai keinginan Anda.

Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tampilan iklan sesuai dengan desain situs Anda, sehingga iklan tidak terlihat kurang menyatu dengan konten situs Anda.

4. Mudah untuk mengikuti hasil

Google AdSense menyediakan laporan yang bermanfaat yang dapat membantu Anda mengikuti hasil iklan di situs Anda.

Laporan ini dapat memberikan informasi seperti jumlah klik iklan, pendapatan yang dihasilkan, dan lokasi pengunjung.

Ini memudahkan Anda untuk memantau kinerja iklan di situs Anda dan membuat keputusan yang tepat untuk meningkatkan pendapatan.

Kekurangan Google Adsense

Di balik kelebihan pasti ada kekurangan, berikut di bawah ini beberapa point kekurangan adsense yang perlu Anda ketahui, di antaranya yaitu:

1. Memiliki Pesyaratan yang Cukup Ketat

Kekurangan utama dari Google AdSense adalah persyaratan yang cukup ketat untuk situs web yang ingin menggunakan program ini.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Google Podcast

Misalnya, situs web harus memiliki konten yang berkualitas tinggi dan tidak boleh mengandung konten yang tidak pantas atau ilegal.

Jika situs Anda tidak memenuhi persyaratan ini, Anda mungkin tidak dapat bergabung dengan program AdSense atau bahkan dikeluarkan dari program ini jika Anda sudah bergabung.

2. Pembayaran Tergantung Performa Website

Selain itu, Google AdSense hanya menawarkan bayaran berdasarkan jumlah klik yang diterima oleh iklan di situs Anda.

Ini berarti bahwa pendapatan Anda mungkin tidak stabil dan bergantung pada jumlah pengunjung yang mengklik iklan di situs Anda.

Jika Anda tidak memiliki banyak pengunjung atau jika pengunjung Anda jarang mengklik iklan, maka pendapatan Anda mungkin rendah.

3. Tidak Menyediakan Banyak Pilihan Iklan

Perlu Anda ketahui, Google AdSense tidak menawarkan banyak pilihan iklan yang dapat Anda tempatkan di situs Anda.

Ini berarti bahwa Anda mungkin tidak dapat menempatkan iklan yang sesuai dengan konten situs Anda, yang dapat mengurangi tingkat klik dan pendapatan Anda.

4. Dapat Mempengaruhi Desain Website

Terakhir, Google AdSense dapat mempengaruhi desain situs Anda jika Anda menempatkan terlalu banyak iklan di situs Anda.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan SEM

Iklan dapat mengalihkan perhatian pengunjung dari konten utama situs Anda dan menyebabkan situs Anda terlihat tidak teratur dan tidak profesional.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, meskipun Google AdSense dapat menjadi cara yang efektif untuk menghasilkan uang dari situs online Anda, ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk bergabung dengan program ini.

Akhir kata, demikianlah informasi singkat terkait kelebihan dan kekurangan google adsense bagi pemula yang perlu Anda pahami. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di pembahasan selanjutnya, see you again in next time.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *