Theza Hilda Masa-masa sulit tidak pernah bertahan lama, tetapi orang-orang tangguh mampu melewatinya.

8 Kelebihan dan Kekurangan Google Ads bagi Pengiklan

2 min read

Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan Google Ads ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya google Ads tersebut. Google Ads atau biasanya disebut Google AdWords adalah sebuah layanan periklanan yang diberikan Google yang memungkinkan diatur pada bisnis yang Anda miliki.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Google Adsense

Google Ads ini dilengkapi fitur-fitur menarik yang akan membantu Anda dalam mempromosikan bisnis dengan mudah dan budget yang bisa Anda atur sendiri.

Target calon pelanggan bisa diatur berdasarkan lokasi, topik, waktu dan lain sebagainya. Ada kelebihan dan kekurangan yang penting untuk Anda ketahui saat menggunakan Google Ads ini.

Kelebihan Google Ads

Dari kelebihan dan kekurangan Google Ads yang akan kita bahas terlebih dahulu adalah kelebihannya. Berikut ini beberapa kelebihan dari Google AdWords yang bisa Anda dapatkan saat menggunakannya, di antaranya yaitu:

1. Laporan yang Akurat

Selain biayanya yang terjangkau dan mudah dalam pemasangan iklan Google AdWords juga selalu memberikan laporan yang akurat. Perhitungan layanan yang ada pada Google Ads dilakukan oleh teknologi yang canggih sehingga hasilnya lebih akurat.

Kelebihan dan kekurangan Google Ads

Dengan adanya laporan yang akurat tersebut, pebisnis bisa menghitung sendiri biaya pemasaran yang dibutuhkan untuk satu produknya. Hal itu akan membuat Anda mampu menekan biaya iklan dan mendapat banyak pendapatan.

2. Biaya yang Terjangkau

Bagi para pelaku bisnis kecil yang modalnya masih terbatas, penggunaan Google AdWords untuk iklan sangat disarankan. Hal ini karena Anda bisa beriklan secara professional dengan mudah dan biaya yang sangat terjangkau. Anda bisa memanfaatkan layanan ini dengan sebaiknya agar mendapat hasil yang maksimal.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan SEO dalam Pemasaran Digital

Hal ini karena Google AdWords tidak menarik biaya untuk jasa iklan yang ada. Anda akan dikenakan biaya per klik iklan sejumlah Rp. 1000. Ini yang membuat Google Ads menjadi pilihan beriklan yang paling menguntungkan bisnis kecil.

3. Google Ads Word Memberikan Pelayanan yang Canggih

Google AdWords masih tergolong baru dikenalkan oleh Google karena beberapa tahun lalu belum ada layanan ini. Strategi pemasaran Google Ads sangat canggih karena menggunakan Search Engine Marketing yang menggunakan mesin pencarian Google sebagai sarana pemasaran.

Hal ini tentu akan menguntungkan Anda yang memasang iklan di Google Ads karena pengguna Google yang tidak terhitung jumlahnya. Iklan yang Anda buat akan menjangkau semua penggunaan Google.

4. Layanan Terbaik

Meski ada kelebihan dan kekurangannya, nyatanya Google Ads ini masih merupakan periklanan terbaik dalam dunia pemasaran online. Pengguna Google yang tak terbatas akan menguntungkan dan dengan memasang iklan di Google Ads maka akan menambah pemasukan untuk perusahaan Google.

Keuntungan yang Anda dapatkan dari banyaknya pengguna Google ini adalah mudahnya dalam menyebar informasi. Iklan yang Anda masukkan dalam Google Ads akan banyak yang melihat. Dengan banyaknya viewer kemungkinan terjadi transaksi pembelian produk Anda akan semakin besar.

Kekurangan Google Ads

Dibalik kelebihan, pasti ada kekurangan yang ada pada Google AdWords. Untuk itu berikut ini adalah kekurangan Google Ads yang juga penting untuk Anda ketahui, di antaranya yaitu:

1. Harus Mempunyai Kartu Kredit atau Paypal

Kekurangan Google Ads yang satu ini mengharuskan pengguna memiliki kartu kredit atau akun Paypal yang berguna untuk lalu lintas pembayaran.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Facebook Ads

Hal ini tentu menyulitkan bagi pelaku bisnis yang biasanya masih berusia muda. Dalam pendaftaran kartu kredit maupun Paypal harus dilakukan oleh oleh orang yang sudah cukup umur.

Banyak pelaku bisnis baru yang saat ini ditekuni oleh muda mudi yang bahkan masih berstatus pelajar. Jika mereka ingin promosi lewat Google Ads tentu akan kesulitan saat membuat kartu kredit atau akun Paypal.

2. Berisiko Gagal Karena Biaya yang Minim

Meski Anda akan diuntungkan dengan minimnya biaya yang Anda keluarkan untuk Google Ads, namun hal ini berisiko terjadi kegagalan.

Biaya yang murah dengan target pengunjung yang banyak tentu bukan hal yang mudah dilakukan. Untuk itu perlu dipikirkan lagi solusi yang paling efektif.

Iklan yang Anda pasang bisa saja hanya dilakukan dengan asal saja tanpa adanya strategi pemasaran yang dipikirkan dengan matang. Hal ini tentu akan membuat bisnis Anda menjadi gagal karena tidak mendapatkan klik dari konsumen.

3. Dikenakan Biaya Iklan Premium Tambahan

Agar iklan yang Anda pasang tidak gagal saat menggunakan Google Ads, maka Anda harus beralih ke premium. Hal ini tentu bukan perkara yang mudah jika bisnis Anda masih setara menengah ke bawah.

Biaya iklan premium yang dikenakan Google Ads cukup mahal karena memang fitur yang diberikan sangat menguntungkan bisnis Anda. Google Ads premium tersebut cocok untuk usaha yang sudah besar.

4. Membutuhkan Kesabaran

Iklan yang Anda pasang di Google Ads baru bisa mendapatkan transaksi pesanan jika ada pengguna Google yang tertarik. Biasanya iklan sering di skip oleh pengguna Google karena dianggap mengganggu.

Baca juga : Cara Meningkatkan Kualitas Konten Artikel

Hal ini tentu membutuhkan kesabaran yang lebih bagi Anda yang mengharapkan pelanggan baru. Tapi tenang saja, pengguna yang terus-menerus diberikan iming-iming di iklan Anda, lama-lama akan tertarik juga.

Penutup

Kelebihan dan kekurangan Google Ads di atas bisa Anda jadikan pertimbangan saat akan menggunakan Google AdWords sebagai media promosi bisnis.

Pasalnya, Google AdWords terbukti mampu meningkatkan traffic signifikan dalam pembentukan sebuah usaha. Semoga informasi ini memberikan banyak manfaat.

Theza Hilda Masa-masa sulit tidak pernah bertahan lama, tetapi orang-orang tangguh mampu melewatinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.