Theza Hilda Masa-masa sulit tidak pernah bertahan lama, tetapi orang-orang tangguh mampu melewatinya.

8 Kelebihan dan Kekurangan Facebook Ads bagi Bisnis

2 min read

Perkembangan dunia iklan membuat kelebihan dan kekurangan facebook ads banyak dicari. Pasalnya salah satu platform ini telah menjadi tujuan beberapa pihak dalam memasarkan produk atau bisnisnya.

Baca juga : 6 Strategi Bisnis untuk Mempromosikan Produk

Facebook sendiri merupakan aplikasi dengan pengguna cukup luas. Sehingga memanfaatkan media satu ini sebagai bentuk pengenalan brand merupakan pilihan tepat.

Apalagi jika Anda juga salah satu dari pengguna lama aplikasi tersebut. Tentunya pertemanan yang dimiliki juga cukup banyak. Hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk personal branding terhadap produk yang Anda pasarkan secara online dengan memanfaatkan Facebook Ads.

Kelebihan Facebook Ads bagi Bisnis

Mengenal lebih manfaat dari pemakaian tools. Anda dapat menyimak beberapa keunggulan dari pemakaian Facebook Ads dalam memasarkan produk sebagai berikut ini:

1. Memudahkan Pelaku Bisnis dalam Menentukan Target Pemasaran

Menggunakan Facebook Ads akan memudahkan para pelaku bisnis dalam melakukan pemasaran. Hal ini dikarenakan Anda dapat memilih sendiri demografis secara luas.

Kelebihan dan kekurangan Facebook Ads

Penyesuaian iklan dan segmen pasar tersebut tentu memiliki strategi yang berbeda-beda. Misalnya pemfokusan pada jenis kelamin, maupun orang tua dan generasi muda.

Keuntungan ini memudahkan Anda dalam mengincar target sesuai dengan tingkat pemasaran yang diinginkan.

2. Marketing Menjadi Lebih Terarah

Sebab penggunaan Facebook Ads memudahkan pelaku bisnis dalam menentukan target pemasaran. Maka, hal tersebut merupakan langkah efektif dan efisien dalam membangun branding produk.

Baca juga : 7 Contoh Kata-kata Jualan Online di Facebook

Pasalnya, setiap pelaku bisnis melakukan promosi berdasarkan barang maupun brand yang diinginkan. Contoh kecilnya, ketika Anda memfokuskan target iklan kepada penduduk Surabaya. Maka, iklan akan terarah pada wilayah yang ditargetkan.

3. Memiliki Jangkauan yang Luas

Facebook merupakan salah satu media sosial dengan pengguna paling tinggi. Pasalnya, setiap media sosial ini telah lama digunakan dibandingkan beberapa aplikasi terbaru lainnya.

User pada media sosial satu ini juga bervariasi. Anda dapat menggunakannya meskipun telah berusia lebih dari 30 tahun. Sehingga, memanfaatkan Facebook Ads dalam menjangkau segmen pasar bervariasi merupakan pilihan tepat.

Fokuskan pada kriteria yang diinginkan ketika akan memanfaatkan tools satu ini. Sehingga, lebih terarah dengan jangkauan luas dari berbagai daerah.

4. Dapat Mencantumkan Gambar dengan Kualitas Tinggi

Pemasaran tanpa gambar tentu akan membosankan. Apalagi saat ini konsumen akan fokus pada look yang disajikan sebagai ganti dari tidak dapat melihat secara langsung.

Membuat penampilan menarik pada gambar pemasaran, akan memberikan Anda kemudahan dalam memancing konsumen. Selain itu, Anda dapat memberikan kualitas terbaik pada gambar yang disajikan.

Kekurangan Facebook Ads bagi Bisnis

Selain beberapa kelebihan yang dimiliki, Anda juga wajib mengetahui kekurangan tools satu ini sebagai bentuk pertimbangan. Beberapa kelemahan dari tools ini sebagai berikut:

1. Sulit Mendapat Perhatian Pengguna

Meskipun facebook merupakan salah satu media sosial dengan pengguna cukup banyak. Tetapi beberapa diantara mereka lebih fokus pada urusan masing-masing. Seperti kebutuhan bisnis, maupun interaksi sosial.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Google Podcast

Kekurangan tools ini berada pada poin tersebut. Iklan yang disajikan dalam media sosial ini kurang mendapatkan minat dan menarik calon konsumen.

Sehingga, hal ini menjadi pekerjaan tersendiri bagi pelaku bisnis. Bagaimana cara yang harus dilakukan untuk dapat menarik perhatian setiap pengguna yang telah ditargetkan.

2. Facebook Ads Memiliki Tingkat Konversi dan Klik Rendah

Kekurangan Facebook Ads bagi pelaku bisnis adalah tingkat konversi dan klik yang diberikan cenderung rendah. Hal ini terkadang membuat Anda merasa kecewa melakukan pengiklanan, apalagi jika masih pemula dalam hal ini.

Jika memanfaatkan tools tersebut, pastikan untuk memulainya dengan sabar. Terus buat konten menarik dan unik agar dapat menarik minat dan perhatian dari calon konsumen.

3. Memiliki Banyak Gangguan

Meskipun Anda telah membentuk kategori pada tiap melakukan iklan. Sayangnya, Facebook sering mendapatkan gangguan yang tidak terorganisir.

Seringkali beberapa iklan muncul dan bercampur. Sehingga, setiap kategori tidak dapat dibedakan berdasarkan jenis yang sama. Terkadang Anda bisa menemukan kategori kuliner pada jenis pemasaran furniture.

Sehingga, selain harus sabar dalam menggunakan Facebook Ads. Anda juga perlu lebih teliti dalam memetakan tiap pemasaran yang akan dilakukan satu persatu.

4. Facebook Ads Tidak Relevan

Kekurangan lain dari pemakaian iklan tersebut adalah adanya ketidakrelevan antar pemasaran yang terjadi. Jika Anda kalkulasikan, hal tersebut tentu memberikan kerugian cukup signifikan kepada Anda. Pasalnya, segmen pasar yang telah terbentuk terpaksa jauh dari kategori sebelumnya.

Penutup

Beberapa kelebihan dan kekurangan Facebook Ads diatas mungkin dapat memberikan Anda gambaran. Seperti apa cara kerja tools dan bagaimana sikap Anda memaksimalkan hasil.

Baca juga : 12 Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial

Namun, memanfaatkan tools tersebut tentu tidak menjadi masalah. Pasalnya Anda dapat menggunakannya secara gratis. Tidak perlu membayar seperti beberapa tools lainnya.

Sehingga, Anda hanya perlu melakukan optimasi terhadap kekurangan yang Anda. Agar kelebihan dari Facebook Ads bisa didapatkan dengan maksimal. Selamat mencoba.

Theza Hilda Masa-masa sulit tidak pernah bertahan lama, tetapi orang-orang tangguh mampu melewatinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.