Pengertian dan Jenis Sistem Operasi Komputer Masa Kini

3 min read

Sistem operasi komputer

Perangkat komputer merupakan salah satu media elektronik yang menjadi kebutuhan banyak orang. Agar perangkat dapat berjalan lancar dan mampu melaksanakan tugas sesuai keinginan pengguna, hal ini juga memerlukan adanya sistem operasi yang memadai. Lantas apa saja jenis sistem operasi komputer yang sering ditemui?

Pengertian Sistem Operasi Komputer

Seperti yang banyak orang ketahui bahwa sistem operasi komputer atau kebanyakan orang menyebutnya OS (Operating System) memiliki peran penting bagi perangkat keras itu sendiri. Tanpa adanya sistem operasi tersebut tentu perangkat komputer tidak dapat hidup dan digunakan dengan normal.

1. Pengertian Komputer Secara Umum

Secara umum, sistem operasi komputer memiliki definisi berupa perangkat lunak dengan peran sebagai pengatur perangkat keras (hardware) serta operasi dasar sistem. Selain itu tugas ini berlaku pula dalam menjalankan software aplikasi, seperti program untuk melakukan pengolahan data.

Baca juga : memahami pengertian dan jenis teknologi jaringan internet berbasis luas

Sistem operasi komputer berada pada lapisan pertama memori komputer saat perangkat mulai menyala. Perannya sistem operasi pun sangatlah penting, yaitu sebagai penghubung antara software dan hardware sehingga proses kerja dapat berjalan dengan baik.

2. Pengertian Komputer Menurut para Ahli

Definisi mengenai operating system pada komputer juga datang dari M. Suyanto. Menurut beliau pengertian yang tepat adalah sebuah sistem dengan beberapa komponen perangkat lunak (software). Fungsinya adalah sebagai pengontrol kegiatan-kegiatan.

Makna Operating System menurut Iim Rusyamsi adalah berupa perangkat lunak pada komputer yang memiliki tugas sebagai pengatur kontrol dari perangkat keras (hardware) dan operasi dasar dari sistem-sistem lainnya. Hal ini juga berlaku untuk proses menjalankan program aplikasi.

Jenis-jenis Sistem Operasi Komputer

Setelah mengetahui beberapa definisi dari sudut pandang berbeda-beda, hal yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah mengenai jenis-jenis sistem operasi komputer. Contohnya adalah:

1. Sistem Operasi Jaringan

Apa itu sistem operasi jaringan? Sistem operasi jaringan merupakan salah satu jenis OS yang tujuan pembuatannya adalah untuk melakukan kontrol dan penanganan terfokus pada jaringan komputer. Beberapa contoh populernya adalah Windows server dan Red Hat.

Di Indonesia, hampir semua prangkat komputer saat ini menggunakan Windows. Bahkan, pembelajaran TIK di sekolahan pun juga menggunakannya. Tidak heran jika sampai saat ini pengoperasiannya bisa dibilang cukup mudah.

2. Sistem Operasi Embedded

Embedded merupakan salah satu jenis operating system yang memiliki sifat tidak mampu berdiri sendiri alias perlu komponen pendukung. Sistem operasi ini mengalami penanaman dalam komputer. Contoh populernya adalah javaOS.

3. Sistem Operasi Stand Alone

Sistem operasi ini juga merupakan satu dari beberapa jenis operating system pada komputer. Berbeda dengan embedded, sesuai dengan namanya stand alone berarti memiliki kemampuan berdiri sendiri atau tidak memerlukan pendukung karena mempunyai komponen yang sudah lengkap. Contoh populernya adalah Windows dan Mac OS.

4. Sistem Operasi Tujuan Khusus

Jenis operating system memang cukup beragam, salah satunya adalah sistem operasi tujuan khusus. Sesuai namanya, OS satu ini pembuatnya merancang secara spesial bagi goals dengan skala kecil atau besar. Oleh karena itu, tidak semua orang bisa mengoperasikannya dengan mudah.

5. Sistem Operasi Live CD

Sistem operasi live CD merupakan jenis OS dengan sifat sangat praktis. Mengapa? Karena pengguna tidak perlu melakukan instalasi software pada komputer. Operating system jenis ini perlu CD saat penggunaannya karena ukurannya begitu kecil. Ciri-ciri ini membuatnya menjadi lebih unik.

Macam-macam Sistem Operasi Komputer

Zaman selalu berkembang, bermacam sistem operasi komputer pun telah bermunculan. Tidak hanya satu, berbagai variasi hadir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tujuannya tentu untuk bersaing dalam hal jumlah pengguna pada kalangan pasaran. Berikut contohnya:

1. Sistem Operasi Mac OS

Bagi pengguna produk-produk elektronik dari perusahaan bernama Apple, mungkin sudah tidak asing lagi dengan sistem operasi yang satu ini. Mac OS merupakan singkatan dari Macintosh Operating System. Keberadaan sistem operasi ini hanya pada komputer dari brand dengan logo buah apel dengan cirikhas gigitan.

Mac OS memiliki sifat eksklusif karena hanya ada pada produk dari perusahaan Apple. Peluncuran pertamanya adalah pada tahun 1984 pada sebuah komputer dengan sebutan LISA. Perakit LISA adalah Steve Jobs yang saat itu baru saja menyelesaikan perjalanan ke India.

Kelebihan Mac OS

Sebagai sebuah produk yang telah beredar dan menyentuh pasaran, Mac OS tentu memiliki kelebihan sehingga eksistensinya tetap hadir hingga sekarang. Satu dari banyaknya nilai plus milik sistem operasi komputer ini adalah memiliki kestabilan lebih baik dari beberapa pesaingnya.

Mac OS memiliki banyak kelebihan, yaitu keamanannya patut mendapat nilai baik, hingga peretasan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab pun menjadi lebih sulit berlangsung. Selain dari peretas, operating system ini aman dari virus dan memiliki interface cocok guna kepentingan multimedia.

Kekurangan Mac OS

Meskipun orang telah banyak mengetahui kelebihan dari Mac OS, ada pula kekurangan yang membuat konsumen lebih memilih operating system lain. Sebagai contoh dari sergi harga, produk ini cenderung lebih mahal daripada pesaing-pesaing pada bidangnya.

Kekurangan Mac OS memang dapat mempengaruhi minat pengguna komputer untuk memakainya. Nilai minus itu seperti sifatnya yang tidak ‘open source’. Selain itu, bagi pecinta game sistem operasi ini mungkin akan menjadi pilihan nomor sekian karena cenderung kurang optimal untuk gaming.

2. Sistem Operasi Windows

Rasanya, sistem operasi yang satu ini sudah sangat akrab bagi masyarakat kebanyakan apalagi pengguna non – Apple product. Windows merupakan operating system dengan pengguna begitu banyak dari belahan dunia manapun. Tidak heran jika ia sangatlah populer.

Sistem operasi Windows telah menjamah komputer yang penggunaannya memiliki berbagai tujuan mulai dari umum hingga khusus. Contohnya dalam kepentingan akademis, instansi, hingga untuk pribadi. Operating system ini adalah revolusi dari pendahulunya, yaitu MS DOS.

Kelebihan Windows OS

Sebagai sebuah produk yang mampu memikat begitu banyak konsumen pasar, tentu Sistem Operasi Windows memiliki berbagai kelebihan. Poin plus ini menjadikan penggunanya tidaklah sedikit. Salah satu wujudnya adalah dalam hal kemudahan penggunaan atau user friendly.

Sistem operasi Windows memiliki banyak poin positif dari para penggunanya. Beberapa contohnya adalah dalam hal instalasi. Proses pemasangan berlangsung lebih simple dan mudah daripada operating system lainnya. Selain itu, berbagai aplikasi pada OS ini cukup melimpah dan dukungan visual grafis GUI pun telah ada.

Kekurangan Windows OS

Meskipun konsumen telah mengetahui berbagai kelebihannya, sistem operasi Windows juga memiliki berbagai kekurangan. Salah satunya adalah sifatnya yang tidak ‘open source’, sama seperti Mac OS. Selain itu, produk ini juga berbayar sehingga pengguna perlu mengeluarkan uang untuk OS ini.

Sebuah produk memang tidak ada yang sempurna. Tentu hal ini juga berlaku bagi sistem operasi Windows. Salah satu kekurangannya dalam hal keamanan adalah OS ini cenderung mudah mengalami peretasan karena dalam segi keamanannya masih cukup lemah. Selain itu, berbagai jenis virus berbahaya juga mudah menyerang. (Baca juga : pengertian, jenis serta kelebihan dan kekurangan os linux)

Penutup

Nah, itulah tadi beberapa penjelasan mengenai jenis sistem operasi komputer hingga berbagai macam secara lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Mungkin penjelasan diatas tadi dapat menjadi wawasan dan pengetahuan bagi pengguna misalnya saat ingin membeli komputer untuk beberapa keperluan lainnya, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *