4 Kelompok Perangkat Keras Komputer yang Perlu Diketahui

4 min read

Kelompok perangkat keras komputer

Saat ini perangkat komputer telah menjadi salah satu benda yang disukai kebanyakan orang di berbagai belahan dunia. Hal ini dapat terjadi karena kemungkinan kebutuhan akan komputer telah menjadi kebutuhan primer bagi setiap manusia. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa kelompok perangkat keras komputer yang perlu anda ketahui.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan operasi sistem android

Berbicara tentang spesifikasi pada perangkat komputer sendiri, mungkin banyak dari kita yang telah mengetahui bahwa sebuah sebuah komputer mempunyai dua macam komponen utama pendukung agar dapat digunakan.

Komponen  pertama adalah hardware yang memiliki artian sebagai perangkat keras seperti hardisk, motherboard, power supply, cpu dan lainnya, Kemudian yang kedua adalah software yang memiliki artian sebagai perangkat lunak pada komputer, yang diantaranya seperti sistem operasi semacam windows, linux, macos serta aplikasi pendukung semacam google chrome, smadav, winamp, media player dan lain sebagainya.

Pada umumnya, pengguna komputer saat ini terutama yang baru menggunakan perangkat ini mungkin kebanyakan hanya mengetahui berbagai macam jenis software yang digunakan untuk keperluan penggunaan komputer dan fungsi dari software itu sendiri. Sedangkan untuk informasi mengenai perangkat keras atau hardware komponen komputer, kemungkinan masih banyak yang belum mengetahuinya dengan benar.

Kelompok Perangkat Keras Komputer

Dalam sebuah komponen perangkat keras atau hardware pada komputer, tentu mempunyai fungsi masing masing berdasarkan kelompoknya, nah kelompok hardware komputer ini terbagi dalam empat kelompok utama yang diantaranya yaitu bagian input, proses, output dan storage. Untuk lebih jelasnya, alangkah baiknya simak pembahasan fungsi perangkat keras pada komputer berdasarkan kelompoknya dibawah ini.

1. Kelompok Input Device

Kelompok perangkat keras komputer yang pertama adalah input device, sesuai dengan namanya input yang mempunyai arti sebagai masukan serta device sebagai alat. Nah input device merupakan salah satu kelompok perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk memberikan suatu data dan sinyal kendali yang kemudian diteruskan kepada perangkat komputer dalam memproses sebuah informasi. Data yang masuk ini dapat berupa sebuah perintah dari pengguna ataupun masukan sinyal data untuk komputer. Adapun contoh dari kelompok input device, diantaranya ada dibawah ini.

Contoh input device

1. Keyboard

Fungsi dan kegunaan dari komponen keyboard adalah untuk memberi sinyal masukan ataupun perintah yang berasal dari user ke dalam sistem komputer berupa ketikan tombol angka, huruf, dan tombol lainnya yang terdapat pada keyboard.

2. Mouse

Kegunaan dari komponen mouse adalah untuk memberikan sinyal perintah yang ditujukan kepada perangkat komputer melalui suatu tombol mouse yang terbagi dengan dua tombol yakni bagian tombol kanan dan kiri. Dalam menjalankan perangkat mouse tentu membutuhkan sebuah pointer yang ada pada sistem komputer untuk menjalankan kursor mouse tersebut.

3. Webcam

Webcam merupakan komponen perangkat keras input device yang mempunyai fungsi utama untuk menangkap foto ataupun melakukan perekaman sebuah video yang hasil akhirnya tersimpan ke dalam penyimpanan perangkat laptop atau komputer pengguna yang biasa disebut dengan hardisk.

4. Scanner

Scanner merupakan perangkat keras atau hardware yang mempunyai kegunaan sebagai alat perekaman suatu dokumen. Dokumen tersebut secara umum adalah jenis dokumen yang dianggap penting.

5. Touchpad

Komponen input device yang selanjutnya adalah touchpad yang memiliki fungsi sama seperti komponen mouse, yaitu menjadi pemberi sebuah perintah terhadap komputer. Touchpad sendiri merupakan sebuab perangkat keras atau hardware yang pada umumnya tertanam pada bagian badan laptop.

6. Voice Record

Perangkat keras komponen input device yang terakhir adalah voice record yang mempunyai kegunaan untuk melakukan perekaman suatu suara. Komponen ini dapat digunakan untuk merekam suara yang berasal dari internal dalam sistem perangkat user, ataupun suara eksternal yang berasal dari luar perangkat.

2. Kelompok Process Device

Process device merupakan perangkat keras dalam komputer yang digunakan untuk melakukan pemrosesan sebuah data yang terdapat pada perangkat komputer tersebut, Nah berikut dibawah ini merupakan contoh contoh perangkat keras komputer yang termasuk process device.

Contoh process device

1. Motherboard

Komponen process device yang pertama adalah motherboard yang mempunyai kegunaan sebagai penghubung antar semua komponen yang terdapat pada perangkat komputer. maka dari itu, berbagai jenis sinyal perintah yang terdapat pada komponen input device tentu akan tersambung semua dengan melalui komponen motherboard ini.

2. RAM

Ram atau random access memory mempunyai fungsi sebagai tempat komponen yang menyimpan data secara sementara, Terutama terhadap aplikasi ataupun software yang sedang berlangsung dan berjalan. Maka dari itu, apabila user mempunyai komponen ram yang semakin banyak, tentu akan membuat software yang digunakan menjadi semakin lancar, namun hal ini juga didukung dengan bagusnya prosesor yang dipasang.

3. Processor

Prosesor mempunyai kegunaan sebagai otak dari segala perintah yang semuanya telah diterjemahkan dari berbagai semua komponen input device yang masuk ke dalam sistem komputer. Lebih dari itu, dengan memanfaatkan komponen prosesor ini, tentu berbagai jenis aplikasi dan software yang terdapat pada sistem operasi komputer dapat digunakan dan berjalan dengan lebih lancar.

4. Power supply

Fungsi dari komponen power supply adalah sebagai tempat yang menghubungkan alus listrik dengan CPU. Kemudian, power supply juga penghubung berbagai perangkat keras komponen komputer yang berkaitan dengan arus listrik.

5. Kartu grafis

Kemudian process device yang terakhir adalah kartu grafis atau juga dikenal dengan kartu VGA yang mempunyai kegunaan untuk melakukan perubahan data yang berasal dari perangkat lainnya menjadi suatu tampilan visual secara grafis. Nah pada umumnya, komponen kartu VGA ini diperlukan dalam melakukan pembuatan suatu game dan berbagai perangkat lunak yang berkaitan dengan tampilan grafis.

3. Kelompok Output Device

Kemudian terdapat kelompok output device yang merupakan komponen perangkat keras komputer yang nantinya juga berkaitan erat dengan hasil suatu proses dari komponen input device. Berikut merupakan contoh dari output device, simak lebih lanjut penjelasannya di bawah ini.

Contoh output device

1. Monitor

Contoh output device yang pertama adalah monitor yang mempunyai kegunaan untuk menampilkan atau menayangkan hasil suatu data yang telah diinput serta diproses. Kemudian hasil dari data yang ditayangkan pada perangkat monitor dapat berbentuk teks, gambar, ataupun visual animasi.

2. Speaker

Speaker adalah sebuah perangkat keras yang memiliki kegunaan untuk menghasilkan suatu suara dari hasil suatu data yang telah dinput serta diproses. Suara yang dapat dihasilkan menggunakan speaker ini dapat berbagai macam, mulai dari suara rekaman hingga suara yang berasal dari file musik

3. Printer

Printer ialah perangkat yang mempunyai kegunaan untuk melakukan pencetakan hasil suatu data yang telah diinput dan juga diproses oleh user. Kemudian hasil akhir yang dibuat menggunakan perangkat printer dapat berbentuk kertas. Akan tetapi, hasil printer pada era zaman sekarang tidak hanya berbentuk media kertas saja. Namun juga dapat berbentuk dari bahan plastik yang kemudian dapat melakukan pencetakan suatu benda yang mempunyai ukuran tiga dimensi atau 3D seperti printer 3D.

4. Kelompok Storage Device

Kelompok perangkat keras komputer yang terakhir adalah storage device yang kehadirannya teramat sangat penting dalam sebuah perangkat komputer. Sesuai dengan namanya, perangkat keras storage device ini dapat dimanfaatkan sebagai media penyimpanan berbagai data yang terdapat pada sistem komputer. Nah berikut dibawah ini merupakan contoh perangkat keras kelompok storage device.

Contoh storage device

1. Harddisk

Kegunaan dari harddisk ialah sebagai tempat untuk menyimpan berbagai data dan file yang terdapat dalam perangkat komputer. Pada penggunaannya, harddisk ini dimasukkan dan telah tersambung pada motherboard pada komputer ataupun perangkat laptop. Lebih dari itu, saat ini juga tersedia harddisk external yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan tambahan tanpa perlu repot untuk membongkar perangkat komputer ataupun laptop.

2. Flash Disk

Flash disk ialah perangkat keras yang tergolong kelompok storage device yang mempunyai fungsi untuk tempat menyimpan suatu data dengan cepat dan mudah. Flashdisk sendiri mempunyai bentuk yang simple dan ukurannya yang tergolong kecil.

3. Floppy Disk

Floppy disk atau sering disebut disket mempunyai kegunaan yang sama seperti flashdisk yakni sebagai tempat media penyimpanan suatu data external yang simple saat digunakan. Akan tetapi sejak adanya perangkat flashdisk, disket mulai ditinggalkan oleh penggunanya dan sudah tidak dibuat dan diproduksi lagi.

4. DVD atau CD

Kemudian yang terakhir adalah DVD atau CD, kegunaan dari perangkat ini adalah sebagai media penyimpanan suatu data yang berasal dari luar, kemudian dvd atau cd mempunyai bentuk cakram.

Penutup

Demikianlah pembahasan saya mengenai pengertian dan fungsi perangkat keras pada komputer berdasarkan kelompoknya, saya harap dengan adanya tulisan ini dapat berguna serta bermanfaat bagi banyak orang. Dan terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *