Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Mengenal Jenis-jenis Press Release secara Umum

2 min read

Jenis-jenis Press Release

Press release adalah alat yang digunakan oleh organisasi atau perusahaan untuk publikasi. Makna lain dari press release adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak umum. Apalagi adanya jenis-jenis press release dengan fungsi berbeda.

Baca juga : jasa press release media nasional terpercaya

Umumnya, press release akan dibuat oleh sebuah perusahaan atau organisasi ketika ada event. Jadi, adanya press release sangatlah berguna untuk memberikan informasi kepada khalayak umum mengenai perusahaan tersebut.

Jenis-jenis Press Release Secara Umum

Setiap perusahaan pasti mempunyai cara tersendiri untuk menyampaikan informasi kepada publik. Hal ini disebabkan karena banyak press release yang bisa digunakan. Lebih tepatnya setiap jenis press release mempunyai fungsi yang berbeda, seperti halnya penjelasan berikut ini.

1. General News

Sesuai dengan namanya general news merupakan jenis yang paling umum digunakan. Biasanya press release ini didalamnya memuat berita tentang peristiwa tertentu. Namun, seringkali perusahaan memodifikasi berita yang ada didalamnya agar terlihat lebih menarik.

Bisa dibilang press release general news dijadikan sebagai dasar pembuatan press release jenis lainnya. Adapun contoh penggunaannya seperti perusahaan membuat sebuah berita mengenai prestasi yang didapatkan perusahaan itu sendiri, sehingga berita dapat dibaca orang banyak.

2. Basic Press Release

Adapun jenis-jenis press release yang selanjutnya yaitu Basic Press Release. Jenis ini ini berisi tentang berbagai informasi yang berhubungan dengan masalah internal sebuah organisasi atau perusahaan. Selain itu, didalamnya juga memuat berita lokal dan nasional.

Baca juga : pengertian dan manfaat press release

Format basic press release ini dapat digunakan oleh publik relation untuk menyampaikan informasi atau berita yang berhubungan dengan internal organisasi untuk diketahui khalayak umum. Tujuan dibuatnya jenis press release ini untuk mendapatkan citra baik dari masyarakat.

3. Launch Release

Sesuai dengan namanya, Launch Release biasanya digunakan untuk menyebarkan informasi terkait peluncuran sebuah produk, perusahaan, situs dsn lainnya. Namanya peluncuran, itu berarti pertama kalinya agar lebih mudah untuk diketahui banyak orang.

Sedangkan dari segi formatnya hampir sama dengan press release general news. Namun, untuk Lunch ini lebih menekankan kepada apa yang akan datang. Disisi lain, format ini juga berisi ide-ide cemerlang. Singkatnya, Launch Release berhubungan dengan sesuatu yang baru.

4. Product Press Release

Product Press Release termasuk jenis-jenis press release yang formatnya hampir sama dengan launch. Namun, untuk yang jenis ini juga mencantumkan spesifikasi dari produk ataupun perusahaan yang diumumkan. Bisa dibilang jenis press release yang satu ini lebih lengkap.

Diluncurkannya press release jenis ini memudahkan masyarakat untuk mengetahui kelebihan dari produk atau perusahaan itu sendiri. Bahkan, sebagian orang menganggap jika jenis ini dapat memberikan nilai apakah produk tersebut bagus atau tidak.

5. Event Press Release

Event Press Release merupakan jenis yang yang biasanya digunakan pada event-event tertentu. Di dalamnya memuat berbagai informasi secara detail terkait event yang dilaksanakan. Jadi, adanya press release ini dapat memberikan gambaran mengenai kegiatan tersebut.

Baca juga : contoh press release produk masa kini

Adapun format yang yang diterapkan pada peristiwa ini memenuhi kaidah 5W yang berupa What, When, Where, When, Who, Why dan How. Sedangkan untuk isi dari press release ini dapat berupa outline, list dsn poin-poin penting, sehingga tampilannya tidak membosankan.

6. Executive, Staff, dan Employee

Adapun jenis-jenis press release yang selanjutnya yaitu Executive, Staff dan Employee. Biasanya sebagian banyak perusahaan besar menggunakan jenis press release ini untuk mengumpulkan jika ada perekrutan karyawan baru. Terutama karyawan baru tersebut pada bagian terpenting.

Biasanya press release ini akan diluncurkan dengan mencantumkan berbagai informasi terkait karyawan tersebut. Baik itu foto dan biografi singkatnya. Cara yang sederhana ini membantu perusahaan lebih cepat untuk memperkenalkan karyawan baru tersebut kepada karyawan lain.

7. Financial Release

Financial Release sangatlah dibutuhkan terutama untuk pemegang saham. Pasalnya hal tersebut dapat menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Bisa dibilang jika masalah keuangan perusahaan sangatlah intim untuk menjamin keberlangsungan perusahaan.

Adanya financial release membuat pemegang saham mengetahui sebagus mana manajemen keuangan yang berjalan pada perusahaan tersebut. Nantinya hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap pemberian dukungan untuk keberlangsungan perusahaan.

8. Expert Position Press Release

Adapun jenis-jenis press release yang terakhir yaitu Expert Position Press Release. Sesuai dengan namanya, press release ini digunakan untuk menjelaskan posisi seseorang dalam perusahaan. Lebih tepatnya di dalamnya memuat kemampuan yang dimiliki seseorang.

Baca juga : jasa backlink media nasional melalui press release

Adanya press release jenis ini dapat memudahkan perusahaan kedepannya untuk menggunakan jasa dari orang tersebut. Misalnya saja kemampuan yang dimiliki dalam bidang pemasaran, desain, manajemen atau bidang-bidang lain yang berkaitan dengan perusahaan.

Penutup

Kurang lebih itulah jenis-jenis press release yang sudah umum digunakan. Adapun setiap jenis dari press release tersebut mempunyai fungsi dan format yang berbeda. Jadi, penggunaannya tidak bisa sembarangan, tetapi bisa dimodifikasi.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.