Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Inilah 7 Jenis-jenis Investasi Masa Kini yang Perlu Dipahami

2 min read

Jenis-jenis investasi kini semakin beragam, canggih dan mudah dijangkau berbagai kalangan. Tidak heran jika investasi kian dilirik sebagai pilihan tepat mengamankan aset kekayaan.

Baca juga : Harga Emas Batangan 5 Gram

Cryptocurrency atau investasi crypto menjadi satu instrumen investasi kekinian yang populer khususnya di tengah generasi muda yang menguasai kecanggihan teknologi.

Jenis-jenis Investasi Masa Kini

Selain investasi crypto ada banyak jenis investasi yang dapat dipilih untuk mengamankan aset Anda di masa depan.

Jenis-jenis Investasi Masa Kini

Namun sebelum memilih salah satunya, penting untuk mengetahui karakter setiap jenis investasi, untuk memastikan mana pilihan paling tepat untuk kebutuhan Anda. Berikut jenis-jenis investasi, pengertian dan karakteristiknya:

1. Deposito

Deposito dikenal pula dengan investasi berjangka, seperti namanya, investor dapat menyimpan dana yang dimiliki dalam jumlah tertentu dan jangka waktu tertentu. Investasi jenis ini memiliki cukup banyak peminat karena cukup mudah dilakukan dan minim resiko kerugian.

Cara kerjanya hampir sama seperti tabungan pada umumnya, namun dana yang disimpan hanya dapat diambil sesuai jangka waktu yang disepakati. Jangka waktu untuk deposito bisa dipilih mulai dari 3, 6, 12 dan 24 bulan.

Dengan menanamkan dana pada deposito, investor bisa mendapatkan keuntungan dari bunga yang akan diperoleh dan bisa diambil sesuai jangka waktu yang ditetapkan bersama. Karena cenderung mudah dan aman, jenis investasi ini cocok untuk investor pemula.

2. Saham

Kekurangan dari deposito adalah bunga yang ditawarkan rendah, berbeda dengan saham yang menawarkan keuntungan investasi yang lebih besar. Saham adalah jenis investasi yang transaksi jual beli dilakukan di bursa saham.

Baca juga : Rekomendasi Saham Blue Chip Murah

Namun demikian risiko kerugian juga cukup besar jika investor tidak mahir mengelola sahamnya. Keuntungan saham diperoleh dari persentase saham yang dimiliki pada suatu perusahaan sesuai dengan harga saham perusahaan tersebut di pasar saham.

Keuntungannya dapat berupa dua bentuk yakni keuntungan dari capital gain dan dividen. Karena rumitnya kerja jenis investasi ini, sebelum terjun ke investasi saham sebaiknya, investor tahu betul cara kerja investasi saham.

3. Obligasi

Berikutnya ada jenis investasi obligasi yang sama seperti saham bisa ditemukan di pasar modal. Perbedaannya ada pada keuntungan yang didapat lebih dinamis.

Jika saham memiliki kemungkinan kerugian, obligasi memiliki hasil yang lebih pasti. Disebut juga surat hutang, obligasi berisi perjanjian pihak penerbit untuk membayar bunga beserta pelunasan pokok hutang pada jangka waktu tertentu.

Obligasi bisa diterbitkan perusahaan maupun pemerintah. Obligasi yang diterbitkan pemerintah lebih aman karena pemerintah memiliki risiko gagal bayar lebih kecil dibandingkan yang dikeluarkan pemerintah.

4. Reksa dana

Instrumen investasi di pasar modal lainnya adalah reksa dana. Investasi ini memungkinkan dana dikumpulkan dari beberapa investor menjadi satu untuk diinvestasikan di pasar modal. Ada beberapa jenis reksa dana yang memiliki keuntungan masing-masing.

Lima jenis reksa dana adalah reksa dana pasar uang, reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana index dan reksa dana campuran.

5. Emas

Jenis-jenis investasi masa kini yang cukup populer digemari di Indonesia adalah investasi emas. Alasannya investasi emas memiliki wujud riil atau ada bentuk fisiknya.

Nilai emas yang cenderung stabil bahkan naik setiap tahun membuat jenis investasi ini memiliki risiko kerugian yang rendah juga menjadi kelebihan emas.

Baca juga : 5 Jenis Investasi Masa Depan

Namun perlu diketahui emas untuk investasi terbaik adalah emas batangan. Sebab berbeda dengan emas perhiasan yang memiliki kemungkinan penurunan nilai karena penggunaan dan risiko hilang. Namun investasi emas batangan memerlukan tempat khusus

6. Properti

Investasi fisik lainnya adalah properti bisa berupa tanah dan bangunan. Caranya cukup mudah, dengan membeli tanah lalu membangun properti di atasnya.

Menjualnya kembali dapat memperoleh keuntungan. bahkan tanpa membangun properti masih bisa mendapat keuntungan seiring bertambah waktu.

Namun jenis investasi ini membutuhkan modal yang tinggi karena harga tanah cukup tinggi, sehingga tidak cocok untuk investor dengan dana terbatas. Di samping itu, investasi ini memiliki risiko kerusakan bangunan.

7. Cryptocurrency

Terakhir jenis investasi yang meningkat pesat beberapa tahun terakhir, cryptocurrency atau koin crypto. Investasi mata uang digital ini mengandalkan kecanggihan teknologi saat ini, tidak heran jika penggemar instrumen investasi ini kebanyakan dari generasi millenial dan gen Z.

Mata uang virtual kripto dijamin oleh cryptography dan menjadi mata uang yang tidak bisa dipalsukan. Mata uang ini lalu bisa digunakan untuk transaksi secara online, seperti pembelian jasa games atau aksesorisnya.

Mata uang kripto juga bisa ditukarkan dengan mudah dalam bentuk mata uang lain seperti Dollar atau pun Rupiah.

Pelajari lebih jauh tentang cryptocurrency di Indonesia lainnya di Indodax, platform jual beli aset kripto terpercaya.

Selain bisa mendapat banyak informasi, jika sudah cukup yakin mulai investasi ini, Anda bisa langsung pembelian di Indodax. Indodax menyediakan layanan sebagai berikut:

  • Beli aset kripto dengan deposito melalui semua bank lokal Indonesia atau jual aset kripto dengan mengkonversikannya menjadi rupiah
  • Biaya trading dan persentase penarikan mulai dari 0%
  • Transaksi 24 jam

Tidak perlu bingung lagi melakukan transaksi aset kripto terpercaya, lakukan hanya di Indodax. Platform jual beli kripto, terbesar, terpercaya dan terdaftar resmi di Indonesia.

Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *